Cara Bermain Bola Voli dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Cara Bermain Bola Voli dan Manfaatnya untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Kamu suka dengan program acara olahraga bola voli, seperti baru-baru ini acara “Bahkan Voli” dari Vindes Sport antara The Prediksi dan The Actors yang digelar di Mahaka Square, Kelapa Gading, Sabtu lalu, 26 Agustus 2023. Tapi bingung memulai dari mana? Yuk simak, cara bermain bola voli di sini! Bukan hanya teknik dan poinnya, tapi kita juga akan membahas tentang manfaat bola voli untuk kesehatan loh.

Cara Bermain Bola Voli

Olahraga bola voli ini memerlukan hubungan tim yang positif, membangun keterampilan komunikasi yang baik, meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, dan memberikan kesenangan. Berikut dasar-dasar cara bermain bola voli:

1. Pilih Pemain untuk Tim Anda

Idealnya, Anda menginginkan setidaknya 6 pemain per tim untuk permainan kompetitif. Namun, jika Anda bermain dengan sekelompok teman, pertahankan jumlah pemain yang sama pada setiap sisi. Anda harus memiliki 2 baris pemain, dengan baris pertama paling dekat dengan net dan baris belakang paling dekat dengan batas belakang lapangan.

Pemain di pojok kanan belakang akan melakukan servis bola. Anda dapat merotasi pemain sekitar lapangan sehingga Anda akan memiliki server baru untuk setiap permainan servis. Jika Anda merotasi pemain keluar, putar searah jarum jam — melihat ke net, pemain yang paling dekat dengannya pada sisi kanan akan memutar keluar, sehingga memungkinkan banyak pemain untuk bermain.

2. Undi Tim yang Mulai Servis

Tentukan tim mana yang akan “melakukan servis” bola terlebih dahulu. Lempar koin atau buat kesepakatan untuk mengetahui siapa yang akan memulai permainan. Tim yang memulai permainan, boleh melakukan servis. 

Lakukan servis bola dari belakang garis di belakang lapangan. Jika Anda melakukan servis dari depan garis maka akan menjadi poin bagi tim lain. Ini kita kenal sebagai kesalahan kaki. Bola harus melewati net (tetapi bisa menyentuh), dan harus mendarat di dalam lapangan agar servisnya bagus.Pemain di sisi kanan belakang lapangan melakukan servis.

Setiap pemain hanya akan menerima satu upaya servis per rotasi servis. Anda dapat melakukan servis sebanyak yang Anda bisa untuk mendapatkan bola di lapangan tim lain.

3. Mengembalikan Bola

Kembalikan bola jika Anda berada pada tim penerima. Maka reli telah mulai! Aksi permainan yang umum adalah bump, set, spike — tetapi selama dilakukan dalam tiga pukulan, itu bagus. Secara teknis, Anda boleh memukul bola dengan bagian tubuh mana pun selama bola tidak berhenti.Pemain boleh melewati garis, tapi bolanya mungkin tidak. Jika pemain di tim Anda memukulnya di luar batas, Anda boleh berlari untuk mengambilnya — berhasil jika tidak menyentuh tanah.

4. Aturan Main

Lanjutkan memukul bola bolak-balik melintasi net sampai terjadi kesalahan. Hal ini mungkin timbul karena salah satu hal berikut:

  • Bola menyentuh tanah. Hal ini dapat menyebabkan tim yang melakukan servis mencetak 1 poin untuk timnya.
    Jika bola menyentuh tanah pada sisi tim yang melakukan servis, maka tim lain mempunyai kesempatan untuk melakukan servis.
    Namun, jika bola menyentuh tanah pada sisi tim penerima, maka tim yang melakukan servis dapat melakukan servis kembali.
    Poin tersebut diberikan kepada tim yang tidak membiarkan bola menyentuh tanah.
  • Bola keluar batas. Tim yang memukul bola sehingga bola ke luar batas kehilangan poin.
  • Seseorang menyentuh jaring. Jika seorang pemain dari satu tim menyentuh net, maka tim lawan mendapat satu poin.
  • Kaki seseorang masuk ke dalam jaring. Jika ini terjadi, tim lawan mendapat poin.
  • Seseorang memukul bola 2 kali berturut-turut. Pemain tidak boleh memukul bola dua kali berturut-turut, kecuali jika pukulannya dilakukan dalam blok. Sebuah blok tidak dihitung sebagai sentuhan.
  • Sebuah tim memukul bola 4 kali atau lebih tanpa mengirimnya ke atas. 3 adalah maksimum.
  • Menangkap bola tanpa membenturkannya merupakan penerimaan dari permainan.
  • Membiarkan tim penerima menerima bola dari apa pun selain lengan atau tangannya dapat menyebabkan tim yang melakukan servis mendapatkan poin.
  • Mengembalikan bola tanpa membiarkan bola melewati bagian atas net akan menghasilkan satu poin bagi tim yang melakukan servis.

Servis bolanya lagi, bagi tim yang memenangkan poin terakhir berhak melakukan servis bola. Jika Anda sedang memutar, putarlah sekarang.

5. Strategi Bermain

Jika tim Anda menguasai bola, biasanya barisan pemain akan sedikit mundur. Idenya adalah bersiap menghadapi serangan. Jika Anda tidak menguasai bola, majulah untuk melakukan serangan.

Tim yang melakukan kesalahan atau mengirim bola keluar dari permainan akan secara otomatis mengirimkan bola ke tim lain untuk melakukan servis. Tidak ada skor tambahan ke tim servis “baru”.

Tidak ada pemberian penalti dalam situasi apa pun yang mana bola menyentuh net kemudian berpindah ke sisi lain untuk permainan kembali. Bola tetap hidup dan dapat dimainkan (kecuali bola kembali ke tim penerima melalui tendangan voli).

6. Aturan Poin dan Skor

Lanjutkan bermain sampai Anda mencapai ambang batas. Anda dapat memutuskan berapa banyak poin yang boleh untuk setiap permainan. Misalnya, Anda dapat memulai permainan baru ketika sebuah tim memperoleh 15 poin.

Aturan baru-baru ini menyatakan bahwa permainan regulasi menghasilkan 25 poin, dengan game ketiga (dalam satu set tiga) menghasilkan 15 poin. Kadang-kadang, permainan bisa berakhir dengan batas waktu tertentu tetapi hal ini harus ada kesepakatan – umumnya, batas waktu ini adalah delapan menit, tetapi bisa lebih lama atau lebih pendek tergantung pada situasi permainan.

Pertandingan standar terdiri dari tiga pertandingan. Setiap tim harus berpindah sisi pada awal permainan baru. Tim yang kalah pada setiap servis harus memiliki kesempatan untuk melakukan servis pada game pertandingan berikutnya.

Sebuah tim dalam pertandingan dinyatakan menang dengan selisih dua poin. 25-26 belum dinyatakan selesai, itu harus 25-27. Karena itu, permainan jarak dekat bisa berlangsung lebih lama.

Manfaat Bermain Bola Voli untuk Kesehatan

Memang, olahraga ini sangat efektif untuk melatih tubuh karena semua anggota tubuh bekerja, tangan, kaki bahkan tubuh bagian atas dan bawah. Karenanya, kondisi ini telah terbukti bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat bermain bola voli meliputi:

1. Membakar Kalori dan Lemak

Salah satu manfaat utama bola voli adalah membantu Anda membakar kalori, yang merupakan komponen penting dalam program penurunan atau pemeliharaan berat badan. Seseorang dapat membakar antara 90 hingga 133 kalori selama setengah jam permainan bola voli non-kompetitif dan non-pantai, tergantung pada berat badan seseorang, sementara permainan olahraga kompetitif membakar antara 120 hingga 178 kalori. Permainan bola voli selama satu jam di tanah berpasir yang kurang stabil dapat membakar hingga 480 kalori.

2. Mengencangkan dan Membentuk Tubuh

Aktivitas fisik dalam bermain bola voli akan memperkuat tubuh bagian atas, lengan, dan bahu, serta otot-otot tubuh bagian bawah. Bermain bola voli juga meningkatkan sistem kardiovaskular dan pernapasan.

3. Meningkatkan Metabolisme

Bermain bola voli meningkatkan tingkat energi Anda dan meningkatkan kinerja Anda secara keseluruhan dalam olahraga dan latihan lainnya.

4. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Bola voli adalah tentang koordinasi tangan-mata. Saat melakukan servis, Anda harus mengikuti bola dengan mata dan memukul bola pada titik yang tepat. Pada saat bertahan, Anda harus bereaksi terhadap arah arah bola dan mengambil posisi untuk melakukan permainan. Selanjutnya, saat melakukan pengaturan, koordinasi tangan-mata Anda membantu Anda melihat di mana posisi pemukul Anda untuk memberikan mereka set yang baik.

5. Membangun Ketangkasan, Koordinasi, Kecepatan, dan Keseimbangan

Karena perubahan kecepatan dan arahnya yang cepat, bola voli sangat menuntut keterampilan teknis dan fisik pemain. Selama bermain, pemain diharuskan melakukan servis, mengoper, mengatur, menyerang, memblok, dan menggali bola. Keterampilan ini memerlukan kelenturan, keseimbangan yang baik, kekuatan tubuh bagian atas dan bawah, serta kecepatan agar dapat dimainkan secara efektif.

6. Menyehatkan Jantung

Dengan meningkatkan detak jantung, tubuh Anda akan mengedarkan lebih banyak darah dan nutrisi ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

7. Membangun Kekuatan Otot

Bola voli membutuhkan otot dada dan inti yang kuat untuk hampir setiap permainan. Pada saat Anda mengoper, Anda meniru gerakan jongkok dan Anda harus menggunakan kaki Anda untuk menghasilkan tenaga. Saat melakukan set, Anda harus menggunakan lengan, kaki, dan tangan, terutama paha. Anda juga harus memuat kaki dan lengan Anda dan melakukan push up ketika bola datang ke arah Anda. Tangan Anda harus kuat untuk mencegah cedera.

8. Meningkatkan Kemampuan Aerobik

Umumnya, Anda mengeluarkan jumlah energi yang sama untuk memainkan permainan bola voli yang mudah dan bertempo lambat selama 20 menit seperti saat Anda jogging sejauh satu mil. Anda mengeluarkan jumlah energi yang sama dengan yang dihabiskan untuk jogging sejauh satu mil dengan bermain bola voli selama 12 menit.

9. Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Bola voli mengharuskan rekan satu tim bekerja sama dan bergerak cepat. Sebuah studi terhadap pria dewasa yang melakukan olahraga tim secara teratur menemukan bahwa anggota tim mengembangkan keterampilan jaringan yang lebih baik dibandingkan pria yang kurang terlibat dalam olahraga tim. Keterampilan kepemimpinan dan kerja sama memberikan pelajaran berharga yang membantu kita dalam aspek lain kehidupan kita.

10. Meningkatkan Mood dan Meningkatkan Dorongan untuk Sukses

Keterlibatan Anda dalam bola voli dapat meningkatkan mood Anda, mengurangi stres, dan mendorong kebanggaan atas pencapaian Anda sebagai anggota tim. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, harga diri, citra tubuh, dan membuat Anda merasa lebih bahagia dalam menjalani hidup secara umum. Keterlibatan dalam permainan bola voli juga dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan Anda untuk sukses. Sebagai pemain tim, upaya kooperatif Anda akan membawa keberhasilan atau kegagalan tim. Anggota tim saling menyemangati selama latihan dan dalam permainan untuk memberikan kepercayaan diri kepada semua orang untuk terus berusaha menguasai dan menyempurnakan keterampilan yang diperlukan untuk menang.

Penutup

Nah, itu dia manfaat bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu bermain bola voli. Jadi bisa kamu terapkan nih, olahraga bola voli di kehidupan sehari-hari kamu. Tentunya, apabila kamu ada keluhan kesehatan sebelum olahraga atau mengalami cedera saat berolahraga, bisa dikonsultasikan terlebih dahulu ya ke dokter.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Bermain Bola Voli dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Wiki How. Akses pada 2023. How to Play Volleyball
Health Fitness Revolution. Akses pada 2023. Top 10 Health Benefits of Volleyball

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn