6 Makanan Sehat saat Polusi Udara Tinggi

6 Makanan Sehat saat Polusi Udara Tinggi

ReliDoc – Jakarta. Udara yang kita hirup telah mencapai tingkat polusi yang berbahaya, masyarakat sebaiknya untuk menahan diri dari segala bentuk aktivitas fisik luar ruangan. Yuk coba 6 makanan sehat saat polusi udara tinggi di artikel ini!

Polusi Udara yang Parah

Polusi udara Jakarta telah mencapai tingkat yang parah. Tidak hanya Ibu Kota Negara, daerah sekitar juga terkena dampaknya dan terdapat lapisan kabut tebal di udara, yang tidak hanya berbahaya bagi orang-orang yang keluar rumah untuk bekerja, berolahraga atau melakukan pekerjaan sehari-hari tetapi juga bagi mereka yang tinggal di dalam rumah. 

Para ahli telah memperkirakan dan memperingatkan bahwa kabut asap akan terus berlanjut selama beberapa hari lagi. Jelas sekali bahwa udara yang kita hirup telah mencapai tingkat polusi yang berbahaya. Bahkan orang yang tidak memiliki masalah pernapasan pun harus mendapatkan perawatan di ruang gawat darurat rumah sakit. Menurut ahli, paru-paru adalah mekanisme pertama yang terkena dampak kabut asap dan vitamin paling ampuh untuk memerangi kondisi kesehatan terkait paru-paru adalah vitamin C.

6 Makanan Sehat saat Polusi Udara Tinggi

Berikut ini adalah 6 makanan sehat yang dapat membantu Anda memerangi polusi udara:

1. Kunyit

Kunyit terkenal karena sifat anti-inflamasinya, dan berkat kurkumin, senyawa yang ada di dalamnya. Ini membantu melindungi paru-paru dari efek racun polutan. Mengkonsumsi kunyit untuk meredakan batuk dan iritasi pada paru akibat polusi udara. Lebih baik lagi campurkan kunyit pada susu hangat dan minum secara rutin pada malam hari.

2. Biji Rami

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3 dan fitoestrogen. Asam lemak omega-3 melindungi sistem kardiovaskular Anda dan membantu mengurangi efek kabut asap; Sedangkan fitoestrogen memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi gejala asma dan reaksi alergi lainnya pada paru-paru. Anda dapat mengonsumsi biji rami setiap hari dalam salad, smoothie, atau sekadar memanggangnya dan memakannya sebagai pilihan camilan sehat. Makanan lain dengan jumlah asam lemak omega-3 lebih tinggi adalah kenari, telur, ikan, dan kedelai.

3. Bayam

Bayam mengandung beta karoten, zeaxanthin, lutein, dan klorofil – yang semuanya bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Menurut ahli gizi, warna hijau pada bayam timbul oleh klorofil, yang merupakan antioksidan kuat dengan sifat antimutagenik. Bayam telah terbukti memiliki sifat antikanker yang kuat, terutama untuk paru-paru. Tidak hanya itu, bayam juga kaya akan magnesium, yang memberikan kekebalan yang sangat dibutuhkan untuk melawan kabut asap. Mereka meringankan paru-paru dan menghilangkan ketegangan yang timbul karena kabut asap. Selain itu, membantu artikulasi udara di paru-paru.

4. Brokoli

Banyak pakar kesehatan dan ahli gizi menyarankan untuk menambahkan brokoli ke dalam makanan sehari-hari kita untuk melawan dampak buruk polutan. Menurut sebuah penelitian, orang yang makan brokoli membuang racun yang terkait dengan polusi udara. Hal ini karena brokoli mengandung sulforaphane, senyawa anti karsinogenik. Ini membantu mengeluarkan tingkat karsinogen yang lebih tinggi yang dikenal sebagai benzena melalui usus kita. Selain itu, banyaknya vitamin C yang ditemukan dalam brokoli juga membantu meningkatkan tingkat kekebalan kita. Satu porsi 100 gram brokoli mengandung 89 gram vitamin C, lebih banyak daripada kebanyakan buah jeruk. Sayuran ini juga kaya akan beta-karoten dan sejumlah antioksidan.

5. Tomat

Tomat kaya akan beta-karoten, vitamin C, dan likopen – antioksidan yang membantu mengurangi peradangan saluran napas, sehingga mengurangi kemungkinan menyebabkan asma dan masalah pernapasan lainnya. Dipercaya bahwa likopen adalah salah satu senyawa yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan Anda; selain itu, ia menjaga keseimbangan tingkat radikal bebas, melindungi tubuh dari penyakit pernapasan dan kondisi kesehatan lainnya. Beta-karoten dalam tomat diketahui memperlambat penuaan paru-paru. Menurut sebuah penelitian, orang dewasa yang makan lebih dari dua buah tomat sehari memiliki tingkat penurunan fungsi paru-paru alami yang lebih lambat.

6. Alpukat

Buah alpukat juga dapat melawan efek buruk dari polusi udara, karena alpukat mengandung vitamin E yang dapat menangkal efek dari polusi udara. Alpukat yang kaya vitamin K, B6, niasin, dan riboflavin, alpukat dapat melindungi Anda dari infeksi paru-paru. Buah ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang membantu mengurangi peradangan. Pilihlah setengah buah alpukat setiap hari agar tetap bugar dan menjaga paru-paru Anda kuat. Selain itu, buah yang sangat bergizi ini dapat melindungi Anda dari masalah kardiovaskular. Karena sarat dengan kandungannya, alpukat juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Itulah enam makanan sehat yang dapat membantu mengurangi dampak dari polusi udara yang tinggi saat ini. Anda harus pandai menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan untuk kesehatan paru-paru. Selain itu, Anda tentunya juga dapat membantu dalam pencegahan polusi udara, karena ini adalah penyebab utama masalah yang berhubungan dengan paru-paru.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 6 Makanan Sehat saat Polusi Udara Tinggi

NDTV. Akses pada 2023. 5 Foods You Must Include In Your Diet To Combat Air Pollution
Blue Zones . Akses pada 2023. Best Foods to Eat to Reverse the Deadly Effects of Air Pollution
Redcliffe Labs. Akses pada 2023. Anti Pollution Diet – List of important food items that prevent your lungs from pollution

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn