Mengatasi Susah Makan pada Anak

Mengatasi Susah Makan pada Anak

ReliDoc – Jakarta. Banyak orang tua yang merasa frustrasi karena anaknya menolak makan apa pun. Ini mungkin dimulai dari hal kecil, dengan mereka memberi alasan memilih jenis ayam yang “salah” atau brokoli yang “bau”. Yuk simak cara mengatasi susah makan pada anak di bawah ini!

Alasan Umum Anak Susah Makan

Berikut ini 10 alasan umum anak menolak atau susah makan:

  • Mereka merasakan tekanan.
  • Anak merasa tidak mempunyai suara.
  • Mereka bosan.
  • Merasa tidak lapar.
  • Perhatian mereka teralihkan.
  • Porsinya terlalu besar.
  • Mereka sedang tidak enak badan.
  • Terlalu banyak susu (atau jus).
  • Ada terlalu banyak makanan ringan.
  • Mereka terlalu lelah.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Berikut adalah beberapa ide yang mungkin mendorong anak Anda untuk menikmati duduk di meja untuk makan, tentunya sambil mencicipi berbagai makanan:

1. Batasi Gangguan Waktu Makan

Membiarkan tablet, ponsel pintar, dan menonton TV pada waktu makan dapat menyebabkan anak kehilangan minat makan. Meskipun ini mungkin tampak seperti cara untuk membuat mereka tetap tenang dan sibuk, lebih baik batasi penggunaan perangkat elektronik dan gangguan lain saat makan. Anda juga dapat membuat modelnya dengan menyimpan ponsel Anda sendiri!
Dengan fokus pada makanan, percakapan, dan ikatan keluarga, anak Anda mungkin akan lebih mudah makan. Selain itu, pastikan area makannya santai dan setiap orang memiliki ruang untuk menikmati makanannya. Gunakan booster atau temukan kursi yang pas untuk anak Anda sehingga mereka merasa nyaman di meja.

2. Sajikan Porsi Makanan yang Sesuai

Mungkin masalahnya bukan karena anak Anda menolak makan, melainkan mereka menolak memakan semua makanan yang ada di piringnya. Ingat, anak-anak tidak membutuhkan makanan sebanyak orang dewasa. Jadi jika Anda menaruh terlalu banyak di piring mereka, mereka mungkin tidak akan habis. Ini bukan karena sulit, tapi karena penuh.

Coba letakkan porsi yang lebih kecil di hadapan si kecil. Mereka selalu dapat meminta bantuan kedua.Ingat juga bahwa mereka mungkin tidak lapar. Anak-anak, terutama yang masih kecil, dapat mengalami perubahan nafsu makan yang besar dalam sehari atau bahkan berhari-hari hingga berminggu-minggu. Seorang anak tidak perlu makan setiap kali makan.

3. Atur Jadwal Waktu Makan Tidak Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Mendorong anak yang mengantuk dan gelisah untuk duduk dan makan bisa menjadi sebuah tantangan. Jadi jangan menjadwalkan makan terlalu dekat dengan waktu tidur atau terlalu cepat sebelum atau sesudah beraktivitas. Jika ini berarti makan lebih dari satu kali sesuai dengan jadwal semua orang, tidak apa-apa.

4. Hilangkan Stres saat Makan

Memaksa, menekan, atau membentak anak untuk makan tidak membantu situasi tersebut. Begitu mereka menjadi kesal atau mulai menangis, kemungkinan mereka untuk makan akan hilang. Jadi, meskipun Anda mungkin ingin menganjurkan makan, jangan terlalu memaksakannya.

5. Libatkan Anak Anda dalam Persiapan Makanan

Meskipun banyak anak kecil menyukai makanan yang sama setiap hari, variasi dapat menambah kegembiraan dalam menyantap makanan. Jika Anda mendapati diri Anda menyajikan jenis makanan yang sama berulang kali — bahkan mungkin karena anak Anda meminta makanan tersebut sejak awal — ada kemungkinan bahwa mengubah keadaan dapat membantu.Biarkan anak Anda membantu Anda memilih makanan baru untuk dicoba. Dorong mereka untuk membantu perencanaan, belanja, dan persiapan makanan. Jika mereka membantu menyiapkan makanan, mereka mungkin akan lebih bersemangat untuk makan.

6. Kurangi Makanan dan Minuman di Luar Jam Makan

Beberapa anak menolak makan ketika mereka terlalu banyak mengonsumsi camilan atau minuman di siang hari. Perut mereka lebih kecil, jadi tidak butuh banyak waktu untuk membuat mereka kenyang. Dan jika seorang anak tidak merasa lapar pada waktu makan, kecil kemungkinannya untuk makan.Jadi, meskipun Anda tidak ingin menolak memberi anak Anda makanan saat benar-benar lapar, Anda mungkin ingin mencegah anak Anda untuk ngemil – misalnya, semangkuk kudapan di atas meja – yang dapat menyebabkan makan sembarangan dan perut terlalu kenyang. waktu makan malam.

7. Pahami Gaya Makan Anak Anda

Tergantung pada gaya makan anak Anda, mereka mungkin memerlukan lebih banyak atau lebih sedikit makanan pada waktu yang berbeda dalam sehari. Jadi meskipun anak Anda mungkin menolak makan saat makan malam, mereka mungkin makan banyak untuk sarapan atau makan siang.

Tentunya, menghadapi anak yang susah makan berbeda dengan menghadapi balita yang tidak mau makan. Neofobia adalah alasan umum mengapa balita menutup hidung saat makan. Mereka sangat waspada terhadap makanan baru. Bahkan, mereka mungkin takut akan hal itu. Namun, bentuk penolakan makanan ini biasanya hilang seiring berjalannya waktu.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Mengatasi Susah Makan pada Anak

Sarah Remmer. Akses pada 2023. 10 Reasons Your Child Isn’t Eating At Meals (And What To Do!)
Healthline. Akses pada 2023. What Can You Do If Your Child Refuses to Eat Anything?
Very Well Health. Akses pada 2023. Why Your Toddler Won’t Eat
WebMD. Akses pada 2023. Parenting the Picky Eater

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn