Cara Mudah Menjaga Kesehatan Anak

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Anak

ReliDoc – Jakarta. Anak-anak usia sekolah sepertinya sering jatuh sakit, terutama pada waktu-waktu tertentu setiap tahunnya. Mengapa anak seusia ini cenderung sering sakit? Pada tahun-tahun awal sekolah, sistem kekebalan anak Anda diuji. Virus menyebabkan banyak penyakit umum pada masa kanak-kanak. Yuk simak cara mudah menjaga kesehatan anak pada artikel ini!

Tips Cara Mudah Menjaga Kesehatan Anak

Umumnya, memastikan anak-anak Anda bahagia dan sehat adalah prioritas utama Anda sebagai orang tua. Berikut tips cara mudah menjaga kesehatan anak! Gunakan tip berikut sebagai panduan untuk membantu anak Anda membangun kebiasaan sehat yang akan bertahan seumur hidup:

1. Mengajari Anak tentang Kebersihan

Ajari cara mencuci tangan dengan baik, dan sering-seringlah mencucinya. Tutupi mulut saat batuk atau bersin. Menggunakan lengan atau bagian dalam siku alih-alih menggunakan tangan dapat membantu mencegah penyebaran kuman. Faktanya, virus pilek dan flu masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata, dan mulut, jadi hindari menyentuh wajah dengan tangan. Sekali lagi, sering mencuci tangan sangat membantu dalam hal ini.

2. Memilih Permainan yang Aktif untuk Anak

Setidaknya, mainkan permainan aktif seperti permainan olahraga daripada menonton TV dan bermain video game. Umumnya, anak-anak membutuhkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik setiap hari untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

3. Berjalan-jalan bersama Keluarga dan Bersepeda

Selanjutnya, jalan-jalan atau bersepeda bersama keluarga. Ini adalah cara yang bagus bagi seluruh keluarga untuk berolahraga dan menghabiskan waktu bersama.

4. Menyusun Daftar Camilan Sehat

Jika orang tua menyerahkan sepenuhnya kepada anak-anak, waktu camilan mungkin terdiri dari keripik, gorengan, dan soda. Oleh karena itu, susunlah daftar jajanan sehat sepulang sekolah untuk dipilih anak-anak.

5. Mintalah Anak Membantu Memilih Produk Buah atau Sayuran

Ajak anak-anak ke supermarket atau toko kelontong, dan ajari mereka tentang berbagai buah dan sayuran. Beri tahu mereka mengapa perlu makan buah dan sayuran, dan biarkan mereka memilih mana yang akan dimakan keluarga Anda untuk camilan dan makanan!

6. Berjalan ke Sekolah

Banyak keluarga yang tinggal cukup dekat dengan sekolahnya, sehingga anak-anak dapat berjalan kaki ke sekolah. Berjalanlah bersama anak Anda ke sekolah di pagi hari. Ini latihan yang bagus, dan cara yang bagus untuk memulai hari!

7. Adakan Kegiatan untuk Pekarangan Rumah

Keluarlah, nikmati udara segar, bergerak, dan berolahraga! Ada banyak pekerjaan luar ruangan yang dapat dilakukan anak-anak, mulai dari mencabut rumput liar hingga menyapu dedaunan.

8. Waktu Tidur yang Teratur

Pastinya, tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik. Jadwal tidur yang teratur dapat membantu memastikan anak Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkannya setiap malam. Rencanakan waktu tidur yang memungkinkan Anda tidur cukup sebelum alarm berbunyi.
Inilah jumlah tidur yang dibutuhkan anak Anda:

  • Usia 3-5 tahun membutuhkan 10-13 jam tidur per 24 jam.
  • Usia 6-12 tahun membutuhkan tidur 9-12 jam per 24 jam.
  • Usia 13-18 tahun membutuhkan 8-10 jam tidur per 24 jam.

9. Konsultasi dengan Dokter Anak

Tentu saja, dokter anak bukan hanya ada ketika anak Anda sakit. Lebih dari pada itu, dokter membantu memastikan anak Anda tetap sehat, dan mereka memberikan panduan untuk meningkatkan kesehatan. Jadi konsultasikan dengan dokter perihal kesehatan anak.

10. Jadikan Diri Anda Panutan bagi Anak

Terakhir, apakah Anda berolahraga, tidur dengan teratur, makan sehat, dan rutin mengunjungi dokter? Jadilah panutan yang baik bagi anak-anak Anda dan bantu mereka mengembangkan kebiasaan sehat!

Nah itu dia tips cara mudah untuk menjaga kesehatan anak Anda. Namun, jika anak Anda sedang mengalami gejala gangguan kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Mudah Menjaga Kesehatan Anak

Mana Medical Associates. Akses pada 2023. 10 Ways to Keep Children Healthy
WikiHow. Akses pada 2023. 4 Ways to Keep Your Child Healthy
Very Well Health. Akses pada 2023. 7 Ways to Keep Kids Healthy During the School Year

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn

Klik Icon WhatsApp untuk hubungi ReliDoc Helpdesk

Tersedia di Hari Kerja, Senin - Jumat, 8:30 - 17:30 WIB