11 Pantangan bagi Ibu Hamil yang Harus Dihindari!

11 Pantangan bagi Ibu Hamil yang Harus Dihindari!

ReliDoc – Jakarta. Kebanyakan ibu hamil dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari dan hanya melakukan sedikit perubahan gaya hidup. Nah, bumil perlu tahu nih pantangan apa saja yang harus dihindari, karena aktivitas tertentu dapat berpotensi membahayakan perkembangan janin. Yuk simak 11 pantangan bagi ibu hamil yang harus dihindari pada artikel ini!

Pantangan yang Harus Dihindari bagi Ibu Hamil

Mungkin ada kesalahpahaman tentang apa yang tidak boleh bumil lakukan selama kehamilan. Mencoba makan sehat sambil menghindari makanan tertentu, berolahraga, dan mengonsumsi multivitamin prenatal merupakan hal yang umum bumil lakukan, namun ada hal lain yang mungkin mengejutkan Anda.

Sebelum kebahagiaan kecil Anda tiba, Anda bertanggung jawab membantu mereka tumbuh dalam lingkungan yang sehat dan terpelihara. Berikut ini 11 pantangan bagi ibu hamil yang harus dihindari:

1. Makanan yang Berisiko bagi Janin

Faktanya, pantangan terbesar bagi ibu hamil adalah makanan! Selama kehamilan, bumil harus menghindari:

  • Daging mentah dan kerang: Makanan laut mentah (kami melihat Anda, sushi), termasuk tiram, remis, dan kerang. Hindari juga daging sapi dan unggas yang langka atau kurang matang. Ini mungkin terkontaminasi toksoplasmosis atau salmonella.
  • Daging deli: Daging deli dapat terkontaminasi listeria, bakteri yang dapat melewati plasenta dan menginfeksi bayi Anda yang sedang berkembang. Infeksi dalam rahim dapat menyebabkan keracunan darah dan mengancam nyawa bayi Anda.
  • Ikan dengan kadar merkuri tinggi: Termasuk ikan seperti hiu, king mackerel, ikan todak, dan tilefish. Ingin tahu tentang tuna? Secara umum, tuna kalengan memiliki kadar merkuri yang lebih rendah, namun tetap baik untuk memakannya dalam jumlah sedikit.
  • Makanan laut asap: Hindari asap, ikan kippered, dendeng, atau salmon gaya nova. Ada risiko makanan laut asap yang tersimpan di lemari es ini dapat terkontaminasi listeria. Namun, makanan laut asap yang tersimpan pada rak atau kalengan mungkin baik-baik saja.
  • Telur mentah: Ini termasuk makanan yang mengandung telur mentah, jadi berhati-hatilah dengan saus Caesar buatan sendiri, saus Hollandaise, mayones, dan puding tertentu. Telur mentah dapat menimbulkan risiko salmonella.
  • Keju lunak: Beberapa keju lunak impor mungkin mengandung listeria, jadi hindari keju lunak seperti Roquefort, feta, Gorgonzola, Camembert, dan Brie. Keju Meksiko seperti queso blanco dan queso fresco juga harus bumil hindari, kecuali jika terbuat dari susu pasteurisasi.
  • Produk susu yang tidak dipasteurisasi: Produk ini mungkin mengandung listeria.

Tampaknya luas, namun masih banyak pilihan nutrisi yang baik selama kehamilan Anda. Meskipun mengonsumsi makanan seimbang itu penting, kehamilan adalah saat yang sangat kritis.

2. Cat yang Basah

Karena adanya kemungkinan toksisitas dari paparan cat, sebaiknya bumil harus menghindari ini. Toksisitas cat bergantung pada masing-masing pelarut dan bahan kimia dalam cat, serta paparannya. Meskipun lukisan rumah tangga, ada asumsi memiliki tingkat paparan yang rendah, tindakan paling aman adalah mengurangi paparan uap dari cat tersebut secara serius.

3. Kafein

Kafein adalah stimulan dan diuretik, yang berarti meminum beberapa cangkir kopi seperti biasa setiap hari akan meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan jumlah perjalanan ke kamar kecil. Ditambah lagi, kafein melewati plasenta.

Mungkin Anda akan baik-baik saja saat mengonsumsi kafein. Namun tidak bagi bayi Anda yang sedang tumbuh, karena metabolisme bayi masih berkembang. Bumil masih boleh dengan kadar kafein sedang, yaitu 150 hingga 300 mg sehari, sudah cukup. Hal yang terpenting, bahwa kafein itu tidak hanya ada pada teh dan kopi. Anda bisa menemukannya dalam coklat, soda, dan bahkan obat-obatan tertentu yang dijual bebas.

4. Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat bisa berbahaya bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan. Jadi, sebelum mengonsumsi obat dan suplemen yang dijual bebas atau diresepkan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan.

5. Sepatu dengan Hak Tinggi

Hindari sepatu dengan hak tinggi! Karena saat perut ibu hamil membesar, pusat gravitasi tubuh akan berubah. Jadi, bumil mungkin merasa sedikit goyah. Apa lagi dengan pergelangan kaki yang bengkak, dan sebaiknya gunakan sandal jepit atau alas kaki yang datar.

6. Sauna dan Bak Mandi dengan Air Panas

Jika Anda merasa sakit dan nyeri selama kehamilan, bersantai di bak mandi air panas mungkin tampak ideal. Namun peningkatan suhu tubuh selama trimester pertama dapat menyebabkan cacat lahir tertentu. Maka sebaiknya hindari mandi air panas, dan cobalah mandi dengan air hangat.

7. Kotoran Hewan Peliharaan

Jika Anda harus membersihkan kotoran hewan peliharaan seperti kucing, kenakan sarung tangan dan cuci tangan dengan baik setelahnya. Kotoran hewan peliharaan seperti kucing dapat membawa toksoplasmosis, penyakit parasit langka.

8. Asap Rokok

Tentu saja, merokok itu sangat buruk bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungannya, namun perokok pasif juga bisa sama buruknya. Ada sekitar 4.000 bahan kimia dalam perokok pasif, dan beberapa di antaranya berhubungan dengan penyakit kanker. Paparan asap rokok selama kehamilan dapat menyebabkan:

  • keguguran.
  • persalinan prematur.
  • berat badan lahir rendah.
  • masalah pembelajaran atau perilaku seiring pertumbuhan bayi Anda.
  • sindrom kematian bayi mendadak.

9. Alkohol

Hindari anggur, bir, dan minuman keras selama kehamilan Anda. Alkohol mengalir dengan cepat dari aliran darah melalui plasenta dan tali pusar ke bayi Anda, dan ini dapat membahayakan perkembangan otak dan organ bayi Anda.

Risiko potensial lainnya meliputi:

  • lahir prematur.
  • gangguan spektrum alkohol janin.
  • kerusakan otak.
  • cacat lahir.
  • keguguran.
  • bayi lahir mati atau stillbirth.

10. Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Pantangan lainnya selama kehamilan adalah berada dalam posisi yang sama terlalu lama, duduk atau pun berdiri, karena dapat menimbulkan masalah. Hal ini dapat menyebabkan semua jenis masalah termasuk pembengkakan pergelangan kaki dan masalah pembuluh darah. Maka cobalah sering-sering beristirahat sejenak untuk bergerak jika Anda sudah duduk, atau mengangkat kaki jika Anda sudah berdiri.

11. Berita Bohong atau Hoaks

Jangan percaya semua yang ibu hamil baca! Ibu hamil tentunya dapat menemukan segala macam informasi yang kontradiktif secara online, dari buku, dan majalah. Bersikaplah masuk akal, percayalah pada naluri, dan ingatlah bahwa berhati-hati bukanlah ide yang buruk. Jika ragu, bicarakan dengan dokter!

Ingat, bumil itu tidak akan hamil selamanya. Bertahanlah untuk kesehatan baik bumil dan janin yang ada dalam kandungan. Karena pastinya semua makanan dan aktivitas yang menjadi pantangan ini akan segera tersedia lagi untuk Anda.

Untuk ibu hamil yang membutuhkan pengecekan USG 2D/3D/4D bisa dengan layanan Reli Monic secara gratis. Reli Monic adalah fasilitas mobile clinic pertama di industri asuransi Indonesia, dilengkapi dengan mesin USG 2D/3D/4D serta didukung tenaga medis profesional berpengalaman. Cara mendapatkan layanan USG dan konsultasi kehamilan gratis:

  • Kunjungan Reli Monic ke PT
  • Datang ke Lokasi Reli Monic, bagi peserta dengan mendaftar layanan Reli Monic melalui aplikasi ReliDoc.
  • Reli Monic Special Moment, seperti acara Bakti Sosial bersama Asuransi Reliance dan RS EMC Cikarang, tanggal 22 September 2023 di Living Plaza Jababeka, bagi masyarakat umum.
  • Chat Dokter to Reli Monic

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 11 Pantangan bagi Ibu Hamil yang Harus Dihindari!

Medical News Today. Akses pada 2023. 13 things not to do while pregnant
Healthline. Akses pada 2023. 11 Things to Avoid During Pregnancy – What Not to Do
Greatish. Akses pada 2023. Things Not to Do While Pregnant: A Complete Guide
Healthline. Akses pada 2023. 17 Pregnancy Do’s and Don’ts That May Surprise You

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn