Tips Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

ReliDoc – Jakarta. Kesehatan mental adalah hak asasi manusia universal yang mendasar bagi semua orang. Setiap orang, siapapun dan di manapun berada, berhak atas standar kesehatan mental tertinggi yang dapat dicapai. Yuk simak tips menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja!

Apa itu Kesehatan Mental?

Kesehatan mental adalah cara kita berpikir dan merasakan serta kemampuan kita menghadapi pasang surut. Umumnya, kesehatan mental adalah sesuatu yang kita semua miliki. Ketika kita menikmati kesehatan mental yang baik, kita memiliki tujuan dan arah, energi untuk melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan, dan kemampuan untuk menghadapi tantangan yang terjadi dalam hidup kita.

Ketika kita memikirkan kesehatan fisik, kita tahu bahwa ada cara untuk menjaga diri kita tetap bugar, dan ada cara untuk mendapatkan bantuan yang tepat sedini mungkin sehingga kita bisa menjadi lebih baik. Kesehatan mental juga sama.

Jika Anda menikmati kesehatan mental yang baik, Anda dapat:

  • Manfaatkan potensi Anda semaksimal mungkin.
  • Hadapilah apa yang terjadi dalam hidup Anda.
  • Berperan penuh dalam hubungan Anda, tempat kerja Anda, dan komunitas Anda.

Kesehatan mental kita tidak selalu sama. Hal ini dapat berfluktuasi seiring perubahan keadaan dan saat Anda melewati tahapan berbeda dalam kehidupan kita. Stres adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan saat-saat ketika seseorang tidak bisa mengatasinya, karena alasan apa pun. Bisa jadi hal ini terjadi di rumah, tekanan pekerjaan, atau awal dari masalah kesehatan mental seperti depresi.

Saat kita merasa tertekan, kita membutuhkan respons manusiawi yang penuh kasih sayang. Semakin dini kita dapat mengenali ketika ada sesuatu yang tidak beres, semakin cepat pula kita dapat memperoleh dukungan.

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Mungkin terasa sulit menemukan waktu untuk memprioritaskan kesehatan mental saat Anda sedang bekerja. Terutama jika Anda melakukan pekerjaan yang sibuk atau serba cepat. Namun melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan mental dapat memberikan dampak yang besar. Berikut ini beberapa tips cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja, bahkan meningkatkan kesehatan mental, yang bisa Anda mulai hari ini!

1. Memulai Hari dengan Perhatian Penuh

Penelitian menunjukkan bahwa dengan memeriksa ponsel tepat setelah bangun tidur, hal ini mempersiapkan otak Anda untuk menerima gangguan. Pikirkan seperti ini, melihat ponsel Anda pertama kali di pagi hari sama dengan melihat seratus orang di kamar tidur Anda meneriaki Anda. Itu bukanlah cara terbaik untuk memulai hari! Sebaliknya, tingkatkan kesehatan mental Anda di tempat kerja dengan memulai pagi hari dengan latihan yoga atau meditasi sehingga Anda dapat menjalani hari dengan sehat.

2. Fokus pada Kekuatan

Daripada berfokus pada kelemahan Anda, berkonsentrasilah untuk menjadi diri Anda yang sebenarnya. Manfaatkan kekuatan Anda dan carilah proyek yang memberi Anda kepuasan. Karena ketika kita menggunakan kekuatan kita, aktivitas tersebut terasa alami bagi kita, dan kemungkinan besar kita akan mencapai tujuan.

3. Berhenti Membandingkan Diri Kita dengan Orang Lain

“Perbandingan adalah Pencuri Kebahagiaan.” Ketika kita membandingkan diri kita dengan orang lain, hal itu menyebabkan rendahnya harga diri dan ketidakbahagiaan. Sebaliknya, bandingkan diri Anda dengan diri Anda kemarin. Berkonsentrasilah pada perbaikan yang sehat, seperti mengukur diri Anda terhadap tujuan tertentu. Dengan begitu, Anda fokus pada siapa diri Anda dan siapa yang bukan diri Anda.

4. Mulailah Budaya Bersyukur

Studi tentang rasa syukur di tempat kerja menghubungkannya dengan berkurangnya stres, berkurangnya hari sakit, dan kepuasan yang lebih tinggi terhadap pekerjaan dan rekan kerja. Salah satu cara untuk memulai praktik bersyukur adalah dengan menuliskan satu hal yang berjalan baik hari itu dan alasannya. Ide lainnya adalah dengan menulis catatan (atau email) kepada seseorang yang Anda syukuri. Anda bahkan dapat memulai rapat tim dengan berkeliling ruangan dan meminta setiap orang berbagi satu hal yang mereka syukuri.

5. Berbicaralah

Tidak ada penderitaan yang lebih besar daripada menanggung kisah yang tak terungkap di dalam diri Anda.” Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental adalah dengan mengetahui bahwa Anda tidak sendirian. Pertama, temukan seseorang yang dapat Anda percayai, seperti teman, anggota keluarga, terapis, atau pelatih. Kemudian bagikan cerita Anda. Anda juga dapat membuka platform media sosial, seperti Facebook dan mencari grup yang fokus pada kesehatan mental di tempat kerja. Dengan bergabung dalam percakapan, Anda juga dapat membantu orang lain.

6. Keluar Ruangan Sejenak

Umumnya, orang menghabiskan lebih dari tujuh jam melihat layar setiap harinya. Sayangnya, itu berarti kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan daripada yang seharusnya. Jadi, usahakan untuk keluar ruangan setiap hari, meski hanya beberapa menit. Penelitian menunjukkan bahwa alam memiliki manfaat bagi kesejahteraan fisik dan psikologis. Paparan terhadap alam meningkatkan perhatian, memori, dan fleksibilitas kognitif, sementara paparan terhadap lingkungan perkotaan dikaitkan dengan defisit perhatian.

7. Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Ada banyak cara untuk melakukan sesuatu untuk orang lain di tempat kerja. Misalnya, Anda bisa menjadi sukarelawan untuk membantu proyek khusus, menerima anak didik, atau menawarkan untuk melatih karyawan baru. Selain itu, bukti menunjukkan bahwa membantu orang lain juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental kita sendiri. Misalnya, dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati, harga diri, dan kebahagiaan. Dan bagian terbaiknya adalah tindakan kebaikan biasanya tidak memerlukan investasi waktu atau uang yang besar.

8. Tertawalah

Tertawa adalah obat terbaik”. Ya, ini bukan lelucon. Tertawa memiliki manfaat jangka pendek seperti menstimulasi organ, meningkatkan asupan oksigen, dan meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak Anda. Ini juga memiliki efek jangka panjang seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan mood Anda.

9. Belajar Sesuatu yang Baru

Seringkali, kita merasa tertekan atau cemas ketika kita tidak mendapat tantangan. Itu sebabnya mempelajari keterampilan baru dapat meningkatkan kesehatan mental Anda di tempat kerja. Dengan mempelajari sesuatu yang baru, Anda membangun tujuan, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan kepercayaan diri. Beberapa hal yang dapat Anda coba termasuk mendaftar kursus, mendapatkan sertifikasi dalam keterampilan baru, atau memperhatikan staf yang senior.

10. Memperlambat Sesekali

Mengambil kesempatan untuk memperlambat sesekali membantu kita memperjelas prioritas dan lebih hadir di setiap momen. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah sekaligus meningkatkan fungsi kognitif dan memulihkan keseimbangan emosional.

Secara keseluruhan, memperlambat akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dan terhubung lebih dalam dengan orang lain. Luangkan waktu untuk refleksi diri. Beberapa metode yang bermanfaat termasuk membuat jurnal, meditasi, dan sekadar istirahat. Ingat, meskipun Anda berjalan lebih lambat, Anda akan melangkah lebih jauh.

Penutup

Setiap orang memiliki kepribadian unik, kekuatan, kelemahan, suasana dan lingkungan yang berbeda di dunia kerja. Jangan lupa, kenali serta lakukan manajemen emosi terhadap diri sendiri agar kesehatan mental kamu selalu terjaga. Namun, bila membutuhkan bantuan, dapat dikonsultasikan kepada psikolog maupun psikiater untuk terapi kesehatan mental, agar kamu dapat produktif bekerja dengan hasil yang optimal dan berkualitas.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Forbes. Akses pada 2024. 10 Ways To Improve Your Mental Health At Work
Mental Health Foundation. Akses pada 2024. How to support mental health at work
Mind UK. Akses pada 2024. Top tips for staying mentally healthy at work
Access Perks. Akses pada 2024. 20 Ways to Improve Mental Health in the Workplace

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn