Batuk Berdahak? Begini Cara Penanganan Alaminya

Tetap Sehat saat Musim Pancaroba Tiba

ReliDoc – Jakarta. Memasuki musim pancaroba seperti saat ini, penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan dan menjaga stamina tubuh agar tetap bugar dan sehat. Apa saja hal-hal yang dapat kita adaptasikan agar tubuh tetap dalam kondisi baik? Simak tips agar tetap sehat saat musim pancaroba tiba pada artikel di bawah ini!

Apa itu Musim Pancaroba?

Musim pancaroba adalah masa yang mana terjadi transisi atau pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim penghujan dan musim penghujan menuju musim kemarau. Negara kita, Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis, yang terdiri dari 3 siklus, musim kemarau, pancaroba dan musim kemarau.

Umumnya, musim pancaroba ditandai dengan cuaca yang tidak menentu, seperti angin kencang dan curah hujan yang tinggi. Musim ini juga identik dengan munculnya penyakit, seperti asma, sakit kepala, flu, batuk, diare, dan penyakit lainnya yang biasa terjadi saat musim pancaroba.

Tips agar Tetap Sehat saat Musim Pancaroba Tiba

Berikut ini adalah beberapa tips agar kita tetap sehat saat musim pancaroba tiba:

1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Saat musim pancaroba tiba, kita memerlukan asupan makanan yang bergizi untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaiknya, hindari makanan cepat saji atau junk food. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, lemak baik, serat, serta vitamin dan mineral.

2. Tetap Terhidrasi dengan Konsumsi Air yang Cukup

Asupan air yang cukup di musim pancaroba adalah suatu keharusan. Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi. Sebab jika tubuh kehilangan cairan, maka organ-organ dalam tubuh Anda tidak bisa bekerja maksimal, termasuk sistem imun.

3. Istirahat yang Cukup

Meski masih banyak yang menganggap remeh, istirahat menjadi salah satu hal penting yang harus Anda lakukan di musim pancaroba. Kurang istirahat dan tidur dapat melemahkan daya tahan tubuh sehingga berbagai macam penyakit mudah datang dan menyerang.

4. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Faktanya, kebersihan merupakan salah satu kunci utama kesehatan. Jika tubuh dan lingkungan kita tidak bersih maka virus, bakteri, dan segala macam kuman serta penyakit akan bersarang dan tidak segan-segan menyerang tubuh kita di tengah cuaca yang tidak menentu ini.

5. Rutin Olahraga

Meski kondisi cuaca tidak bisa diprediksi, pastikan Anda tetap menjaga daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah seperti push up, squat jump, sit up, atau yoga.

6. Selalu Membawa Payung atau Jas Hujan

Tentu saja, di tengah cuaca yang tidak menentu ini, payung dan jas hujan harus menjadi barang yang selalu Anda bawa di tas saat bepergian ke luar. Pasalnya, hujan bisa turun secara tidak terduga meski cuaca sedang terik panas.

Nah, itulah tips agar tetap sehat saat musim pancaroba tiba. Meski cuaca tidak menentu dan musimnya berpenyakit, bukan berarti Anda dan keluarga tidak bisa melindungi diri. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, Anda dapat melindungi diri dan keluarga dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tetap Sehat saat Musim Pancaroba Tiba

VOI. Akses pada 2023. The Transitional Season Arrives, Here Are Tips For Maintaining Body Endurance
Hindustan Times. Akses pada 2023. Falling sick with the changing seasons? Here are 5 health tips for you
Voyage Healthcare. Akses pada 2023. 5 Ways to Stay Healthy as the Seasons Change

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn