10 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

10 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

ReliDoc – Jakarta. Memangnya konsumsi makanan tertentu benar-benar dapat meningkatkan kesuburan Anda? Ya, penting untuk diingat bahwa tidak ada diet ajaib yang akan menyebabkan kehamilan, namun pilihan makanan dan gaya hidup memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan reproduksi baik wanita maupun pria. Yuk simak makanan untuk meningkatkan kesuburan di bawah ini!

10 Makanan yang Dikonsumsi untuk Meningkatkan Kesuburan

Makanan yang Anda makan, bersama dengan faktor-faktor lain seperti gaya hidup dan tingkat stres, dapat meningkatkan kesuburan melalui dampaknya pada usus, aliran darah, kadar hormon, dan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut ini adalah 10 makanan untuk dimasukkan ke dalam diet Anda untuk meningkatkan kesuburan Anda:

1. Kacang dan Lentil

Kacang-kacangan dan lentil kaya akan serat dan protein, yang dapat membantu meningkatkan ovulasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengganti protein hewani dengan sumber protein nabati dapat mengurangi risiko infertilitas ovulasi. Kedua kacang-kacangan ini juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik, komponen penting yang membantu pembuahan dan membantu perkembangan embrio yang sehat.

2. Biji Bunga Matahari

Mengonsumsi biji bunga matahari adalah cara mudah untuk membantu menjaga tingkat sperma yang tepat tanpa melakukan perubahan pola makan yang besar. Biji bunga matahari panggang tanpa garam kaya akan Vitamin E, nutrisi penting yang meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Biji bunga matahari juga menawarkan sejumlah besar seng, asam folat, dan selenium— semuanya merupakan nutrisi kesuburan yang kuat dengan manfaat yang luar biasa.

3. Buah Berry

Makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan beri kaya akan vitamin C dan asam folat, yang memberikan pertumbuhan janin yang sehat setelah pembuahan. Raspberry, blueberry, dan stroberi semuanya mengandung antioksidan alami dan fitonutrien anti-inflamasi, dua komponen yang sangat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Penelitian ini menunjukkan bahwa wanita dengan asupan buah yang tinggi mempunyai kemungkinan penurunan infertilitas secara signifikan.

4. Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan Vitamin K, potasium, dan folat yang membantu tubuh Anda dalam banyak hal— penyerapan vitamin, pengaturan tekanan darah, dan banyak lagi! Mereka juga mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak sehat) yang menawarkan banyak serat makanan dan asam folat, yang kita tahu sangat penting selama tahap awal kehamilan.

5. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang luar biasa karena tidak hanya bebas karbohidrat, tetapi juga merupakan sumber protein, seng, dan asam folat yang sempurna. Secara keseluruhan, komponen-komponen ini memberikan rencana perlindungan prenatal yang kuat, sekaligus menjaga pertumbuhan janin yang sehat setelah kehamilan terjadi. Belum lagi, quinoa memberi Anda semua asam amino esensial yang ditawarkan produk daging tanpa bahan tambahan apa pun yang berpotensi membahayakan.

6. Greek Yogurt dan Keju

Makanan berlemak sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan. Greek yogurt dan keju mengandung kalsium, probiotik, dan vitamin D, yang semuanya membantu meningkatkan ovulasi. Selain itu, Anda akan menerima banyak protein dari setiap makanan, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk sukses hamil melalui siklus ovulasi yang lebih tepat.

7. Ikan Salmon

Untuk menambah lebih banyak lemak sehat, salmon menawarkan banyak protein dan omega-3 berharga yang meningkatkan perkembangan janin selama kehamilan. Pria juga mendapat manfaat dari mengonsumsi salmon karena kandungan vitamin D dan seleniumnya yang tinggi, dua komponen yang meningkatkan kadar air mani dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan. Perlu diingat, yang terbaik adalah membeli salmon hasil tangkapan liar untuk mengurangi kandungan merkuri, yang dapat berbahaya bagi kehamilan jika dikonsumsi terlalu banyak. Agar aman, batasi asupan salmon Anda menjadi satu atau dua kali seminggu.

8. Asparagus

Asparagus adalah makanan pembangkit tenaga listrik dengan manfaat luar biasa bagi mereka yang mencoba untuk hamil. Studi menunjukkan bahwa makan satu cangkir asparagus rebus akan memberi Anda lebih dari 60% dari nilai asam folat harian yang direkomendasikan, memenuhi nilai vitamin K harian Anda, dan memperkuat kesehatan reproduksi Anda dengan lebih dari 20% vitamin A, C, dan B. Asparagus juga mengandung sejumlah besar seng dan selenium, jadi pria juga harus memasukkan asparagus ke dalam makanan mereka!

9. Kacang Kenari

Kacang kenari kaya akan omega-3 dan omega-6 yang membantu tubuh Anda menjaga kesehatan fungsi otak dan mengatur hormon. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi kenari secara teratur akan mengalami peningkatan kesehatan air mani, sehingga menghasilkan motilitas, kuantitas, dan morfologi yang lebih baik.

10. Kuning Telur

Kebanyakan orang membuang kuning telur untuk mengurangi kalori, namun kuning telur mengandung vitamin B dan omega-3 esensial. Kuning telur juga mengandung asam folat yang membantu tubuh membuat sel darah merah dan membantu menjaga perkembangan embrio setelah pembuahan.

Pastinya, membuat pilihan dan perubahan yang sehat saat dalam perjalanan kesuburan Anda dapat membantu tingkat stres Anda dan memberikan kendali pada saat keadaan sering kali membuat Anda kewalahan. 10 makanan ini sebagai cara alami untuk meningkatkan kesuburan Anda, sebaiknya juga menjaga keseimbangan dalam pola makan ya, Reli Friends.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 10 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

WebMD. Akses pada 2023. Good Nutrition for Conception
Laurel Fertility. Akses pada 2023. 10 Foods to Eat to Increase Fertility
Everyday Health. Akses pada 2023. Foods That Make You Fertile

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn