10 Mitos Diet yang Terbantahkan

10 Mitos Diet yang Terbantahkan

ReliDoc – Jakarta. Tentunya, antara lautan informasi mengenai diet terdapat gelombang ketidakakuratan. Mari kita singkirkan beberapa mitos umum sehingga Anda bisa merasa lebih percaya diri dalam memilih makanan. Yuk simak 10 mitos diet yang terbantahkan pada artikel di bawah ini!

Mitos Diet yang Terbantahkan

Saat kita menelusuri media sosial, membaca majalah favorit, atau mengunjungi situs web populer membuat Anda mendapatkan informasi yang tiada habisnya tentang diet dan kesehatan, yang sebagian besar salah.

Bahkan, para profesional kesehatan, patut disalahkan karena menyebarkan informasi yang salah tentang nutrisi kepada masyarakat, sehingga menambah kebingungan.

Nah, berikut ini adalah 10 mitos diet yang terbantahkan, dan mengapa kepercayaan kuno ini perlu disingkirkan!

1. Makanan Sehat itu Mahal

Ringkasnya, makan sehat itu tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Anda dapat membeli pilihan yang lebih sehat tanpa mengeluarkan lebih banyak uang. Kamu bisa:

  • Beli buah dan sayuran beku. Makanan sehat yang siap ini akan membantu Anda mengurangi limbah. Anda hanya dapat menggunakan apa yang Anda perlukan dan memasukkan sisanya ke dalam freezer. Ini akan bertahan lebih lama dalam freezer dibandingkan produk segar.
  • Cobalah merek yang lebih murah atau supermarket sendiri. Kisaran nilainya biasanya serupa rasanya dengan merek premium.
  • Tulis daftar belanjaan dan patuhi itu. Merencanakan setiap makanan Anda selama seminggu dapat membantu Anda menghentikan kenaikan tagihan belanjaan dengan menambahkan hal-hal yang tidak Anda perlukan seperti makanan manis.
  • Gunakan lebih banyak kacang-kacangan dalam makanan Anda. Kacang-kacangan (seperti buncis, lentil, buncis, dan kacang polong) biasanya merupakan salah satu barang supermarket yang paling murah. Mereka rendah lemak dan penuh vitamin dan serat untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Mereka juga akan menambah rasa dan tekstur pada makanan lezat apa pun.
  • Masak sendiri daripada makan makanan siap saji. Membuat makanan sendiri di rumah adalah cara yang bagus untuk menambah anggaran makanan Anda. Anda dapat berhemat jika membeli buah dan sayuran dalam bentuk utuh dibandingkan yang dikemas sebelumnya. Anda juga dapat mengontrol apa yang ada dalam makanan Anda agar lebih sehat.

2. Hindari Karbohidrat jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Karbohidrat (seperti roti, pasta, kentang, dan nasi) itu baik untuk Anda, bila Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Pastinya, ini adalah bagian penting dalam menjalani pola makan sehat dan seimbang yang dapat Anda patuhi. Karbohidrat memberi tubuh Anda:

  • energi
  • vitamin seperti zat besi, kalsium dan vitamin B
  • serat untuk mendukung pencernaan dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Faktanya, karbohidrat bisa menjadi tidak sehat, jika ada penambahan makanan berlemak tinggi. Seperti menambahkan mentega dan keju pada kentang jaket Anda atau saus krim pada pasta Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat:

  • Taburi kentang Anda dengan olesan minyak sayur, tuna serpihan, atau kacang panggang.
  • Pilih roti gandum, pasta, dan nasi. Rasanya sama enaknya dan mungkin membantu Anda merasa lebih kenyang.
  • Gunakan saus berbahan dasar sayuran untuk pasta Anda. Saus tomat mungkin lebih mudah dicerna dibandingkan saus krim kental, namun rasanya sama enaknya. Dan jika Anda membeli tomat cincang dalam kaleng, tomat tersebut akan disimpan lebih lama di lemari dibandingkan saus krim di lemari es.

3. Olahraga Intens adalah Satu-satunya Cara untuk Menurunkan Berat Badan

Ini tidak benar. Cara menurunkan berat badan yang paling efektif adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang kita makan dan minum. Olahraga dapat mendukung penurunan berat badan ketika kita mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Orang dewasa harus melakukan aktivitas intensitas sedang setidaknya 150 menit setiap minggu, seperti berjalan kaki dan bersepeda. Atau 75 menit aktivitas intens setiap minggunya, seperti berolahraga seperti sepak bola. Jika Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan berlebih, Anda mungkin ingin melakukan lebih dari ini, dan mengurangi asupan kalori.

Olahraga yang intens (atau berat), seperti berlari dan berenang, membuat Anda bernapas dengan keras dan cepat. Biasanya sulit untuk berbicara dengan seseorang tanpa jeda saat melakukan aktivitas yang intens. Olahraga intens tidak cocok untuk semua orang. Jika Anda memiliki suatu kondisi medis, dokter Anda akan dapat menyarankan jenis aktivitas dan intensitas yang aman untuk Anda.

Menjadi aktif secara fisik juga bisa menyenangkan. Ini bisa menjadi cara untuk terhubung dengan teman dan keluarga, seperti bermain frisbee atau lempar cakram yang terbuat dari plastik di taman setelah piknik. Atau cara untuk membagi jadwal Anda, seperti mengatur jalan-jalan dengan rekan kerja Anda daripada duduk di ruang rapat. Olahraga teratur baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Ini dapat meningkatkan mood Anda, membuat Anda merasa lebih berenergi dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Tidak Boleh Ngemil atau Jajan dan Porsinya Dibatasi

Beberapa pola makan sulit untuk kita ikuti karena terlalu membatasi. Dan terbatasnya makanan yang boleh kita konsumsi, dapat membuat Anda kekurangan nutrisi penting dan merasa lelah. Hal ini dapat membuat tubuh Anda menginginkan makanan tinggi lemak dan gula untuk memberi Anda dorongan.

Salah satu jenis diet ketat, mereka mengharuskan orang yang mengikuti diet untuk makan lebih sedikit kalori daripada asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Mereka biasanya membatasi kelompok makanan utuh. Diet ketat bukanlah cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Jika Anda khawatir dengan berat badan Anda, dokter Anda dapat memberi saran tentang diet dan aktivitas fisik terbaik untuk Anda, untuk membantu Anda menurunkan berat badan berlebih dengan aman.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa sesekali mengonsumsi camilan dapat mempermudah Anda menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang. Dan mengonsumsi camilan sehat di sela-sela waktu makan dapat mengurangi godaan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. Beberapa camilan sehat adalah:

  • buah segar
  • kue beras
  • kacang tanpa garam
  • sayuran dengan saus.

5. Obat dan Minuman Pelangsing Aman dan Efektif Menurunkan Berat Badan

Banyak produk penurun berat badan tanpa resep yang dapat dibeli mengandung bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Cara paling efektif untuk menurunkan berat badan berlebih adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang dimakan dan diminum serta lebih aktif secara fisik. Anda dapat melakukan ini dengan cara yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan, seperti mengatur aktivitas fisik sebelum atau sesudah bekerja.

Ada obat resep untuk menurunkan berat badan yang tersedia dari layanan dokter umum. Tapi mereka tidak cocok untuk semua orang. Jika Anda khawatir dengan berat badan Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter di dokter umum setempat.

6. Menunda Waktu Makan Menurunkan Berat Badan

Menunda atau melewatkan waktu makan dapat membuat Anda kekurangan nutrisi penting dan merasa lelah. Jika Anda melewatkan waktu makan seperti sarapan, Anda mungkin tergoda untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula saat merasa lapar. Ini bisa berarti Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan sepanjang hari.

Mengonsumsi makanan sehat seimbang pada waktu yang teratur sepanjang hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih berhasil dibandingkan jika Anda melewatkan waktu makan.

7. Makanan Rendah Lemak adalah Pilihan yang Sehat

Pilihan makanan rendah lemak mungkin tidak lebih baik untuk Anda. Terkadang, lemaknya akan diganti dengan lebih banyak gula atau garam agar rasanya seperti produk aslinya. Ini mungkin tidak membuat pilihan rendah lemak menjadi lebih sehat.

Meskipun kemasan makanan Anda menyatakan makanan tersebut lebih rendah lemak, Anda mungkin perlu memeriksa label nutrisinya. Anda dapat memeriksa jumlah ‘lemak total’ dan jumlah ‘lemak jenuh’ (lemak tidak sehat) per porsi pada label.

Apakah makan lemak membuat Anda gemuk? Sejumlah kecil lemak sebagai bagian dari diet seimbang baik untuk Anda. Ada berbagai jenis lemak. Ada yang sehat dan ada pula yang tidak sehat. Tubuh kita membutuhkan sedikit lemak sehat agar dapat berfungsi dengan baik.

8. Banyak Minum Air Membantu Menurunkan Berat Badan

Air tidak membuat berat badan Anda turun. Namun minum air putih dan tetap terhidrasi adalah bagian dari pola makan seimbang dan dapat mendukung penurunan berat badan Anda. Terkadang, jika Anda merasa lapar, Anda mungkin sebenarnya haus. Jika Anda tergoda untuk ngemil, cobalah minum segelas air terlebih dahulu.

Air tidak mengandung kalori atau gula, jadi ini merupakan pilihan yang lebih sehat daripada minuman manis atau berkafein. Anda dapat membuat air lebih seru dengan menambahkan:

  • buah beri yang manis dan segar
  • sepotong buah seperti lemon, jeruk nipis, jeruk atau apel
  • herba harum seperti daun mint segar, rosemary, atau irisan jahe
  • teh celup herbal seperti teh hijau, peppermint, camomile atau melati dalam air panas.

9. Makanan Tertentu Bantu Membakar Lemak

Hanya ada sedikit bukti yang membuktikan bahwa beberapa makanan dan minuman dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak. Berikut beberapa yang Anda mungkin pernah mendengarnya, seperti:

  • cabai
  • teh hijau
  • buah sitrus
  • kopi hitam
  • minuman berenergi

Meskipun makanan dan minuman tertentu mungkin tidak membakar lebih banyak lemak, mengonsumsi makanan sehat seimbang dan aktivitas fisik dapat membakar lebih banyak lemak.

10. Makan Setelah Jam 8 Malam akan Membuat Berat Badan Naik

Kenaikan berat badan tidak disebabkan oleh waktu Anda makan. Jika Anda tidak makan lebih dari asupan kalori harian yang direkomendasikan, makan terlambat tidak akan membuat berat badan Anda bertambah.

Kebanyakan orang lebih cenderung aktif secara fisik di siang hari. Makan lebih awal mungkin berarti Anda menggunakan lebih banyak kalori yang Anda makan untuk mendorong aktivitas fisik, dibandingkan saat Anda duduk atau tidur larut malam.

Makan malam lebih awal juga dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan baik. Hal ini dapat mencegah Anda mengalami gangguan pencernaan menjelang waktu tidur. Ini mungkin juga membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Penutup

Di dunia ini, terkadang penuh dengan informasi yang salah, yang menyebabkan kebingungan masyarakat, ketidakpercayaan. Tidak mengherankan jika kebanyakan orang memiliki pandangan yang salah tentang apa yang dimaksud dengan pola makan sehat. Meskipun mitos-mitos nutrisi ini kemungkinan besar akan tetap ada, mendidik diri sendiri dengan memisahkan fakta dari fiksi terkait nutrisi dapat membantu Anda merasa lebih berdaya untuk mengembangkan pola diet bergizi dan berkelanjutan yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 10 Mitos Diet yang Terbantahkan

British Heart Foundation. Akses pada 2024. Dieting Myths
Mayo Clinic. Akses pada 2024. 10 Common Nutrition Myths Debunked
Healthline. Akses pada 2024. The Top 20 Biggest Nutrition Myths
The New York Times. Akses pada 2024. 10 Nutrition Myths Experts Wish Would Die

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn