10 Olahraga Terbaik untuk Mengecilkan Perut Buncit

10 olahraga terbaik untuk mengecilkan perut buncit

ReliDoc – Jakarta. Tentu saja, seiring bertambahnya usia, kita sering melihat peningkatan lemak pada perut yang menumpuk di sepanjang garis pinggang. Ini biasanya karena massa otot berkurang seiring bertambahnya usia dan bertambahnya lemak. Yuk, ketahui 10 olahraga terbaik untuk mengecilkan perut buncit di bawah ini!

Risiko Kelebihan Lemak Perut

Berikut ada beberapa risiko kesehatan yang terkait dengan kelebihan lemak perut, termasuk:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol Tinggi
  • Diabetes tipe 2
  • Masalah pernapasan
  • Penyakit jantung

Karena risiko tersebut, ada baiknya Anda mencoba mengontrol lemak perut Anda. Ada tiga jenis lemak perut: subkutan, intramuskular, dan visceral. Pertama, lemak subkutan adalah lapisan lemak tepat di bawah kulit Anda. Selanjutnya, lemak intramuskular ditemukan di serat otot Anda. Lemak visceral jauh di dalam perut Anda dan merupakan jenis yang berada di antara organ Anda. Bahkan jika Anda memiliki berat badan dan indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI) yang normal, terlalu banyak lemak perut visceral tetap dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Setiap orang di dunia ini memiliki impian untuk mendapatkan tubuh yang atletis. Pastinya, ini tidaklah mudah karena membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Berat badan merupakan isu yang berkembang saat ini yang mendapat paparan baik karena isunya yang sangat besar seperti obesitas, masalah jantung, kelelahan yang seperti mengundang penyakit silih berganti. Manjakan diri Anda dengan olahraga pembakar lemak ini juga akan mempertajam pikiran dan daya ingat Anda.

Berikut ini adalah 10 olahraga terbaik untuk mengecilkan perut buncit:

1. Olahraga Renang

Memang, manfaat kesehatan terbesar olahraga renang adalah kurangnya dampak pada persendian Anda dan ini adalah toner yang bagus. Seorang perenang menggunakan setiap otot di tubuhnya untuk mendorongnya di dalam air, termasuk otot leher, wajah, dan jari kaki. Ini mengembangkan kekuatan dan ketabahan otot serta meningkatkan postur dan fleksibilitas.

Berenang juga memberikan latihan aerobik yang efektif. Berenang memberikan manfaat kardiovaskular dari latihan aerobik tanpa dampak yang tinggi pada persendian Anda. Usia, cedera, atau kondisi terkait obesitas mungkin memerlukan pemilihan olahraga yang tidak memberi tekanan lebih pada tubuh Anda.

2. Olahraga Lari

Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau membakar kalori, lari adalah olahraga termudah untuk diadopsi. Berlari membuat Anda bernapas lebih keras akibatnya meningkatkan jumlah oksigen dalam darah Anda. Ini membantu tubuh Anda melakukan detoksifikasi. Berlari juga memperkuat otot Anda dan meningkatkan metabolisme dan detak jantung. Melakukan sprint pendek dengan interval setiap hari meningkatkan detak jantung, sirkulasi darah, dan juga menaikkan suhu tubuh. Semua aktivitas ini pada akhirnya membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

3. Olahraga dengan Raket

Olahraga raket, termasuk tenis lapangan dan badminton, semuanya merupakan aktivitas berat yang membutuhkan gerakan konstan saat bola terbang dan memantul melintasi lapangan. Sementara tenis biasanya dimainkan di lapangan terbuka, badminton dimainkan di ruangan tertutup, di mana bola dapat memantul ke salah satu dari empat dinding, langit-langit, atau lantai. Ini latihan yang bagus; namun, Anda mungkin tidak ingin melakukan olahraga ini jika lutut atau pergelangan kaki Anda sakit. Untuk keuntungan fisik maksimal, tunggal lebih baik daripada pasangan gandanya karena Anda akan mencakup lebih banyak tempat selama pertandingan. Bahu, lengan bawah, dan pinggul Anda akan mendapatkan latihan bahkan jika Anda seorang pemula.

4. Sepakbola

Ini juga merupakan olahraga yang efisien untuk menurunkan berat badan karena otot dan jantung bekerja dengan cara yang berbeda. Sepak bola membangun lebih banyak massa otot dan membakar lebih banyak kalori dengan menggunakan serat otot kedutan lambat dan kedutan cepat. Sepak bola membangun dan mempertahankan massa otot, meningkatkan metabolisme Anda alih-alih mendorong hilangnya otot. Anda tidak perlu mengikat bantalan dan mengambil risiko cedera dan memar untuk mendapatkan bentuk tubuh melalui olahraga tim sepak bola. Dan apakah Anda menyerang atau bertahan, lari dan perubahan arah yang cepat pasti akan membantu Anda meningkatkan atau menurunkan berat badan.

5. Bola Basket

Ini memiliki latihan peregangan sendiri. Olahraga ini dapat memberi Anda tinggi badan yang baik dengan bentuk tubuh yang kencang. Ini melibatkan lari yang baik, melompat, meregangkan, gerak kaki dan pikiran yang waspada untuk melempar bola ke dalam keranjang. Ini adalah olahraga keluarga yang baik juga.

6. Seni Bela Diri

Terlepas dari apakah Anda sedang berlatih karate, judo, tae kwon do atau seni bela diri lainnya, Anda tidak akan salah. Aktivitas apa pun yang membuat Anda bergerak cepat dan dalam berbagai cara pasti akan membantu menguatkan Anda, apakah Anda sedang mempelajari seni bela diri baru atau Anda seorang petarung berpengalaman. Anda tidak harus mempelajari keterampilan ini dengan tujuan untuk bertarung atau bergulat. Gym penuh dengan orang-orang yang mempelajari olahraga tarung tanpa berniat melangkah ke atas ring.

7. Senam

Itu menuntut energi dan kebugaran yang sangat besar. Ini adalah olahraga yang melibatkan kinerja, kekuatan, kecepatan, fleksibilitas, keseimbangan serta koordinasi. Senam menuntut energi tingkat tinggi, bentuk tubuh terbaik, dan kebugaran. Itu sebabnya pesenam Kompetitif memiliki beberapa tubuh paling ramping dan paling terasah dalam olahraga. Senam diklasifikasikan sebagai latihan pembakaran kalori sedang.

8. Olahraga Tinju

Tinju membutuhkan berjam-jam latihan, mulai dari lompat tali hingga sparring sebelum Anda benar-benar memukul ring untuk bertanding. Ketahanan, kelincahan, gerak kaki, refleks cepat, dan keputusan semuanya tergabung dalam olahraga ini. Selain itu, Anda akan membakar banyak kalori, yang penting untuk mengurangi lemak perut.

9. Bersepeda

Bersepeda cocok untuk semua orang, segala usia atau tingkat kebugaran. Ini membantu membakar lemak, meningkatkan kesehatan dan membuat Anda dalam kondisi yang tepat. Ini juga memperkuat kelompok otot utama di kaki: paha depan, bokong, paha belakang, dan betis.

10. Panjat Tebing

Menarik beban tubuh Anda ke atas tebing atau dinding gym panjat tebing bukanlah hal yang mudah. Terutama pada pendakian yang lebih lama, Anda akan merasakan detak jantung Anda meroket. Harvard memperkirakan bahwa orang dengan berat 155 pon membakar 818 kalori saat naik. Kemungkinan besar, Anda membutuhkan dua jam pendakian untuk membakar kalori sebanyak itu, karena apa yang naik juga harus turun.

Nah itu tadi 10 olahraga terbaik untuk mengecilkan perut buncit, tentunya hal ini akan mencegah kamu terhindar dari risiko kesehatan akibat kelebihan lemak pada bagian perut. Namun jika kamu alami cedera saat berolahraga ataupun masalah kesehatan lainnya, segeralah konsultasi dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 10 Olahraga Terbaik untuk Mengecilkan Perut Buncit

WebMD. Akses pada 2023. The Best Types of Exercises for Burning Off Belly Fat.
Weekand. Akses pada 2023. Top 10 Sports to Lose Belly Fat.
Practo. Akses pada 2023. 5 Sports to Lose Weight.
Playo. Akses pada 2023. Top 10 Fat Burning Sports To Lose Weight

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn