7 Buah-buahan yang Aman saat Asam Lambung

7 buah-buahan yang aman saat Asam Lambung

ReliDoc – Jakarta. Nyeri asam lambung memang membuat kamu tidak nyaman, bahkan beberapa buah yang mengandung asam harus dihindarkan. Tapi ada beberapa buah yang dapat kamu konsumsi loh dan dapat membantu menurunkan asam lambung. Baca artikel berikut untuk mengetahui buah apa saja yang bisa mencegah asam lambung.

Adakah Buah-buahan yang Aman Ketika Asam Lambung?

Umumnya, buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Serat, vitamin dan mineral adalah bagian darinya. Namun, tidak semua buah aman untuk penderita asam lambung.

Jika Anda termasuk dalam kelompok yang memiliki riwayat gangguan kesehatan tersebut, disarankan untuk menghindari buah asam seperti jeruk. Alasannya, makan buah asam bisa memperburuk gejala asam lambung.

Berikut 7 buah-buahan yang aman dikonsumsi ketika asam lambung:

1. Pisang

Kandungan pisang kuning adalah potasium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Serat dalam pisang meningkatkan pencernaan dan mengurangi refluks.

Pisang terhadap asam lambung dianggap aman karena sifat dasar (basa). Buah ini juga dikatakan memiliki efek penyeimbang asam, mencegah refluks asam.

2. Pepaya

Faktanya, buah tropis yang manis ini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Ia dapat melawan penyakit jantung, diabetes, kanker, kesehatan tulang dan asma. Ini mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium, dan juga merupakan sumber yang kaya vitamin A. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi mulas.

3. Melon

Sama seperti pisang, manfaatnya terhadap asam lambung berasal dari sifat basanya. Buah melon memiliki asam basa yang cukup tinggi berkat mineral magnesium yang dikandungnya. Magnesium merupakan salah satu bahan utama dalam antasida untuk meredakan gejala asam lambung.

Karena itu, buah yang satu ini aman bagi Anda yang menderita asam lambung tinggi. Melon tidak menyebabkan peningkatan asam lambung, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

4. Apel

Memang, buah apel ini mengandung vitamin A, C, D, B-16 dan B-12. Selain itu, kalsium, zat besi dan magnesium juga terkandang dalam apel. Mempromosikan pencernaan yang sehat dan buang air besar yang teratur. Memecah asam dan menenangkan perut.

Sementara, tidak semua jenis apel aman untuk penderita asam lambung. Misalnya, apel hijau biasanya sedikit asam dan bisa menyebabkan gejala maag. Jadi, pilihan terbaik untuk penderita maag dan asam lambung adalah apel merah matang, karena apel jenis ini jauh lebih aman dalam mencegah kambuhnya gejala maag dan asam lambung.

5. Pir

Ringkasnya, Anda bisa makan pir untuk mengisi kembali asam lambung karena tidak mengandung asam sebanyak buah jeruk atau tomat. Berkat keasaman rendah ini, pir tidak dianggap sebagai pemicu gejala refluks asam. Namun, pir sendiri mengandung pektin dan serat makanan yang mengurangi naiknya asam lambung.

6. Kelapa

Tentu saja, air kelapa mengandung mineral potasium dan berbagai senyawa yang menenangkan sistem pencernaan. Hal ini tentunya sangat membantu bagi penderita gangguan asam lambung yang sering mengalami gejala maag.

Selain itu, air kelapa juga membantu menjaga suhu tubuh tetap normal dan mengurangi iritasi lambung. Anda bisa menuai manfaat kelapa dengan mengonsumsi satu butir kelapa setiap hari selama dua minggu secara teratur.

7. Persik

Pendek kata, buah persik juga baik untuk penderita asam lambung. Karena buah persik mengandung serat makanan, magnesium, dan kalium, buah persik dapat mencegah dan mengurangi naiknya asam lambung.

Ingatlah untuk selalu tetap fit dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Hubungi dokter Anda segera jika gejala GERD Anda tidak membaik. Anda bisa mengkonsultasikan gejala dan kendala asam lambung Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 7 Buah-buahan yang Aman saat Asam Lambung

Livestrong. Akses pada 2022. Fruits and Vegetables That Are Safe to Eat With GERD.
Food NDTV. Akses pada 2022. 6 Fruits To Combat Acid Reflux Stress.
HealthCentral. Akses pada 2022. Low-Acid Fruits for Acid Reflux.
Hopkins Medicine. Akses pada 2022. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn).

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn