8 Manfaat Permen Karet yang Perlu Kamu Ketahui

8 Manfaat Permen Karet yang Perlu Kamu Ketahui

ReliDoc – Jakarta. Permen karet adalah cemilan yang disukai banyak orang apalagi saat mengantuk. Karena katanya dapat mengurangi rasa kantuk dari cara makannya yang harus menggerakkan mulut dengan mengunyah. Tapi tahukah kamu manfaat lain dari permen karet? Yuk, baca 8 manfaat permen karet yang perlu kamu ketahui di sini!  

Permen Karet, Camilan Manis Banyak Manfaat

Permen karet mungkin seringkali orang menganggapnya hanya sebagai camilan manis yang bisa membuat nafas segar, tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya permen karet juga memiliki beberapa manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari?

8 Manfaat Permen Karet

Berikut ini adalah 8 manfaat permen karet yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Menurut sebuah penelitian, mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Hal ini karena aktifitas mengunyah dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Selain itu, aroma dari permen karet juga dapat membantu meningkatkan mood dan memberikan energi yang penting untuk meningkatkan produktivitas.

2. Meredakan Stres dan Kecemasan

Mengunyah permen karet juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Hal ini disebabkan karena aktifitas mengunyah dapat membantu melepaskan ketegangan pada otot rahang dan mengurangi ketegangan pada tubuh. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat membantu merangsang produksi hormon endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan, sehingga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.

3. Membantu Melawan Karies Gigi

Beberapa jenis permen karet mengandung xylitol, yang merupakan gula alkohol yang dapat membantu melawan karies gigi. Xylitol bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga dapat membantu mengurangi risiko karies gigi. Namun, perlu diingat bahwa xylitol tidak sepenuhnya menggantikan praktik kebersihan gigi yang baik seperti menyikat gigi dan menggosok gigi.

4. Membantu Mengurangi Nafas Tak Sedap

Salah satu manfaat permen karet yang paling terkenal adalah membantu mengurangi nafas tak sedap. Hal ini disebabkan karena permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur, yang membantu membersihkan bakteri dan partikel makanan dari mulut. Selain itu, beberapa jenis permen karet mengandung pewangi alami yang dapat membantu menyegarkan nafas.

5. Mengurangi Mual dan Mabuk Perjalanan

Mengunyah permen karet juga dapat membantu mengurangi mual dan mabuk perjalanan. Hal ini timbul karena aktifitas mengunyah dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot perut dan membantu mengalihkan perhatian dari rasa mual. Beberapa jenis permen karet juga mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengurangi mual, seperti jahe atau peppermint.

6. Meningkatkan Metabolisme

Beberapa jenis permen karet mengandung bahan-bahan seperti guarana dan kafein, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan energi dan membantu membakar lebih banyak kalori, sehingga membantu menjaga berat badan yang sehat.

7. Menjaga Kebersihan Mulut

Mengunyah permen karet juga dapat membantu menjaga kebersihan mulut. Ketika mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat, sehingga membantu membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi dan mulut. Selain itu, beberapa jenis permen karet juga mengandung bahan-bahan yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut, sehingga membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

8. Mengurangi Kebiasaan Merokok

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi kebiasaan merokok. Hal ini disebabkan karena mengunyah permen karet dapat membantu mengalihkan perhatian dari keinginan merokok, serta memberikan sensasi yang mirip dengan merokok. Selain itu, beberapa jenis permen karet juga mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Nah itu dia segudang manfaat dari permen karet yang perlu kamu ketahui, tapi jangan sampai makan permen karet terlalu banyak ya, dan jangan cari yang kandungan gula yang banyak, karena akan memberikan efek yang negatif kepada kamu.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 8 Manfaat Permen Karet yang Perlu Kamu Ketahui

Healthline. Akses pada 2023. Chewing Gum: Good or Bad?
Healthline. Akses pada 2023. The Truth About Aspartame Side Effects.
Medscape. Akses pada 2023. What is the role of xylitol in the prevention of acute otitis media (AOM)?
MedicineNet. Akses pada 2023. Why Is Aspartame Bad?.
MedicineNet. Akses pada 2023. Health Tip: Chewing Gum Can Help Your Teeth.
Verywell Fit. Akses pada 2023. If You Can Walk and Chew Gum at the Same Time, Should You? Study Says, Yes.
Verywell Health. Akses pada 2023. Xylitol Toothpaste Benefits and Side Effects.
WebMD. Akses pada 2023. What to Know about Chewing Gum.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn