9 Manfaat Labu Kuning, Buah Halloween

9 Manfaat Labu Kuning Buah Halloween

ReliDoc – Jakarta. Buah labu kuning, biasanya dihias menyerupai bentuk wajah menyeramkan atau lebih terkenal lentera Jack-o’-lantern saat perayaan Halloween, pada akhir bulan Oktober setiap tahunnya. Tapi, tahukah kamu bahwa buah labu kuning memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Simak 9 manfaat labu kuning, buah halloween pada artikel di bawah ini!

Labu Kuning atau Pumpkin, si Buah Halloween

Labu kuning atau pumpkin adalah salah satu jenis labu musim dingin yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae. Ia berasal dari Amerika Utara dan Tengah dan mempunyai kulit halus, sedikit berusuk dan warna kuning tua hingga oren. Labu terkenal karena kegunaannya yang serbaguna dalam masakan, mulai dari sup dan salad hingga manisan dan pai, dan labu kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, menjadikannya tambahan bergizi untuk makanan apa pun.

Buah lezat ini adalah sepupu dari keluarga melon. Dan seperti kebanyakan buah melon (seperti semangka), setiap bagian labu dapat kita konsumsi, termasuk biji dan kulitnya, menjadikannya pilihan yang tepat bagi orang-orang yang fokus pada minimalisasi limbah makanan. Labu juga nikmat sebagai bubur kalengan, membantu pecinta labu saat mereka menginginkan tambahan labu dalam smoothie, muffin, dan resep lainnya.

9 Manfaat Labu Kuning

Banyak manfaat makan makanan labu kuning yang lezat ini bagi kesehatan dan kebugaran Anda. Berikut ini 9 manfaat kesehatan utama dari makan labu kuning:

1. Buah yang Sangat Bergizi dan Sangat Kaya akan Vitamin A

Selain kaya akan vitamin dan mineral, labu kuning juga relatif rendah kalori, karena 94% mengandung air. Ini juga sangat tinggi beta-karoten, karotenoid yang oleh tubuh mengubahnya menjadi vitamin A. Selain itu, biji labu dapat kita makan, bergizi, dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis karena Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Radikal bebas adalah molekul yang timbul oleh proses metabolisme tubuh kita. Meskipun sangat tidak stabil, mereka mempunyai peran yang berguna, seperti menghancurkan bakteri berbahaya. Namun, radikal bebas yang berlebihan pada tubuh menciptakan keadaan yang kita sebut stres oksidatif, yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Labu kuning mengandung antioksidan, seperti alfa-karoten, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Ini dapat menetralisir radikal bebas, mencegahnya merusak sel.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Labu kuning sarat dengan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Pertama, buah ini kaya akan beta-karoten, yang tubuh Anda ubah menjadi vitamin A. Labu kuning juga tinggi vitamin C, yang terbukti meningkatkan produksi sel darah putih, membantu sel kekebalan bekerja lebih efektif, dan membuat luka lebih cepat sembuh. Selain dua vitamin di atas, labu juga merupakan sumber vitamin E, zat besi, dan folat yang baik, semuanya telah terbukti membantu sistem kekebalan tubuh.

4. Melindungi Penglihatan karena Kandungan Vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin

Sangat umum terjadi penurunan penglihatan seiring bertambahnya usia. Untungnya, mengonsumsi nutrisi yang tepat dapat menurunkan risiko kehilangan penglihatan. Labu kaya akan nutrisi yang membuat penglihatan yang kuat seiring bertambahnya usia. Misalnya, kandungan beta-karotennya memberi tubuh Anda vitamin A yang kita perlukan. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A adalah penyebab kebutaan yang sangat umum.

Labu juga merupakan salah satu sumber lutein dan zeaxanthin terbaik, dua senyawa yang dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak. Selain itu, mengandung vitamin C dan E dalam jumlah yang baik, yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mencegah radikal bebas merusak sel mata Anda.

5. Menurunkan Berat Badan

Labu dianggap sebagai makanan padat nutrisi. Itu berarti sangat rendah kalori meskipun kaya akan nutrisi. Faktanya, labu mengandung kurang dari 50 kalori per cangkir (245 gram) dan mengandung sekitar 94% air.

Sederhananya, labu kuning adalah makanan yang ramah penurunan berat badan karena Anda dapat mengonsumsinya lebih banyak dibandingkan sumber karbohidrat lain – seperti nasi dan kentang – namun tetap mengonsumsi lebih sedikit kalori. Terlebih lagi, labu kuning merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu mengurangi nafsu makan Anda.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit serius yang mana sel-sel tumbuh secara tidak normal. Sel kanker menghasilkan radikal bebas untuk membantunya berkembang biak dengan cepat. Labu kuning mengandung karotenoid yang tinggi, yaitu senyawa yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini memungkinkan mereka untuk menetralisir radikal bebas, yang dapat melindungi terhadap kanker tertentu.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Labu kuning mengandung beragam nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Buah ini kaya akan potasium, vitamin C, dan serat, yang telah memberikan manfaat bagi jantung.

Labu juga kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi kolesterol LDL “jahat” dari oksidasi. Ketika partikel kolesterol LDL teroksidasi, mereka dapat menggumpal sepanjang dinding pembuluh darah, yang dapat membatasi pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Labu kaya akan nutrisi yang bagus untuk kulit Anda. Pertama, buah ini kaya akan karotenoid seperti beta-karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A. Faktanya, satu cangkir (245 gram) labu matang mengandung 245% RDI untuk vitamin A.

Faktanya, karotenoid seperti beta-karoten dapat bertindak sebagai tabir surya atau sunscreen alami. Setelah proses cerna, karotenoid terangkut ke berbagai organ termasuk kulit Anda. Di sini, mereka membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya.

Labu juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk kesehatan kulit. Tubuh Anda membutuhkan vitamin ini untuk membuat kolagen, protein yang menjaga kulit Anda kuat dan sehat. Selain itu, labu mengandung lutein, zeaxanthin, vitamin E, dan masih banyak lagi antioksidan yang telah terbukti meningkatkan pertahanan kulit terhadap sinar UV.

9. Buah Serbaguna dan Mudah Ditambahkan ke Diet Anda

Labu kuning lezat, serbaguna dan mudah ditambahkan ke dalam makanan Anda. Rasanya yang manis menjadikannya bahan populer dalam masakan seperti custard, pai, dan pancake. Namun, ini juga bisa digunakan pada hidangan gurih seperti sayuran panggang, sup, dan pasta.

Labu memiliki kulit yang sangat keras sehingga perlu usaha keras untuk mengirisnya. Setelah Anda memotongnya, keluarkan bijinya dan bagian yang berserabut, lalu potong labu menjadi irisan.

Bijinya juga dapat dimakan dan dikemas dengan nutrisi yang menawarkan banyak manfaat lainnya. Misalnya, biji labu dapat meningkatkan kesehatan kandung kemih dan jantung. Labu juga tersedia dalam bentuk pra-potong atau kalengan, memberi Anda fleksibilitas dalam resep dan persiapan. Saat membeli makanan kaleng, pastikan untuk membaca label dengan cermat, karena tidak semua produk terbuat dari labu 100% dan Anda mungkin ingin menghindari bahan tambahan, terutama gula.

Cara termudah untuk memakan labu adalah dengan membumbuinya dengan garam dan merica, lalu memanggangnya di dalam oven. Banyak orang juga suka membuatnya menjadi sup labu, terutama saat musim dingin.

Penutup

Itulah tadi manfaat buah labu kuning atau pumpkin yang baik untuk kesehatan Anda. Umumnya, labu kuning sangat sehat dan dianggap aman bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa orang mungkin mengalami alergi setelah makan labu kuning. Meskipun labu itu sehat, banyak makanan cepat saji berbahan dasar labu, seperti latte, permen, dan isian pai, mengandung tambahan gula, yang kurang baik untuk kesehatan.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 9 Manfaat Labu Kuning, Buah Halloween

Healthline. Akses pada 2023. 9 Impressive Health Benefits of Pumpkin
WebMD. Akses pada 2023. Health Benefits of Pumpkin
Health. Akses pada 2023. 6 Health Benefits of Pumpkins

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn