Amankah Mengonsumsi Kopi Ketika Asam Lambung?

amankah mengonsumsi kopi ketika asam lambung

ReliDoc – Jakarta. Anda sedang asam lambung tetapi ingin minum kopi? Memangnya aman? Penasaran kan? Di artikel ini akan dibahas tentang apakah aman atau tidak untuk minum kopi dan juga apakah ada cara aman dalam mengonsumsi kopi. Yuk simak artikelnya.

Kopi dan Asam Lambung

Pada umumnya, kafein dalam kopi dapat mengendurkan cincin otot di bagian bawah kerongkongan Anda. Akibatnya, asam lambung dapat mengalir kembali ke kerongkongan, tanda utama refluks esofagitis.

Bahkan kopi decaf (rendah atau tanpa kafein) telah terbukti merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi, terutama saat perut kosong, meningkatkan asam lambung, menyebabkan mulas dan gejala gangguan pencernaan lainnya sepanjang hari.

Hal yang utama, asam lambung bisa naik ke kerongkongan. Akibatnya, dada dan tenggorokan bisa menjadi panas dan sakit. Kondisi ini disebut heartburn.

Sebagai aturan umum, orang sehat dapat mengonsumsi 200 miligram kafein per hari. Ini setara dengan satu atau dua cangkir kopi tanpa efek samping tertentu.

Namun, setelah mengonsumsi minuman berkafein, orang sehat pun bisa mengalami insomnia dan sakit perut meski dalam dosis rendah. Caranya adalah dengan memilih kopi dengan sedikit kafein.

Kopi Hitam, Lebih Aman?

Faktanya, sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa kopi yang dipanggang atau sangrai (roast) hitam memiliki keseimbangan bahan kimia yang lebih baik yang menghasilkan lebih sedikit asam lambung daripada yang sangrai sedang. Sangrai gelap mengandung senyawa tingkat tinggi yang disebut N-methylpyridinium (NMP). Ini juga mengandung C5HT tingkat rendah dan dua senyawa lain yang dikenal sebagai asam klorogenik (CGA). Kandungan NMP berfungsi menahan pelepasan asam yang menimbulkan iritasi lambung.

Meski, NMP saja tidak memiliki efek yang sama. Ini adalah keseimbangan kimia yang membuat perbedaan. Hasil ini menunjukkan bahwa NMP bekerja dengan senyawa lain dalam kopi untuk mengurangi asam lambung.

Susu Dapat Membantu

Saat Anda menambahkan susu ke kopi Anda, beberapa protein susu, termasuk α-casein, β-casein, κ-casein, α-lactalbumin, dan α-lactoglobulin, akan mengikat asam klorogenik (CGA).

Ketika CGA terikat oleh protein, CGA dapat mencegah peningkatan asam lambung. Itu mungkin karena tidak mudah terserap oleh tubuh Anda. Sehingga Anda bisa minum kopi latte yang biasanya dengan penambahan susu.

Cold Brew Kopi Aman untuk Asam Lambung?

Pada kenyataannya, dari sisi teknologi brewing, kopi cold brew cenderung lebih aman bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung, karena mengekstrak lebih sedikit asam klorogenik, daripada kopi yang diseduh dengan air panas.

Rata-rata kopi cold brew memiliki pH 6,31, sedangkan kopi biasa memiliki pH 4,5-5. semakin rendah nilai pH, semakin asam zat tersebut, untuk mengencerkan dan melembutkan rasanya. Jadi, tidak seperti kopi yang diseduh dengan air panas, asam dalam kopi diekstraksi dan dipekatkan.

Kopi dapat menyebabkan sakit perut, heartburn, dan gejala refluks pada beberapa orang. Jika Anda salah satunya, Anda mungkin ingin mencoba beberapa jenis yang berbeda dan melihat apakah itu meredakan gejala Anda. Beberapa orang menambahkan susu untuk meringankan efeknya. Beberapa orang lebih suka kopi tanpa kafein.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Amankah Mengonsumsi Kopi Ketika Asam Lambung

Healthline. Akses pada 2022. Coffee vs. Tea for GERD
MedicalNewsToday. Akses pada 2022. Should people with GERD avoid caffeine?
VeryWellHealth. Akses pada 2022. Tips to Brew Coffee That Won’t Irritate Your Stomach

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn