Apa Sih Penyebab Kanker Ginjal?

Apa Sih Penyebab Kanker Ginjal

ReliDoc – Jakarta. Sejak 2019, penyanyi Vidi Aldiano mengidap penyakit kanker ginjal. Belum lama ini, ia menginfokan bahwa sel kanker yang ia derita sudah menyebar ke sejumlah titik dan ia harus menjalani perawatan rutin setiap 3 minggu sekali. Apa sih penyebab kanker ginjal? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Kanker Ginjal?

Umumnya, kanker ginjal adalah kanker yang mulai pada sel-sel ginjal. Jenis kanker ginjal yang paling umum adalah karsinoma sel ginjal atau Renal Cell Carcinoma (RCC), yang mencakup sekitar 90% dari seluruh kasus. Biasanya hanya satu ginjal yang terkena, namun dalam kasus yang jarang terjadi, kanker juga dapat berkembang pada kedua ginjal.

Faktanya, kanker ginjal adalah salah satu dari 10 kanker paling umum di Amerika Serikat, dengan lebih dari 76.000 kasus baru terdiagnosis setiap tahunnya. Lebih banyak pria dibandingkan wanita yang terdiagnosis menderita kanker ginjal. Kanker ginjal dapat terjadi pada siapa saja. Anda bisa terkena kanker ginjal pada usia berapa pun, namun lebih sering terjadi pada orang lanjut usia (yang berusia lebih dari 75 tahun). Semakin dini kanker ginjal terdiagnosis, maka semakin besar peluang untuk bertahan hidup.

Gejala Kanker Ginjal

Seringkali tidak ada gejala kanker ginjal yang jelas. Biasanya terdiagnosis saat menguji sesuatu penyakit yang lain. Jika ada gejala, gejalanya bisa meliputi:

  • darah pada air seni.
  • benjolan atau bengkak pada punggung, di bawah tulang rusuk, atau pada leher.
  • nyeri di antara tulang rusuk dan pinggang yang tidak kunjung hilang.
  • kehilangan nafsu makan atau menurunkan berat badan tanpa berusaha.
  • merasa lelah atau tidak mempunyai tenaga.
  • suhu tinggi yang tidak kunjung hilang.
  • banyak berkeringat, termasuk pada malam hari.

Penyebab Kanker Ginjal

Sampai saat ini, penyebab kanker ginjal tidak kita ketahui, namun faktor-faktor yang membuat beberapa orang berisiko lebih tinggi adalah:

  • Perokok, umumnya memiliki risiko dua kali lipat terkena kanker ginjal dibandingkan bukan perokok.
  • Paparan bahan kimia seperti arsenik, beberapa pembersih gemuk logam, atau kadmium yang digunakan dalam pertambangan, pengelasan, pertanian, dan pengecatan.
  • Riwayat keluarga kanker ginjal.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Tekanan darah tinggi
  • Menderita penyakit ginjal stadium lanjut.

Diagnosis Kanker Ginjal

Berikut beberapa tes untuk mendiagnosis kanker ginjal meliputi:

● Tes Darah dan Urin

Tes-tes ini tidak mendiagnosis kanker ginjal tetapi akan memeriksa kesehatan Anda secara umum dan tanda-tanda masalah pada ginjal.

● Tes Pencitraan

Jika kanker ginjal terdeteksi, Anda mungkin menjalani pemeriksaan untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke bagian lain tubuh Anda, seperti USG, rontgen dada, CT scan, MRI, atau pemindaian tulang radioisotop.

● Biopsi

Biopsi mengambil sampel jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop dan merupakan cara umum untuk mendiagnosis kanker. Namun, biopsi sering kali tidak perlu untuk kanker ginjal sebelum pengobatan dan pemindaian pencitraan bagus untuk menunjukkan apakah tumor ginjal adalah kanker.

Jika Anda melakukan biopsi, itu akan menjadi biopsi jarum inti yang mana ahli radiologi intervensi akan memasukkan jarum berlubang ke dalam kulit untuk mengambil sampel jaringan.

Pengobatan untuk Kanker Ginjal

Pengobatan utama kanker ginjal adalah pembedahan, baik sendiri maupun dengan terapi radiasi (radioterapi) dan akan bergantung pada luasnya kanker. Jika Anda seorang perokok, dokter Anda akan menyarankan Anda berhenti sebelum memulai pengobatan.

● Penentuan Stadium

CT scan, scan tulang (radioisotop) dan rontgen dada dilakukan untuk menentukan sejauh mana kanker. Sistem penentuan stadium yang paling umum untuk kanker ginjal adalah sistem TNM, yang menggambarkan stadium kanker dari stadium I hingga stadium IV.

● Pengawasan Aktif

Jika tumor kecil ditemukan di ginjal Anda, dokter Anda mungkin merekomendasikan pengawasan atau observasi aktif karena kemungkinan besar tumor tersebut tidak akan agresif dan mungkin tidak akan tumbuh seumur hidup Anda. Anda akan menjalani USG atau CT scan secara teratur untuk memantau tumor.

● Operasi

Nefrektomi radikal (pengangkatan ginjal yang terkena) adalah jenis operasi yang paling umum untuk karsinoma sel ginjal.

Nefrektomi parsial (pengangkatan sebagian ginjal) dapat menjadi pilihan bagi orang-orang yang memiliki tumor kecil pada salah satu ginjalnya (kurang dari 4 cm), penderita kanker pada kedua ginjalnya, dan mereka yang hanya memiliki satu ginjal yang berfungsi.

● Ablasi Frekuensi Radio

Ablasi frekuensi radio memanaskan tumor dengan gelombang energi tinggi untuk membunuh sel kanker. Dokter Anda akan memasukkan jarum ke dalam tumor dan arus listrik teralirkan ke dalam tumor.

● Imunoterapi

Imunoterapi bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sendiri. Imunoterapi merupakan pilihan bagi penderita kanker ginjal stadium lanjut. Pemberian sitokin (protein yang mengaktifkan sistem kekebalan tubuh) dapat secara intravena atau oral, dan dapat mengecilkan kanker.

● Terapi yang Ditargetkan

Terapi yang ditargetkan mungkin dokter rekomendasikan untuk Anda jika Anda menderita kanker ginjal stadium lanjut atau kanker Anda berkembang dengan cepat. Terapi bertarget menargetkan molekul tertentu dalam sel untuk menghambat pertumbuhan sel. Pemberian obat terapi target biasanya dalam bentuk tablet atau intravena.

Penghambat tirosin kinase (TKI) telah diujicobakan pada orang dengan kanker ginjal stadium lanjut dan terbukti menyebabkan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat kemoterapi.

● Terapi Radiasi (Radioterapi)

Terapi radiasi standar tidak efektif dalam mengobati kanker ginjal primer namun dapat digunakan pada kanker ginjal stadium lanjut untuk mengecilkan tumor dan meringankan gejala.

● Perawatan Paliatif

Dalam beberapa kasus kanker ginjal, tim medis Anda mungkin berbicara dengan Anda tentang perawatan paliatif. Perawatan paliatif bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengurangi gejala kanker.

Selain memperlambat penyebaran kanker ginjal, pengobatan paliatif dapat menghilangkan rasa sakit dan membantu mengatasi gejala lainnya. Perawatan mungkin termasuk radioterapi, kemoterapi atau terapi obat lainnya.

Pencegahan

Mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan Anda dapat membantu mengurangi risiko kanker ginjal. Untuk mengurangi risiko Anda, cobalah untuk:

1. Berhenti Merokok

Jika Anda merokok, berhentilah. Ada banyak pilihan untuk berhenti merokok, termasuk program dukungan, obat-obatan, dan produk pengganti nikotin. Beritahu dokter Anda bahwa Anda ingin berhenti, dan diskusikan pilihan Anda bersama.

2. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Berusahalah untuk menjaga berat badan yang sehat. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, kurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari dan cobalah untuk aktif secara fisik hampir setiap hari dalam seminggu. Tanyakan kepada dokter Anda tentang strategi sehat lainnya untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Minta dokter Anda untuk memeriksa tekanan darah Anda pada pertemuan berikutnya. Jika tekanan darah Anda tinggi, Anda dapat mendiskusikan pilihan untuk menurunkan tekanan darah Anda. Tindakan gaya hidup seperti olahraga, penurunan berat badan, dan perubahan pola makan dapat membantu. Beberapa orang mungkin perlu menambahkan obat untuk menurunkan tekanan darahnya. Konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Beberapa gejala kanker ginjal di atas adalah umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Memiliki gejala tersebut, tidak berarti Anda menderita kanker ginjal. Namun penting untuk memeriksakannya ke dokter umum. Setidaknya, penyakit yang timbul karena kanker, jika diketahui lebih dini, penyakit ini lebih bisa diobati.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Apa Sih Penyebab Kanker Ginjal?

Cancer Council Au. Akses pada 2023. Kidney cancer | Causes, Symptoms & Treatments
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Kidney cancer – Symptoms and causes
NHS. Akses pada 2023. Overview of kidney cancer
Urology Care Foundation. Akses pada 2023. Kidney Cancer: Symptoms, Diagnosis & Treatment

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn