Apakah Benar Genre Musik Menentukan Kepribadian Diri?

Apakah Benar Genre Musik Menentukan Kepribadian Diri

ReliDoc – Jakarta. ReliFriends, musik merupakan sarana hiburan yang bisa kamu dapatkan kapan dan dimana saja, setiap kalangan pasti mempunyai genrenya masing-masing, tapi tahu nggak kalau genre musik menentukan kepribadian diri kamu? Penasaran? Yuk simak di sini!

Musik Menentukan Kepribadian Diri?

Pada dasarnya setiap orang selalu mendengarkan lagu yang sesuai dengan seleranya. Liriknya menggambarkan kehidupannya, perasaannya, situasi yang sering dialami dan cara dia menjalani kehidupan sehari-hari.

Saat seseorang sedang marah, sedih, kecewa atau bahagia, mereka mencari lirik dan mendengarkan lagu yang berhubungan dengan perasaannya. Karena itu, genre musik yang kamu dengarkan dapat mencerminkan kepribadian kamu loh.

Orang yang sering menggunakan logika cenderung mendengarkan musik rock. Sedangkan, orang yang menyukai segala sesuatu yang sistematis lebih cenderung mendengarkan musik klasik, animasi, atau musik kompleks.

Pada saat yang sama, orang yang berempati menikmati musik kontemporer yang lembut namun penuh emosi, dari indie rock, country hingga folk. Kemudian seniman biasanya lebih menyukai musik lembut yang membangkitkan reaksi emosional yang kuat.

Musik merupakan ekspresi identitas yang pada akhirnya dapat membentuk sebuah komunitas melalui kesamaan musik. Dalam hal ini musik memiliki fungsi psikologis yaitu:

  • Meningkatkan Semangat Kerja.
  • Mengulik rasa ingin tahu dan imajinasi.
  • Meningkatkan mood atau perasaan tertentu.

Kamu Perlu Mendengarkan Genre Baru!

Mendengarkan musik memiliki manfaat psikologis dan kognitif. Namun, ternyata mendengarkan musik yang tidak kamu sukai atau genre baru juga baik untuk meningkatkan kreativitas daripada mendengarkan lagu favorit yang sama berulang-ulang.

Mendengarkan musik yang tidak kamu kenal atau sukai dapat memberikan perasaan “baru”. Ini dapat membantu mengembangkan rasa dan menyempurnakan berbagai pendekatan terhadap musik.

Jadi, jika kamu ingin mengeluarkan kreativitas sebanyak mungkin ke dalam pekerjaan atau hanya mengalami kebuntuan, mendengarkan musik baru bisa menjadi solusinya. Mendengarkan musik yang tidak kamu sukai juga dapat membantu menerima perbedaan, memahami perubahan, dan menerima penjelasan mengapa orang lain menyukai musik tertentu. Kamu juga mungkin memiliki lebih banyak perspektif dan memiliki pengalaman emosional yang berbeda dari biasanya.

Karena psikologi bergantung pada jenis musik yang didengarkan, sehingga ini merupakan pengalaman positif untuk mengekspos diri kamu pada musik yang berbeda. Kamu yang dulunya lembut, bisa menjadi pribadi yang lebih bahagia dengan mendengarkan musik yang penuh motivasi dan semangat.

Sama seperti jenis musik yang kamu dengarkan memengaruhi kepribadian Anda, musik yang didengarkan memengaruhi kepribadian Anda. Musik dapat mempengaruhi fungsi kognitif, yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku. Mulai sekarang, dengarkan lagu-lagu positif dan suasana hati kamu juga akan menjadi lebih positif!

Kamu bisa juga mendengarkan musik ke konser tapi inget, kamu perlu berhati-hati dengan kerumunan ya, karena kamu bisa aja sakit loh.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Apakah Benar Genre Musik Menentukan Kepribadian Diri?

John Wiley & Sons. Akses pada 2022. Individuals’ favorite songs’ lyrics reflect their attachment style.
Plos One. Akses pada 2022. Musical Preferences are Linked to Cognitive Styles.
The Hill. Akses pada 2022. Science now says you can judge people by their taste in music after all.
Very Well Mind. Akses pada 2022. Music Preferences and Your Personality.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn