Apakah Boleh Melakukan Olahraga saat Haid?

Apakah Boleh Melakukan Olahraga saat Haid

ReliDoc – Jakarta. Mau olahraga tapi sedang haid? Apakah yang sedang menstruasi boleh untuk tetap olahraga? Yuk simak selengkapnya mengenai olahraga saat haid di bawah ini!

Olahraga saat Haid? Apakah Berbahaya?

Pada umumnya, olahraga adalah aktivitas penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, bagi wanita, adanya menstruasi atau haid seringkali membuatnya enggan untuk berolahraga.

Sebenarnya, olahraga saat sedang haid tidaklah berbahaya. Bahkan, olahraga dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang terkait dengan menstruasi, seperti kram perut, sakit kepala, dan suasana hati yang buruk. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan stres.

Namun, tentu saja ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat berolahraga saat haid.

Tips Olahraga Aman dan Nyaman saat Haid

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita ikuti untuk berolahraga dengan aman dan nyaman selama menstruasi:

1. Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Beberapa jenis olahraga yang ringan seperti yoga, berjalan kaki, bersepeda, dan berenang adalah olahraga yang cocok dilakukan saat haid. Jadi, hindari olahraga yang terlalu intens, seperti angkat beban atau lari jarak jauh.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Tentu saja, memilih pakaian yang nyaman adalah hal penting saat berolahraga saat haid. Pilih pakaian yang tidak terlalu ketat dan mudah menyerap keringat. Selain itu, pastikan juga untuk mengganti pembalut atau tampon secara teratur untuk menjaga kebersihan.

3. Hindari Gerakan yang Terlalu Keras

Beberapa gerakan yang terlalu keras atau menekan pada perut dapat meningkatkan kram perut dan membuat Anda tidak nyaman saat berolahraga. Hindari gerakan yang terlalu keras dan fokus pada gerakan yang lebih ringan dan lembut.

4. Perhatikan Intensitas Olahraga

Pastikan untuk tidak terlalu memaksakan diri saat berolahraga. Perhatikan intensitas olahraga dan jangan berlebihan sehingga tidak menyebabkan kelelahan atau cedera.

Selain menghilangkan rasa sakit, endorfin yang dilepaskan saat berolahraga dapat menimbulkan perasaan nyaman dan senang. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tetap aktif selama menstruasi dapat membantu menyeimbangkan suasana hati selama menstruasi.

Olahraga saat haid juga dapat memberikan manfaat lain, seperti memperpendek siklus haid, memperlancar aliran darah serta menghilangkan rasa lelah dan kram. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa olahraga pada saat menstruasi itu baik, bahkan sangat dianjurkan. Olahraga saat haid tidak dilarang, asalkan dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan.

Bahkan, kamu juga tidak harus berhenti berenang selama menstruasi. Namun, agar darah tidak merembes, kamu sendiri harus memilih hari saat darah haid mereda.

Itulah penjelasan tentang olahraga saat haid, jadi boleh ya kamu lakukan, tapi jangan sampai kamu sakit ya. Apabila kamu sakit, kamu bisa konsultasi kepada dokter tentang penyakit yang kamu hadapi ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Apakah Boleh Melakukan Olahraga saat Haid?

Healthline. Akses pada 2023. How Much Blood Do You Lose on Your Period?
MedicineNet. Akses pada 2023. Can You Get Menstrual Cramps After Exercise Like Running?
Verywell Health. Akses pada 2023. Why Swimming During Your Period Is Both Safe and Recommended.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn