Batuk

Batuk-batuk - Gejala, penyebab dan mengobati

ReliDoc – Jakarta. Reli Friends, kamu mengalami gejala batuk-batuk dan mau tahu lebih lanjut tentang kenapa sih bisa batuk? Dan cara pengobatannya di rumah gimana? Yuk simak seputar pengertian, apa saja yang menjadi faktor penyebabnya dan cara mengobati diri kamu di rumah pada artikel di bawah ini!

Apa Itu Batuk?

Batuk adalah tindakan refleks untuk membersihkan tenggorokan Anda dari lendir atau iritasi. Setiap orang melakukannya untuk membersihkan tenggorokan mereka dari waktu ke waktu. Akan tetapi beberapa kondisi dapat menyebabkan batuk lebih sering, seperti asma atau infeksi pernapasan, atau karena Anda mengalami kesulitan menelan.
Penyakit ini terjadi karena rangsangan tertentu, debu yang masuk ke reseptor (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Selanjutnya, reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada di otak. Lalu akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing di dalam tubuh kita, hingga terjadilah penyakit ini.

Penyebab Batuk-batuk

Sakit batuk ini sendiri berfungsi untuk melindungi Anda. Oleh karena itu, batuk mengeluarkan hal-hal yang tidak seharusnya ada di paru-paru dan tenggorokan Anda. Beberapa pemicu umum terjadinya batuk, yaitu:
– Virus.
Pilek dan flu adalah penyebab paling umum. Batuk yang “produktif” mengeluarkan lendir kuman dari paru-paru saat Anda sakit. Sebagian besar akan hilang dalam beberapa hari. Namun, setelah flu, apabila batuk bersifat “kering”, dan terjadi dalam beberapa minggu. Itu bisa jadi karena batuk mengiritasi paru-paru Anda.
– Asap kendaraan hingga lingkungan yang tidak bersih atau berdebu.
Lingkungan yang banyak polusi memicu terjadinya batuk-batuk kepada diri Anda.
– Rokok atau Vape.
Merokok adalah penyebab umum batuk. Sehingga batuk perokok mempunyai suara yang khas apabila mereka batuk.
– Memiliki Alergi atau Asma.
Jika Anda memilikinya, menghirup pemicu seperti alergi dapat menyebabkan paru-paru Anda bereaksi berlebihan. Maka batuk dilakukan untuk mengeluarkan hal-hal yang mengganggu di dalam paru-paru.

Pengobatan Batuk-batuk

Pengobatan akan tergantung pada apa yang menyebabkan batuk. Jika Anda memiliki infeksi, Dokter Anda mungkin meresepkan beberapa jenis obat antibiotik atau antivirus. Sebagian besar batuk karena virus, maka memerlukan obat antivirus.
Anda juga dapat mencoba beberapa pengobatan di rumah, untuk menenangkan dan meredakan batuk Anda.

1. Minum banyak cairan

Pada saat Anda sakit, lendir bisa menetes ke bagian belakang hidung Anda. Maka menjaga diri Anda untuk tetap terhidrasi mengencerkan tetesan sehingga kecil kemungkinannya mengiritasi tenggorokan dan memicu batuk. Ini juga memudahkan paru-paru Anda untuk membersihkan kotoran.

2. Minum minuman hangat

Penelitian menunjukkan bahwa air hangat dapat meredakan gejala pilek, termasuk batuk. Cairannya menghidrasi, dan hangatnya membantu mengurangi hidung tersumbat.

3. Hindari pemicu batuk

Jika Anda memiliki alergi atau asma, singkirkan alergen yang menjadi pemicu batuk dari rumah Anda, apabila Anda mempunyai alergi dengan hewan, mencoba untuk menghindari hewan tersebut.

4. Melakukan pengobatan

Lebih lanjut, Anda bisa menggunakan obat batuk yang dapat membantu dalam beberapa cara. Supresan mengurangi keinginan Anda untuk batuk. Ekspektoran mengencerkan lendir.

5. Stop merokok

Merokok melumpuhkan rambut-rambut kecil yang melapisi paru-paru Anda, yang disebut silia, yang membersihkan lendir dan kotoran. Itu sebabnya beberapa perokok mengalami batuk jangka panjang. Penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa hal yang sama mungkin terjadi dengan vaping. Jauhi rokok, rokok elektrik, dan asap rokok.
Baca Bahayanya Menjadi Perokok Aktif.

6. Waktu

Umumnya, penyebab batuk adalah virus dan mengingat virus itu self limited (umumnya virus akan mati dengan sendirinya, meskipun tidak semua virus), sehingga bseiring waktu pasien dapat sembuh sendiri.

Memang, kebanyakan batuk berlama-lama tidak berbahaya. Akan tetapi, Anda tidak dapat mengetahui penyebabnya sendiri. Oleh karena itu, jika batuk Anda tidak membaik setelah 1 minggu, Anda bisa menghubungi dan konsultasi dengan dokter Anda.

Secara keseluruhan, penting untuk menggunakan perangkat elektronik secara seimbang dan bertanggung jawab, daripada membiarkannya menghabiskan hidup kita. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan banyak manfaat yang mereka tawarkan sekaligus meminimalkan potensi efek negatif dari penggunaan yang berlebihan.

Apabila karena kecanduan hingga larut malam membuat kamu sakit, maka konsultasikan dengan dokter perihal penyakit kamu ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Batuk-Batuk

Cleveland Clinic. Akses pada 2024. Cough
Healthline. Akses pada 2024. Why Am I Coughing?
MedicalNewsToday. Akses pada 2024. Flu and colds: Why do we cough?
WebMD. Akses pada 2024. Cough Hacks: How to Find Relief
WebMD. Akses pada 2024. Why You Cough?

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn