Berikut Penyebab Insecure pada Orang Dewasa

Berikut Penyebab Insecure pada Orang Dewasa

ReliDoc – Jakarta. Seseorang dengan tingkat insecure atau ketidakamanan yang tinggi seringkali dapat mengalami rasa kurang percaya diri di banyak bidang kehidupan. Mereka mungkin mengalami kesulitan dalam membentuk hubungan yang langgeng atau menyelesaikan tugas sehari-hari karena merasa tidak berdaya atau tidak mampu. Jadi apa sebenarnya yang menyebabkan insecure?

Insecure pada Orang Dewasa, Kenapa Bisa?

Perasaan insecure atau kurang percaya diri muncul karena berbagai keadaan. Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Perasaan tersebut dapat disebabkan oleh pengalaman traumatik, krisis seperti perceraian atau kebangkrutan, dan mengalami kerugian, atau bahkan perasaan dalam diri sendiri seperti kegagalan atau penolakan, kecemasan sosial dan perfeksionisme.

Selain itu, ketidakpastian juga dapat muncul dari lingkungan. Karena ketidakpastian atau gangguan dalam kehidupan sehari-hari dapat memicu ketakutan dan ketidakamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang berulang kali mengalami rasa insecure mungkin juga memiliki harga diri yang rendah, bermasalah dengan fisik atau kondisi fisiknya, tidak memiliki arah atau tujuan hidup yang jelas, atau merasa diabaikan oleh orang lain.

Beberapa Penyebab Insecure pada Orang Dewasa

Berikut beberapa hal yang menyebabkan orang dewasa insecure merupakan:

1. Tuntutan Orang Lain

Alasan rasa insecure muncul pada orang dewasa yang orang tuanya terlalu menekan mereka di masa kanak-kanak. Hal ini sering terjadi karena keinginan orang tua mereka untuk sukses lebih besar dari mereka.

Bukan hanya itu saja, kondisi serupa juga dapat terjadi pada orang dewasa yang memiliki kondisi orang terdekat yang mendorongnya untuk sukses. Seringkali, keinginan atau persyaratan ini berada pada tingkat yang tidak realistis, terlepas dari kemampuan, keinginan, atau tujuan individu tersebut.

2. Diri Sendiri yang Perfeksionis

Beberapa orang memiliki standar yang sangat tinggi dalam hal hal-hal tertentu. Misalnya, kamu menginginkan nilai terbaik, pekerjaan terbaik, pasangan yang sempurna, apartemen atau rumah yang bagus, dan keamanan finansial.

Sayangnya, hidup tidak selalu berjalan sesuai keinginan kamu, tidak peduli seberapa keras kamu bekerja. Ada beberapa bagian dari hasil yang setidaknya sebagian di luar kendali manusia. Mungkin bos kamu terlalu kritis, kesulitan mendapatkan pekerjaan impian, pasangan yang menolak komitmen, atau kamu memiliki gen yang membuat sulit menurunkan berat badan.

3. Social Anxiety

Banyak dari kita mengalami kurang percaya diri dan insecure dalam situasi sosial seperti pesta, pertemuan keluarga, wawancara kerja dan kencan. Takut dihakimi dan dianggap tidak pantas oleh orang lain dapat membuat kamu merasa cemas dan tidak aman.

Akibatnya, kamu mungkin menghindari situasi sosial, merasa cemas atau merasa minder dan tidak nyaman selama acara sosial.

Jenis insecure ini biasanya didasarkan pada keyakinan yang menyimpang tentang harga diri kamu dan sejauh mana orang lain menilai kamu. Sehingga sebagian besar waktu orang yang insecure lebih fokus pada penampilan mereka.

4. Kegagalan yang Baru Terjadi

Peristiwa terkini dalam hidup kita dapat sangat memengaruhi suasana hati dan perasaan kita tentang diri kita sendiri.  Faktor negatif terbesar dalam kebahagiaan adalah ditolak atau berakhirnya suatu hubungan, diikuti oleh kematian pasangan, kehilangan pekerjaan, dan peristiwa kesehatan yang negatif.

Karena ketidakbahagiaan juga memengaruhi harga diri kamu, kegagalan dapat mengikis percaya diri kamu. Kegagalan pasti membawa kita untuk melihat diri kita sendiri dan orang lain dalam sudut pandang yang lebih negatif.

Kita harus mengetahui bahwa kegagalan adalah pengalaman yang hampir universal. Setiap orang pasti merasakan rasa gagal dalam hidupnya.

Terlepas dari alasan insecure yang membuat merasa tidak aman, tidak ada salahnya mencari bantuan profesional. Dan jika kamu merasa sakit akibat dampak negatif insecure harus dilakukan pengecekan ke dokter.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Berikut Penyebab Insecure pada Orang Dewasa

Good Therapy. Akses pada 2022. Insecurity.
Psychology Today. Akses pada 2022. The 3 Most Common Causes of Insecurity and How to Beat Them.
WebMD. Akses pada 2022. Signs of Insecurity

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn