Bermain ke Tempat Bersalju di Akhir Tahun? Ini Tips Sehatnya

Bermain ke Tempat Bersalju di Akhir Tahun Ini Tips Sehatnya

ReliDoc – Jakarta. Lagi ngerencanain jalan-jalan ke luar negeri dan main ke tempat yang bersalju? Nyari pengalaman baru gak apa-apa, tapi ingat dinginnya tidak main-main loh. Yuk simak artikel ini agar tetap sehat bermain ke tempat bersalju di akhir tahun.

Bermain ke Tempat Bersalju di Akhir Tahun

Memang, ada banyak negara yang patut dikunjungi di musim dingin, dan yang terbaik untuk kamu akan bergantung pada minat dan preferensi kamu.

Beberapa Negara yang Worth Buat Kamu Kunjungi

Beribut beberapa saran untuk negara-negara yang sangat indah di musim dingin antara lain:

  • Kanada:
    Kanada adalah negara yang luas dan beragam dengan banyak tempat indah untuk dikunjungi di musim dingin. Pegunungan Rocky sangat menakjubkan, dengan puncaknya yang tertutup salju dan gletser yang berkilauan. Kanada juga merupakan rumah bagi banyak resor ski kelas dunia, termasuk Whistler Blackcomb di British Columbia.
  • Norwegia:
    Norwegia terkenal dengan fyord-nya yang menakjubkan, yang bahkan lebih indah saat tertutup salju. Wilayah utara Norwegia, yang dikenal sebagai Kutub Utara, merupakan tempat yang tepat untuk melihat Cahaya Utara, yang sering terlihat pada musim dingin.
  • Jepang:
    Jepang adalah negara yang menarik untuk dikunjungi di musim dingin, karena memiliki banyak tradisi dan kebiasaan unik yang terkait dengan musim. Selain pemandangan indahnya yang diselimuti salju, Jepang juga memiliki banyak mata air panas, yang dikenal sebagai onsen, yang sempurna untuk menghangatkan diri di hari musim dingin.
  • Finlandia:
    Finlandia adalah negeri ajaib musim dingin, dengan hutan yang tertutup salju dan danau beku. Ini juga rumah bagi banyak kegiatan musim dingin yang unik, seperti memancing di es dan safari rusa. Kota Helsinki sangat indah di musim dingin, dengan pasar Natal yang menawan dan kafe yang nyaman.
  • Swiss:
    Swiss adalah negara yang indah untuk dikunjungi di musim dingin, dengan pegunungan yang tertutup salju dan desa yang indah. Pegunungan Alpen Swiss adalah tujuan populer untuk bermain ski dan seluncur salju, dan kota Zurich terkenal dengan pasar Natal dan suasananya yang meriah.

Tips Sehat Bermain di Tempat Bersalju

Berikut adalah beberapa tips sehat untuk membantu kamu tetap hangat selama bermain di tempat bersalju atau musim dingin:

1. Berpakaian Berlapis-lapis

Faktanya, mengenakan beberapa lapis pakaian akan memerangkap panas di antara mereka dan membuat kamu lebih hangat daripada satu lapisan tebal. Pastikan untuk memakai lapisan dasar yang terbuat dari bahan pelembab untuk membantu menjaga kulit kamu tetap kering, diikuti dengan lapisan tengah untuk insulasi, dan lapisan luar yang tahan angin dan air.

2. Lindungi Ekstremitas Kamu

Pendek kata, tangan, kaki, dan kepala kamu adalah bagian tubuh yang paling rentan kehilangan panas, jadi penting untuk menjaganya tetap hangat. Karenanya, kenakan sarung tangan atau sarung tangan, topi atau tudung, dan kaus kaki hangat.

3. Tetap Terhidrasi

Sekalipun minum banyak air penting sepanjang tahun, tetapi sangat penting terutama di musim dingin saat udara kering dan dapat membuat kamu lebih cepat dehidrasi. Karena tetap terhidrasi juga akan membantu menjaga kulit kamu agar tidak kering dan pecah-pecah.

4. Hindari Kafein dan Alkohol

Rupanya kafein dan alkohol dapat membuat kamu dehidrasi, yang dapat membuat kamu merasa lebih dingin. Minumlah teh atau kopi panas sebagai gantinya, yang akan membantu menghangatkan kamu dari dalam ke luar.

5. Tetap Aktif

Utamanya tubuh kamu menghasilkan panas saat kamu aktif, jadi usahakan untuk bergerak secara teratur agar tetap hangat. Sehingga berjalan-jalan, melakukan peregangan, atau bersepeda untuk menjaga aliran darah dan suhu tubuh kamu tetap tinggi.

6. Jaga agar Tempat Tinggal Kamu Tetap Hangat

Pastikan tempat tinggal kamu diisolasi dengan baik dan kamu memiliki sistem pemanas yang baik agar tetap hangat. Jaga agar pintu dan jendela tetap tertutup untuk mencegah aliran udara, dan pertimbangkan untuk menggunakan penghenti angin untuk menutup celah di sekitarnya.

7. Gunakan Pelembap

Tentu saja, udara kering dapat menyebabkan kulit dan selaput lendir mengering, yang dapat membuat kamu merasa lebih dingin. Humidifier dapat membantu menambah kelembapan udara dan membuat kamu lebih nyaman.

8. Batasi Waktu Kamu di Luar Ruangan

Jika cuaca sangat dingin, cobalah batasi waktu kamu di luar ruangan untuk menghindari hipotermia. Namun, bila kamu harus pergi ke luar, pastikan untuk menutupi semua kulit yang terbuka dan kenakan pakaian hangat.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika kamu pergi ke tempat yang bersalju dan dingin ya ReliFriends. Tapi kalau semisal kamu balik lagi ke Indonesia, dan merasa tidak enak badan, bkamu bisa konsultasi dan menghubungi dokter untuk penanganan yang tepat ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Bermain ke Tempat Bersalju di Akhir Tahun? Ini Tips Sehatnya

CDC. Diakses pada 2022. Healthy Habits to Help Protect Against Flu
CDC. Diakses pada 2022. Prevention Strategies for Seasonal Influenza in Healthcare Settings
Healthline. Diakses pada 2022. The Secrets to Never Getting Sick

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn