Buah yang Baik bagi Penderita Diabetes

Buah yang Baik bagi Penderita Diabetes

ReliDoc – Jakarta. Bagi penderita penyakit gula darah tinggi, mengikuti pola makan yang sehat sangatlah penting. Pola makan yang seimbang dapat membantu penderita mengontrol gula darah dan mengurangi risiko terjadinya kondisi kesehatan lain yang berhubungan dengan penyakit gula, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Yuk kenali buah yang baik bagi penderita diabetes pada artikel ini!

8 Buah yang Baik bagi Penderita Diabetes

Percaya atau tidak, anggapan bahwa buah tidak aman bagi penderita penyakit gula darah tinggi adalah mitos populer yang telah terbantah berulang kali. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa jumlah buah segar yang tinggi terkait dengan risiko penyakit ini yang lebih rendah, serta komplikasi yang lebih sedikit bagi orang yang sudah menderita penyakit ini. Sementara itu, orang yang mengonsumsi makanan kaya buah-buahan utuh memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena diabetes tipe 2.

Lantas, bagaimana cara memilih buah terbaik untuk penyakit gula? Memang, beberapa bentuk buah, seperti jus buah, buah kalengan atau buah kering, bisa berdampak buruk bagi penyakit gula darah bila mengandung pemanis tambahan. Namun, buah utuh yang segar seperti beri, jeruk, aprikot, dan ya, bahkan apel, bisa menjadi cara yang sehat untuk memuaskan rasa manis Anda, juga mendapatkan vitamin dan mineral penting. Berikut ini adalah 8 buah yang baik bagi penderita diabetes:

1. Beri

Baik itu penderita menyukai blueberry, stroberi, atau buah beri lainnya, para ahli telah membolehkan penderita penyakit gula untuk menikmatinya. Buah beri adalah makanan super bagi penderita penyakit gula karena kaya akan antioksidan dan serat. Setidaknya, satu cangkir blueberry segar memiliki 84 kalori dan 21 g karbohidrat.

2. Ceri

Satu cangkir ceri asam memiliki 52 kalori dan 12,6 g karbohidrat. Dan buah-buahan ini mungkin sangat baik melawan peradangan, berkat antioksidannya, yang terbukti melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Ceri asam dapat kita beli segar, kalengan, beku, atau dikeringkan. Namun karena banyak buah kalengan mengandung tambahan gula, yang dapat meningkatkan gula darah Anda, pastikan untuk memeriksa labelnya. Ceri kering tanpa tambahan gula adalah pilihan yang sehat, tetapi jangan memakannya sampai Anda kenyang.

3. Persik

Karena buah persik yang segar dan harum adalah camilan cuaca hangat yang dapat Anda masukkan ke dalam makanan ramah penyakit gula darah tinggi. Satu buah persik berukuran sedang mengandung 59 kalori dan 14 g karbohidrat. Ia juga memiliki 10 mg vitamin C, yang menjadikannya sumber nutrisi yang baik, dan juga merupakan sumber kalium atau potasium yaitu 285 mg. Vitamin C melakukan segalanya mulai dari membantu tubuh Anda membentuk pembuluh darah dan tulang rawan hingga membantu proses penyembuhan tubuh Anda. Kalium atau potasium, pada sisi lain, bertindak sebagai elektrolit, membantu menormalkan kadar cairan dalam sel kita.

4. Aprikot

Tentu saja, buah aprikot adalah makanan musim panas yang manis dan tambahan yang bagus untuk rencana makan bagi penderita penyakit ini. Satu aprikot hanya memiliki 17 kalori dan 4 g karbohidrat. Empat buah segar berukuran kecil menyediakan 0,134 mg kebutuhan vitamin A harian Anda, yang merupakan sumber nutrisi yang sangat baik. Vitamin A penting untuk penglihatan dan sistem kekebalan tubuh Anda, dengan sejumlah peran nutrisi lainnya.

5. Apel

Satu buah apel sehari mungkin dapat menjauhkan Anda dari dokter. Masukkan satu ke dalam dompet atau tas jinjing Anda jika Anda sedang bepergian; apel ukuran sedang adalah pilihan buah yang bagus, dengan 95 kalori dan 25 g karbohidrat. Jika Anda mencoba mempertahankan kurang dari 15 g karbohidrat per porsi, nikmati setengahnya. Apel kaya akan serat (sekitar 4 g per buah berukuran sedang, menjadikannya sumber yang baik) dan mengandung sejumlah vitamin C, dengan satu apel berukuran sedang menyediakan 8,37 mg.

6. Jeruk

Kapanpun, makanlah satu buah jeruk berukuran sedang dan Anda akan mendapatkan hampir semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari, yaitu 63 mg, yang menjadikannya sumber vitamin C yang sangat baik. Nyatanya, pilihan lezat ini hadir dengan 16 g karbohidrat dan 65 kalori. Bahkan, satu jeruk ukuran sedang juga mengandung folat (0,024 mg), yang membantu pembentukan sel darah merah, dan kalium atau potasium (238 mg), yang dapat menormalkan tekanan darah. Dan selagi Anda menikmati suguhan lezat ini, jangan lupakan buah jeruk lainnya, seperti jeruk bali, yang juga merupakan pilihan bagus untuk penderita penyakit ini.

7. Pir

Ternyata, buah pir adalah sumber serat yang sangat baik. Faktanya, satu buah pir ukuran sedang mengandung hampir 5,5 g serat atau fiber. Selain itu, tidak seperti kebanyakan buah, tekstur dan rasanya sebenarnya membaik setelah dipetik. Simpan pir Anda pada suhu kamar sampai matang dan cocok untuk kita konsumsi, kemudian dapat juga kita simpan dalam lemari es.

8. Kiwi Hijau

Seperti yang mungkin Anda ketahui, kulit buah kiwi yang berwarna coklat  menyembunyikan buah hijau cerah yang segar. Terpenting, satu buah kiwi yang lezat adalah sumber vitamin C yang sangat baik dan memberi Anda sedikit kalium atau potasium dan serat sebagai tambahan. Tentunya, satu buah kiwi juga memiliki sekitar 48 kalori dan 11 g karbohidrat, jadi ini merupakan tambahan cerdas untuk diet ramah bagi penderita sakit gula. Kiwi tersedia sepanjang tahun dan dapat bertahan dalam lemari es hingga tujuh hari.

Penutup

Ringkasnya, kebanyakan penderita penyakit gula dapat menikmati buah utuh yang segar secara teratur tanpa berdampak negatif pada kadar gula darahnya. Meskipun semua buah-buahan segar merupakan pilihan yang sehat, buah-buahan tertentu, seperti buah beri, jeruk, dan apel, mungkin menawarkan manfaat kesehatan khusus bagi penderita diabetes tipe 2, seperti meningkatkan kadar gula darah setelah makan dan menurunkan tekanan darah. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang memasukkan buah sebagai bagian dari pola makan ramah penyakit gula, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran diet individual.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Buah yang Baik bagi Penderita Diabetes

Everyday Health. Akses pada 2023. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet
WebMD. Akses pada 2023. Diabetes and Fruit
Health. Akses pada 2023. Fruits Good for Diabetes: 5 Options To Stock up On

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn