Cara Mengatasi Anus Gatal yang Bikin Tidak Nyaman

Cara Mengatasi Anus Gatal yang Bikin Tidak Nyaman

ReliDoc – Jakarta. Penyebab anus gatal secara garis besar dekat kaitannya dengan pola hidup bersih. Kondisi ini membuat penderitanya serba salah jika ingin menggaruk anus apalagi jika rasa gatal menyerang di tengah keramaian. Tidak ingin kondisi itu menyerang kamu? Yuk, ketahui penyebab dan cara mengatasi anus gatal yang bikin tidak nyaman di bawah ini!

Anus Gatal yang Bikin Tidak Nyaman

Memang, kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan serba salah bagi penderitanya. Namun anus gatal atau yang disebut juga pruritus ani merupakan hal yang sering ataupun lumrah terjadi. Anus gatal ini juga dapat menimbulkan rasa gelisah yang berlebihan kepada penderitanya dan bahkan membuat penderita menggaruk bagian anus yang gatal dengan sangat kuat dan hal itu dapat memperburuk kondisi. Pada dasarnya anus gatal dapat hilang dengan cepat dan tidak perlu penanganan khusus, namun tetap saja harus kita perhatikan agar tidak menyerang. Ada beberapa penyebab dari anus gatal yang harus kamu ketahui.

Penyebab Anus Gatal

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan gatal pada bagian anus:

● Area Dubur yang Tidak Bersih

Hal ini perlu kita perhatikan, jika selesai membuang air besar alangkah baiknya jika dapat membersihkan dubur dengan baik dan benar, agar terhindar dari bakteri-bakteri yang menimbulkan reaksi gatal.

● Eksim

Ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan ruam merah yang bersisik dan gatal.

● Infeksi Jamur

Kondisi anus yang tidak bersih atau lembab dapat memberi ruang bagi jamur untuk bertumbuh, dan hal ini dapat menyebabkan anus gatal.

● Ambeien

Sakit ambeien atau yang disebut juga wasir dapat menimbulkan reaksi gatal pada anus.

● Cacingan

Tentu saja, cacingan sudah sangat diketahui oleh banyak orang. Jelas, bahwa ketika mengalami cacingan reaksi yang akan kita rasakan adalah gatal pada bagian anus.

● Iritasi

Demikian pula, penyebab ini sudah sangat umum diketahui. Iritasi pada area anus disebabkan oleh penyakit kulit, seperti kudis atau salah memilih produk pembersih dapat menimbulkan rasa gatal.

● Infeksi Penyakit Menular Kelamin

Kondisi ini terjadi karena adanya penyakit menular kelamin seperti gonore, herpes dan lainnya yang menyebabkan peradangan dan reaksi gatal.

Namun jika rasa gatal yang dialami terus menerus dan semakin parah, anus terasa perih atau bahkan terjadi pendarahan hal ini harus segera di konsultasikan dengan dokter.

Cara Mengatasi Anus Gatal

Seperti pada penjelasan di atas, penyakit ini memerlukan kebersihan yang baik pada area anus agar terhindar dari rasa gatal. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa gatal pada anus:

1. Mengenakan Dalaman yang Berbahan Katun

Kain dengan berbahan katun memiliki daya serap yang baik dan hal ini dapat melindungi bagian anus dari kelembaban.

2. Menjaga Kebersihan Anus

Hal ini sangat penting untuk kita sadari. Bukan hanya untuk menghindari atau mengobati rasa gatal pada bagian anus, tetapi hal ini juga baik untuk tubuh dan kulit. Bersihkanlah area anus dengan baik apalagi setelah membuang air besar maupun kecil. Cucilah dengan air bersih dan sabun yang tepat (hindari sabun pembersih yang mengandung bahan iritan), jika pelru basuhlah menggunakan air hangat agar mematikan kuman/bakteri yang ada, kemudian lap kering menggunakan handuk yang lembut ataupun tisu kering.

3. Jangan Menggaruk Area Anus

Anus yang gatal jika semakin kita garuk akan terasa lebih gatal dan dapat menyebabkan lecet ataupun iritasi, itu mengapa perlu untuk tidak menggaruk agar terhindar dari resiko yang lebih parah. Jika tidak tahan dengan rasa gatalnya, lebih baik mencuci atau membersihkannya menggunakan air hangat.

4. Menggunakan Salep atau Krim

Gunakan salep atau krim untuk mengurangi rasa gatal atau peradangan pada area anus, tapi ingat untuk selalu konsultasi sebelum membeli salep atau krim agar tidak salah.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja penyebab dari anus gatal. Sangat perlu untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan rasa gatal dan membuat diri tidak nyaman.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Mengatasi Anus Gatal yang Bikin Tidak Nyaman

Klik Dokter. Akses pada 2023. Penyebab Anus Gatal.
Hello Sehat. Akses pada 2023. 11 Penyebab Anus Gatal.
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Anal itching.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn