Cara Mengatasi Sakit Leher Belakang

Cara Mengatasi Sakit Leher Belakang

ReliDoc – Jakarta. Pegal-pegal dan sakit leher di bagian belakang? Sakit leher dapat timbul oleh otot leher yang tegang, saraf terjepit, atau persendian yang terkalsifikasi atau terjadi pengerasan. Biasanya, nyeri leher atau neck pain bukan merupakan kondisi serius yang perlu dipantau. Kondisi ini dapat sembuh dalam beberapa hari atau minggu tanpa pengobatan khusus. Bagaimana cara mengatasi sakit leher belakang? Simak selengkapnya pada artikel berikut ya.

Penyebab Sakit Leher Belakang

Umumnya, sakit leher belakang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti posisi tidur yang salah, tekanan berlebihan pada otot leher, cedera, ketegangan otot, atau masalah lain yang melibatkan tulang belakang atau saraf. Faktanya, nyeri leher dianggap sebagai masalah kesehatan masyarakat. Singkatnya, nyeri leher merupakan keluhan umum masyarakat global. Ada banyak penyebab sakit leher belakang. Dari beberapa penyakit, postur tidur yang buruk, cedera olahraga, kebiasaan buruk lainnya. Misalnya bekerja seharian dengan postur tubuh yang kurang baik.

Gejala Umum

Berikut ini adalah gejala umum bagi penderita sakit leher belakang:

  • Nyeri di area leher yang terjadi setelah bekerja dalam posisi diam dalam jangka waktu yang lama (misalnya, melihat ke bawah dalam jangka waktu yang lama)
  • Ketegangan di leher, bahu, bahkan di belakang kepala.
  • Nyeri saat menggerakkan leher.

Cara Mengatasi Sakit Leher Belakang

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu cara mengatasi sakit leher belakang:

1. Istirahat

Cobalah untuk menghindari aktivitas yang menyebabkan lebih banyak rasa sakit pada leher belakang. Berikan waktu istirahat yang cukup agar otot dan jaringan di daerah tersebut dapat pulih.

2. Pemanasan dan Peregangan

Setidaknya, lakukan pemanasan ringan sebelum melakukan aktivitas fisik yang berat dan lakukan peregangan leher secara teratur untuk mengurangi ketegangan pada otot.

3. Posisi Tidur yang Tepat

Pastikan Anda tidur dengan posisi yang baik untuk menjaga leher dalam posisi yang alami dan bebas dari tekanan yang berlebihan.

4. Penggunaan Bantal yang Tepat

Selain itu. gunakan bantal yang mendukung leher agar tidak terjadi regangan berlebihan saat tidur.

5. Pijatan

Lebih lanjut, pijat leher secara lembut atau berkonsultasi dengan seorang ahli pijat untuk membantu mengurangi ketegangan otot di leher.

6. Kompres Hangat atau Dingin

Pendek kata, kompres hangat dapat membantu meredakan ketegangan otot, sedangkan kompres dingin dapat mengurangi peradangan.

7. Hindari Mengangkat Beban Berat

Jika memungkinkan, hindari mengangkat beban berat yang dapat meningkatkan tekanan pada leher belakang.

8. Latihan Fisik

Lakukan latihan fisik secara teratur untuk menjaga fleksibilitas dan kekuatan otot di sekitar leher dan punggung.

9. Hindari Posisi yang Tidak Nyaman

Sebaiknya, hindari posisi yang memaksa leher untuk menekuk atau memutar secara berlebihan.

10. Konsultasi dengan Profesional Medis

Hal yang terpenting, jika sakit leher belakang berlanjut atau semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli fisioterapi untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Itu dia penjelasan mengenai cara mengatasi sakit leher belakang. Walaupun nyeri leher atau neck pain bukan merupakan kondisi serius. Kondisi ini dapat sembuh dalam beberapa hari atau minggu tanpa pengobatan khusus. Namun, jika rasa sakit berlangsung lama atau semakin buruk, segera konsultasikan dengan dokter, agar dapat ditangani dengan tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Mengatasi Sakit Leher Belakang

Mayo Clinic. Akses pada 2023. Neck pain: Symptom When to see a doctor.
Healthline. Akses pada 2023. Neck Pain: Symptoms, Causes, Treatment, and More.
Spine-health. Akses pada 2023. All About Neck Pain.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn