Cara Mengatasi Sakit Mata Belekan

Cara Mengatasi Sakit Mata Belekan

ReliDoc – Jakarta. Apakah kamu sering mengalami mata belekan? Pastinya sangat mengganggu aktivitasmu. Yuk, simak selengkapnya cara mengatasi sakit mata belekan di bawah ini!

Normalkah Mata Belekan?

Tentunya, sakit mata belekan sudah menjadi hal yang biasa kita dengar. Hal ini pun umum dan menganggapnya hal yang lumrah terjadi. Apalagi saat baru beristirahat panjang atau saat sedang sakit mata. Mata belekan merupakan kondisi yang mana mata memiliki sisa kotoran menumpuk yang berbentuk lendir di pojok mata atau sepanjang bulu mata. Selanjutnya, kotoran pada mata tersebut terbentuk dari campuran produk limbah, debu, iritan, atau hal yang masuk di mata, yang menyebabkan mata terasa gatal dan berair. Pada dasarnya mata belekan adalah hal yang normal. Namun jika terdapat perubahan yang konsisten dari tekstur, jumlah, warna dan disertai dengan rasa sakit, hal ini harus dikonsultasikan apakah terjadi infeksi atau tidaknya. 

Penyebab Mata Belekan

Berikut penyebab dari belek pada mata yang terbagi dalam beberapa bagian, seperti:

1. Iritasi pada Mata

Umumnya, iritasi pada mata terjadi karena adanya debu atau kotoran yang masuk ke dalam mata dan menyebabkan rasa gatal dan mata merah berair, dan kondisi ini dapat menyebabkan mata menjadi belekan.

2. Penyumbatan Kelenjar Air Mata

Hal ini terjadi saat sistem drainase air mata tersumbat dan menyebabkan air mata tidak dapat keluar sehingga mata menjadi lembab dan menimbulkan belek.

3. Mata Kering

Kondisi ini dapat menimbulkan belek yang tidak wajar karena mata tidak menghasilkan air mata yang cukup. Belek yang dihasilkan pun bertekstur kering.

4. Bintitan

Tentu saja, hal ini menjadi penyebab paling umum terdapatnya belek di mata. Karena kondisi ini menyebabkan adanya benjolan kecil serupa jerawat di bagian kelopak luar mata, hal ini dapat disebabkan karena infeksi bakteri. Bintitan dapat terjadi, baik di kelopak mata bagian luar maupun dalam.

5. Tidur Terlalu Lama atau Menangis saat Tidur

Demikian pula, tidur terlalu lama ataupun menangis saat kamu tidur, juga dapat menyebabkan mata kamu belekan.

Cara Mengatasi Mata Belekan

Pada banyak kasusnya, belekan tidak memiliki pengobatan khusus, karena hal ini dapat hilang atau sembuh dengan sendirinya. Asalkan jangan menambah risiko dengan mengucek-ngucek bagian mata saat sedang menderita belekan. Belek dapat hilang dengan mengusapnya secara perlahan atau membersihkannya dengan kain basah yang bersih.

Akan tetapi, ada beberapa kasus belekan yang sulit ditangani seperti, belek yang mengeras seperti kerak akibat keadaan tertentu. Dengan itu perlu untuk diketahui, cara mengatasi mata belekan dengan baik:

  • Sebelum memegang bagian mata, sebaiknya membersihkan tangan terlebih dahulu agar tidak ada bakteri baru yang masuk ke mata.
  • Menggunakan obat tetes mata.
  • Usap belek di mata dengan pelan, jangan mengucek mata saat membersihkan belek.
  • Hindari penggunaan barang seperti handuk, alat mandi dan makeup, hal ini untuk menghindari bakteri baru yang akan menempel di badan.
  • Hindari penggunaan softlens dengan durasi yang sangat lama
  • Pastikan kebersihan sprei, bantal dan selimut.
  • Menggunakan resep antibiotik (harus berdasarkan resep atau saran dokter).

Dengan hal di atas kamu dapat melakukan pencegahan dengan cara menjaga kesehatan mata, melindungi mata dari kelembaban yang berlebihan, rutin membersihkan mata dari bagian luar mata, ingat untuk selalu membersihkan tangan sebelum menyentuh bagian mata.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Mengatasi Sakit Mata Belekan

NHS. Akses pada 2022. Watering eyes.
Healthline. Akses pada 2022. Why Are My Eyes Watering?
American Optometric. Akses pada 2023. Dry Eye
MedicineWise. Akses pada 2023. Common eye infections Centers for Disease Control.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn