Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Cara Menjaga Berat Badan Ideal

ReliDoc – Jakarta. Masih melakukan diet untuk menjaga berat badan dan menjalankan pola hidup sehat? Apakah cara itu efektif untuk tubuh kamu? Yuk, ketahui cara menjaga berat badan ideal di bawah ini!

Wujudkan Berat Badan Ideal Kamu

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang ideal ? Tentunya semua dari kita menginginkan hal itu. Dengan tubuh yang ideal, kepercayaan diri tentunya akan meningkat. Namun, sering kali cara yang kita pilih untuk mendapatkan berat badan ideal adalah diet, bahkan sampai ada yang melakukan diet ekstrim. Sudah pasti dengan cara diet yang salah tubuh kamu akan mendapatkan efek negatif.

Menjaga berat badan tentunya berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti kita ketahui memiliki berat badan yang berlebihan bisa menjadi pemicu penyakit lainnya. Banyak yang berfikir, menjaga berat badan adalah hal yang sulit. Namun pada nyatanya tidak. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kamu sudah bisa menjaga berat badan dan kamu dapat terhindar dari obesitas dan penyakit lainnya.

Untuk mengetahui berat badan sudah ideal atau belum ada rumusnya, yaitu menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh) atau istilah dalam bahasa Inggris BMI (Body Mass Index). Rumusnya adalah IMT = Berat Badan (Kg) : (Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)).

Perlu diketahui, jika hasil IMT kurang dari 18,5 artinya berat badan kamu kurang, jika hasilnya 18,5 – 24,9 berarti berat badan kamu normal(ideal), namun jika 25 – 27 berat badan sudah berlebih dan jika hasilnya lebih dari 27 itu tandanya obesitas.

Cara Menjaga Berat Badan

Dengan penjelasan diatas, diet adalah salah satu cara yang sangat sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tidak jarang cara ini gagal dan malah menimbulkan penyakit bagi tubuh. Berikut cara menjaga berat badan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

1. Mengontrol Makanan yang Dikonsumsi

Faktor umum yang memengaruhi naiknya berat badan sudah pasti makanan. Dengan itu kita perlu untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat meningkatkan berat badan dengan sangat cepat. Kamu dapat menulis menu makanan yang boleh dikonsumsi dan perlu untuk dikurangi. Kamu juga perlu memilih makanan yang mengandung nutrisi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, mineral vitamin dan serat) seperti mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, susu dan oat. Dengan begitu kamu dapat mengontrol diri dan nafsu makan kamu. Hal ini juga dapat membuat pola makan kamu menjadi lebih sehat dan teratur.

2. Membuat Jadwal Makan dan Mengatur Porsi Makan

Ternyata jam makan adalah hal yang penting untuk kita perhatikan, dengan jadwal makan yang tepat dan porsi makan yang cukup maka berat badan kamu akan tetap stabil. Seperti diketahui makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Jika perut kosong maka tubuh akan lemas dan bahkan sakit. Jadwal makan yang kita ketahui adalah 3x sehari (pagi(05.00 – 09.00), siang(12.00 – 14.00) dan malam (18.00 – 20.00)). Hal yang penting namun sering kali dilupakan adalah sarapan. Jika ingin menjaga berat badan ideal, sarapan harus dilakukan, karena dengan sarapan kamu dapat menjaga rasa kenyang hingga siang hari dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Biasakan untuk tidak mengonsumsi makanan berat setelah jam 22.00 malam.

3. Konsumsi Air yang Banyak

70% dalam tubuh mengandung air. Sudah pasti tubuh memerlukan asupan air yang banyak. Setiap harinya tubuh memerlukan air sebanyak 1,5 –  2 liter atau 8 gelas sehari. Air juga dapat membantu dalam mencegah rasa lapar. Minum 1 gelas air sebelum makan dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih cepat.

4. Jangan Begadang

Banyak orang yang ingin berat badan yang ideal namun masih sering tidur larut atau bahkan begadang hingga pagi hari. Hal ini akan membuat kamu mengkonsumsi makanan tengah malam dan malah membuat berat badan kamu naik dan sudah pasti kebiasaan ini memberi efek buruk untuk kesehatan.

5. Rutin Berolahraga

Tubuh memerlukan gerak yang cukup setiap harinya. Dengan berolahraga tubuh dapat memenuhi geraknya dan melatih otot. Rutin berolahraga dapat membantu tubuh membakar lemak yang jahat dan berlebih yang menumpuk dan tentunya cara ini efektif untuk menjaga kestabilan berat badan.

Itu dia 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga berat badan ideal. Tidak perlu diet bahkan diet ekstrim lagi ya. Kamu juga bisa melakukan konsultasi gizi dengan ahlinya untuk tau makanan apa saja yang tubuh kamu perlu dan tidak perlukan.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Kemkes. Akses pada 2023. Tiga Langkah Mudah untuk Mewujudkan Berat Badan yang Ideal!
Healthline. Akses pada 2023. Eating the Right Foods for Exercise.
WebMD. Akses pada 2023. How to Boost Your Metabolism with Exercise.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn