Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anak Anda

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anak Anda

ReliDoc – Jakarta. Selamat Hari Jantung Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 29 September. Tahun 2023 ini mengusung tema global ‘Use Heart, Know Heart’ dan tema nasional ‘Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Jantungmu’. Pada artikel kali ini mengenai cara menjaga kesehatan jantung anak Anda!

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anak?

Kendalikan kesehatan jantung anak Anda dengan mengembangkan kebiasaannya sekarang! Tentunya hal ini akan memberikan manfaat di kemudian hari. Menurut ahli jantung anak, cara paling efektif untuk melakukan hal ini adalah dengan menjadikan hidup sehat sebagai prioritas bagi seluruh keluarga.

Olh karena itu, jika seorang anak melihat bahwa makan dengan baik dan banyak berolahraga adalah penting bagi ibu, ayah, dan anggota keluarga lainnya. Maka kemungkinan besar dia akan menerapkan gaya hidup serupa seiring bertambahnya usia.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung anak:

1. Rajin Berolahraga

Pastinya, rajin berolahraga itu bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi, mulailah berolahraga bersama keluarga, seperti bersepeda, berjalan-jalan, berenang atau bermain di luar.

2. Bersikap Positif

Selain itu, jadikan menjaga kesehatan jantung  itu hal yang menyenangkan, dengan memasukkan permainan ke dalam aktivitas keluarga Anda atau berjalan-jalan ke taman untuk makan malam piknik yang sehat. Rayakan kesuksesan untuk meningkatkan rasa percaya diri yang positif.

3. Batasi Waktu Penggunaan Gadget

Ringkasnya, waktu menatap layar yang berlebihan menyebabkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan ngemil terus-menerus, yang meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular. Setidaknya, batasi waktu menonton TV, komputer, dan telepon hingga dua jam setiap hari.

4. Jadwalkan Pemeriksaan sebelum Olahraga

Jika anak Anda seorang atlet, mintalah dia mengunjungi dokter anak untuk pemeriksaan fisik guna menyingkirkan risiko kematian jantung mendadak. Meskipun hal ini jarang terjadi pada remaja yang tampak sehat, hal ini harus diatasi untuk mengidentifikasi mereka yang berisiko.

5. Belanja Bahan Makanan Bersama

Pelajari lebih lanjut tentang membaca label nutrisi dan menjadikannya menyenangkan bagi anak Anda. Makanan pokok di dapur Anda harus 100 persen gandum atau biji-bijian, produk susu rendah lemak, unggas, ikan, dan kacang-kacangan.

6. Sediakan Pilihan Menu yang Sehat

Saat anak Anda pulang sekolah, berikan dia pilihan camilan sehat seperti biskuit gandum utuh dan keju string, saus hummus dan sayuran, yogurt dengan irisan apel, kacang-kacangan, dan buah kering.

7. Jadikan Makan Malam sebagai Acara Keluarga

Tentu saja, semua anggota keluarga bisa membagi tugas untuk menyiapkan makan malam. Libatkan anak Anda dalam memasak dan merencanakan  menu hidangan untuk makan malam sebagai acara keluarga.

8. Periksa Asupan Garam

Mengurangi konsumsi garam dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Jadi, sebaiknya hindari makanan olahan dan jauhkan tempat garam dari meja.

9. Tetap Terlibat

Jadilah pembela bagi anak Anda dan orang lain. Bersikeraslah pada pilihan makanan yang baik di sekolah. Pastikan dokter anak Anda memantau indikator kardiovaskular seperti BMI, tekanan darah, dan

10. Bersikaplah Realistis

Tetapkan tujuan dan batasan yang realistis. Langkah kecil dan perubahan bertahap dapat membawa perubahan besar pada kesehatan anak Anda seiring berjalannya waktu, jadi mulailah dari hal kecil dan tingkatkan.

Anda mungkin menganggap penyakit jantung sebagai masalah orang dewasa, bukan anak kecil Anda. Perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet yang seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres yang baik) harus mulai sejak masa kanak-kanak, karena itu dapat memulai kesehatan jantung seumur hidup. Selamat Hari Jantung Sedunia!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anak Anda

Childrens’s Health. Akses pada 2023. 10 ways to keep your child’s heart healthy
Stanford Medicine Children’s Health. Akses pada 2023. Prevention of Heart Disease Starts in Childhood
Kemkes. Akses pada 2023. Cegah Penyakit Jantung dengan Menerapkan Perilaku CERDIK dan PATUH

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn