Cara Menjaga Kesehatan saat Cuaca Panas Minta Ampun

Cara Menjaga Kesehatan saat Cuaca Panas Minta Ampun

ReliDoc – Jakarta. Cuaca panas yang ekstrem dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Meskipun tingkat suhu ekstrem berbeda-beda di setiap wilayah, kita harus selalu menjaga agar tetap sehat. Mari simak cara menjaga kesehatan saat cuaca panas minta ampun pada artikel ini!

Cara Menjaga Kesehatan saat Cuaca Panas

Pastinya, penting untuk tetap sehat dalam cuaca panas. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan Anda saat cuaca panasnya minta ampun:

1. Minum Banyak Air Putih

Minumlah banyak cairan terutama air putih, sebelum Anda merasa haus untuk mengurangi risiko dehidrasi (tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh). Rasa haus bukanlah indikator dehidrasi yang baik, yaitu ketika Anda tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh.

  • Ingatkan diri Anda untuk minum air lebih sering.
  • Memberi rasa pada air dengan irisan buah, sayuran, atau herba mungkin membuatnya lebih menarik.
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran karena memiliki kandungan air yang tinggi.
  • Minumlah air sebelum, selama dan setelah aktivitas fisik.

Berhati-hatilah saat menggunakan obat-obatan atau alkohol, karena hal ini mungkin berdampak lebih buruk dari yang Anda harapkan atau dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Berpakaianlah sesuai Cuaca

Kenakanlah pakaian yang longgar, berwarna terang, dan topi bertepi lebar yang terbuat dari kain yang menyerap keringat. Saat Anda membeli kacamata hitam, pastikan kacamata tersebut memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Hindarilah dari panas matahari.

Jika Anda harus melakukan aktivitas fisik di cuaca yang sangat panas, istirahatlah lebih lama, lepaskan perlengkapan agar tubuh Anda dingin dan minum banyak air. Jangan beraktivitas seperti biasa dalam cuaca panas. Berikan waktu pada tubuh Anda untuk pulih setelah terkena panas.

3. Menjaga Ruangan Tetap Sejuk

Berikut beberapa hal yang dapat menjaga ruangan tetap sejuk, seperti:

  • Buatlah makanan yang tidak perlu dimasak dalam oven.
  • Cegah sinar matahari masuk dengan menutup jendela dengan gorden atau kerai pada siang hari.
  • Jika aman, buka jendela rumah di malam hari agar udara sejuk masuk ke rumah Anda.
  • Jika Anda memiliki AC, aturlah ke pengaturan yang nyaman (antara 22ºC dan 26ºC).

4. Hindari Paparan Cuaca Panas saat Aktivitas Luar Ruangan

Cobalah untuk membatasi aktivitas luar ruangan Anda hanya pada saat cuaca paling sejuk, seperti pagi dan sore hari. Sering-seringlah beristirahat di tempat yang teduh agar tubuh Anda memiliki kesempatan untuk pulih. Untuk anak-anak, batasi waktu bermain pada waktu puncak paparan sinar matahari.

5. Kurangi Olahraga saat Cuaca Panas

Sebaiknya kurangi kegiatan olahraga saat cuaca panas ekstrem. Jika aktivitas dengan cuaca panas membuat jantung berdebar kencang dan membuat Anda terengah-engah, hentikan semua aktivitas. Pergilah ke tempat yang sejuk atau teduh, dan istirahatlah, terutama jika Anda merasa pusing, bingung, lemah, atau pingsan.

6. Kenakan Tabir Surya atau Sunscreen

Luka bakar akibat sinar matahari memengaruhi kemampuan tubuh untuk mendinginkan tubuh dan dapat membuat Anda mengalami dehidrasi. Jika Anda harus keluar rumah, lindungi diri Anda dari sinar matahari dengan mengenakan topi bertepi lebar atau menggunakan payung, kacamata hitam, dan mengoleskan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi 30 menit sebelum keluar. Terus gunakan kembali sesuai petunjuk penggunaannya.

7. Hindari Makanan Panas dan Berat

Makanan panas dan berat menambah panas pada tubuh Anda. Pilihlah makanan ringan seperti salad. Makanlah dalam porsi kecil dan makan lebih sering.

8. Jangan Tinggalkan Anak dan Hewan Peliharaan di Dalam Mobil

Mobil dapat dengan cepat memanas hingga mencapai suhu berbahaya, bahkan saat jendela terbuka. Siapa pun yang tertinggal di dalam mobil yang diparkir berisiko, anak-anak khususnya, berisiko terkena heat stroke atau serangan panas bahkan kematian. Jadi, jangan pernah meninggalkan bayi, anak-anak, atau hewan peliharaan di dalam mobil yang diparkir, meskipun jendelanya terbuka.

9. Pantau Mereka yang Berisiko Tinggi

Meskipun setiap orang dapat menderita penyakit yang berhubungan dengan panas kapan saja, ada beberapa orang yang memiliki risiko lebih besar dibandingkan orang lain, termasuk: bayi dan anak kecil, orang lanjut usia – yang berusia 65 tahun ke atas, orang yang kelebihan berat badan, orang yang melakukan aktivitas berlebihan saat bekerja atau berolahraga, orang yang sakit secara fisik, terutama dengan penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, atau yang sedang mengonsumsi obat tertentu, seperti depresi, insomnia, atau sirkulasi yang buruk.

10. Kenali Gejala Penyakit yang Berhubungan dengan Cuaca Panas

Beberapa gejala seperti:

  • Kelelahan.
  • Kulit hangat dan kering tanpa berkeringat
  • Denyut nadi kuat dan cepat
  • Kebingungan dan/atau ketidaksadaran
  • Demam tinggi
  • Sakit kepala berdenyut
  • Mual, muntah atau keduanya

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera dapatkan bantuan medis.

Dengan mengenali cara menjaga kesehatan saat cuaca panas minta ampun, diharapkan dapat meminimalisir berbagai penyakit saat cuaca panas. Sehingga dengan demikian aktivitas harian dapat tetap berjalan dengan lancar dan bebas dari gangguan penyakit. Tetap terapkan perilaku hidup sehat, mencuci tangan sebelum makan dan menggunakan masker saat berada di luar ruangan, serta segera ke dokter bila mengalami gangguan kesehatan akibat cuaca panas.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Menjaga Kesehatan saat Cuaca Panas Minta Ampun

NSW. Akses pada 2023. Staying healthy in the heat
Cree Health. Akses pada 2023. HOT WEATHER: HOW TO STAY HEALTHY
CDC. Akses pada 2023. Keep Your Cool in Hot Weather!
Self Care LA. Akses pada 2023. 6 Tips to Stay Healthy in the Heat this Summer

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn