Cara Meredakan Batuk pada Bayi

Cara Meredakan Batuk pada Bayi

ReliDoc – Jakarta. Tentu saja, saat bayi Anda sakit, tidak ada penggantinya selain Anda mengunjungi dokter anak. Sebagai orangtua akan sedih, bila bayi mengalami sakit, seperti batuk. Sementara, kita dapat memberikan pengobatan rumahan untuk dapat membantu meringankan gejala batuk. Simak cara meredakan batuk pada bayi pada artikel ini!

Cara Meredakan Batuk pada Bayi

Meskipun gejala yang anak Anda alami tidak serius, akan terasa menakutkan saat terbangun pada tengah malam saat mendengar bayi Anda batuk. Mengetahui beberapa pengobatan rumahan dapat memberi Anda beberapa ide untuk dicoba sehingga Anda tidak merasa tidak berdaya.

Pertimbangkan untuk membuat perlengkapan yang berisi barang-barang tertentu, seperti larutan garam dan alat suntik, sehingga mudah dijangkau saat Anda membutuhkannya.

1. Menjaga Bayi Tetap Terhidrasi

Menjaga bayi Anda tetap terhidrasi adalah kunci agar lendirnya tetap mengalir dan mudah batuk. Jika bayi Anda mengalami dehidrasi, ingus dan cairan lainnya mungkin mengering dan sulit hilang dengan batuk.

Ini berarti menyusui atau memberikan susu formula dalam jumlah rutin sesering  anak Anda butuhkan. Para ahli mengatakan cairan tambahan tidak diperlukan, namun mereka merekomendasikan untuk tetap mengonsumsi jumlah normal.

Tetap gunakan ASI dan susu formula untuk bayi yang lebih kecil. Cairan mungkin termasuk air dan jus tanpa pemanis untuk bayi yang lebih besar.

2. Gunakan Obat Tetes Garam atau Saline Drops

Cara lain untuk melembabkan sekret adalah dengan menggunakan obat tetes garam yang dijual bebas atau over-the-counter (OTC) pada hidung bayi Anda. Apa hubungannya hidung bayi Anda dengan batuk?

Lendir di hidung anak Anda dapat mengalir ke bagian belakang hidung dan tenggorokannya hingga menyebabkan postnasal drop. Hal ini mengiritasi tenggorokan dan menghasilkan batuk basah dan menggonggong serta suara berderak di saluran napas bagian atas (bukan dada). Anda mungkin menyadari batuk ini terutama setelah bayi Anda bangun.

Gunakan dua hingga tiga tetes garam per lubang hidung beberapa kali sepanjang hari. Bayi Anda mungkin tidak menyukai sensasi obat tetes masuk ke hidungnya, atau ia mungkin bersin. Tidak apa-apa.

3. Coba Sedot

Anda juga dapat mencoba menyedot lendir dari hidung bayi Anda sebelum mencapai dan mengiritasi tenggorokan dan saluran napasnya.

Setelah menggunakan obat tetes garam, ambil bulb spuit dan peras untuk mengeluarkan udara. Sambil tetap menekannya, masukkan seperempat hingga setengah inci ke dalam lubang hidung bayi Anda, pastikan mengarah ke belakang/samping hidungnya.

Lepaskan tekanan agar alat suntik dapat menyedot lendir keluar, dan keluarkan untuk dibersihkan sebelum mengulanginya pada sisi yang lain. Pastikan untuk membersihkannya kembali sebelum menyimpannya. Ulangi seperlunya sepanjang hari, namun ingatlah bahwa Anda dapat mengiritasi lubang hidung bayi jika Anda melakukannya terlalu sering.

4. Gunakan Pelembab Udara atau Humidifier

Melembabkan udara yang dihirup anak Anda adalah cara lain untuk menjaga agar segala sesuatunya tetap mengalir. Anda dapat membeli pelembab udara untuk menambah kelembapan pada kamar bayi Anda.

Salah satu alternatif yang mungkin adalah memperlakukan kamar mandi Anda seperti ruang uap. Anda dapat mengalirkan air panas di kamar mandi, menutup pintu kamar mandi, dan membiarkan kelembapan meningkat. Hanya 10–15 menit saja sudah cukup.

Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk menepuk dada dan punggung bayi Anda untuk membantu mengencerkan lendir yang membandel. Berikan tekanan kuat yang sedikit lebih keras dibandingkan saat Anda bersendawa.

5. Beri Sedikit Madu (untuk Bayi Berusia di Atas 1 Tahun)

Untuk bayi berusia 12 bulan ke atas, Anda dapat mencoba memberinya sedikit madu sebelum tidur atau tidur siang. Madu akan melapisi tenggorokan Si Kecil untuk meredakan nyeri. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa madu mungkin sama efektifnya dengan dekstrometorfan penekan batuk yang dijual bebas.

Sajikan anak Anda satu setengah hingga satu sendok teh madu sesuai kebutuhan. Namun perlu diketahui bahwa madu tidak cocok untuk bayi yang masih kecil karena risiko botulisme, yang merupakan bentuk keracunan makanan yang jarang terjadi.

6. Memberikan Bantal Tambahan

Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi Anda paling sering batuk pada malam hari. Beberapa ahli menyarankan untuk menopang bayi yang lebih tinggi dengan bantal tambahan untuk membantu mengangkat kepala dan meningkatkan pernapasan.

Jika Anda khawatir dengan batuk dan pernapasan bayi Anda, pertimbangkan untuk tidur sekamar dengan anak Anda sehingga Anda dapat membantu mereka bila perlu.

7. Menjaga Ruangan Tetap Bersih

Cobalah membersihkan rumah Anda dari segala hal yang mungkin memicu asma atau alergi. Pelakunya mungkin termasuk hal-hal seperti asap tembakau, debu, jamur, dan hal lain yang menurut tes alergi merupakan pemicunya bagi bayi Anda. Sebaiknya menghindari berada di luar ruangan pada hari-hari dengan kualitas udara buruk.

Hal-hal yang dapat membantu menjaga udara dalam ruangan Anda bebas iritasi:

  • jauhkan ruangan dari asap rokok.
  • menyedot debu karpet menggunakan penyedot debu dengan filter udara partikulat efisiensi tinggi atau HEPA. HEPA merupakan singkatan dari High-Efficiency Particulate Absorbing.
  • menggunakan alat pembersih udara ruangan yang memiliki filter HEPA.
  • menjaga tingkat kelembapan rumah Anda antara 40 dan 50 persen.
  • menjauhkan hewan peliharaan dari area tempat tidur.
  • menggunakan sarung kasur dan sarung bantal anti alergi.

Penutup

Rata-rata bayi terkena flu sebanyak delapan kali per tahun. Setelah beberapa saat, Anda akan ahli dalam menentukan apa yang membantu anak Anda saat mereka merasa mual dan pengap. Jika Anda khawatir dengan batuk bayi Anda, konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengetahui pengobatan rumahan mana yang dapat membantu si kecil merasa lebih baik dan mengatasi masalah medis lain yang memerlukan perhatian profesional.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Meredakan Batuk pada Bayi

Healthline. Akses pada 2023. How to Help Baby with Cough (and What Might Be Causing It)
Seattle Children. Akses pada 2023. Cough (0-12 Months)
WebMD. Akses pada 2023. Babies & Toddlers With Coughs or Colds: Drug-Free Relief

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn