Fakta Unik Seputar Sepak Bola dan Manfaat Sehat untukmu!

Fakta Unik Seputar Sepak Bola dan Manfaat Sehat untukmu!

ReliDoc – Jakarta. Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang berlawanan. Seperti kita ketahui, sepak bola juga merupakan olahraga terfavorit di dunia. Namun, tahukah kamu sejarah dan fakta unik seputar sepak bola? Yuk, ketahui selengkapnya di bawah ini!

Sepak Bola, Olahraga yang Mendunia

Siapa sih yang tidak tau olahraga yang satu ini? Sepak Bola merupakan olahraga tim yang masing-masing pemainnya memainkan suatu bola dengan kaki mereka di atas lapangan. Olahraga ini dimainkan oleh 2 (dua) tim yang beranggotakan 11 (sebelas) pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukan bola ke gawang lawan.

Di kalangan para penggemar, sejarah tentang sepak bola menjadi topik pembicaraan yang menarik. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas sejarah dan fakta unik tentang sepak bola.

Sejarah Sepak Bola

Permainan sepak bola mulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok (China). Pada masa tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Masyarakat China dahulu menyebut olahraga ini dengan sebutan tsu chiu, Tsu berarti kaki, Chiu berarti bola. Namun, pada abad ke-8 permainan serupa juga ada di Jepang dengan sebutan Kemari. Tak hanya itu saja, permainan sepak bola juga muncul di negara lain seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah sampai ke Mesir Kuno yang sudah memainkan sepak bola dengan memakai bola yang terbuat dari karet.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris pada abad ke-19. Namun, sepak bola pada masa itu melibatkan tendangan dan pukulan bola dengan kepalan tangan. Hal ini tentu menimbulkan kekerasan dalam pertandingannya. Lantas hal ini membuat Raja Edward III melarang permainan sepak bola pada tahun 1365. Sampai pada akhirnya Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul untuk mendirikan Football Association (FA). FA sendiri menjadi organisasi pertama yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola secara resmi. Lahirnya FA menjadikan sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan banyak masyarakat yang terhibur.

Setelah berdirinya FA, pada tahun 1883 terselenggara turnamen internasional pertama yang diikuti oleh empat negara dari Britania Raya, yaitu Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales. Seiring berjalannya waktu, sepakbola yang menjadi fenomena dan digandrungi masyarakat Inggris perlahan menyebar hingga seluruh Eropa.

Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia berdiri, yaitu Federation International de Football Association (FIFA) pada 21 Mei 1904. Pembentukan induk organisasi sepak bola internasional ini , penandatanganan oleh tujuh negara, yaitu Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Walau Inggris sebagai negara pelopor untuk berkembangnya permainan sepak bola, namun Inggris bergabung sebagai anggota FIFA pada tahun 1906.

Sejarah sepak bola Indonesia mulai pada masa penjajahan Belanda. Pada awal perkembangannya, permainan sepak bola hanya  di lingkungan orang-orang Belanda. Setelah di lingkungan orang Belanda, sepak bola di Indonesia juga oleh kaum terpelajar di kota-kota besar Indonesia dan menyebar hingga ke daerah-daerah. Pada 19 April 1930, berdirilah PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) di Yogyakarta. Dalam perjalanan organisasinya, PSSI bergabung dengan badan sepak bola dunia FIFA pada tahun 1952.

Fakta Seputar Sepak Bola

Berikut ini, kami memberikan beberapa fakta unik seputar dunia sepak bola :

1. Kompetisi Sepak Bola Tertua di Dunia

Piala FA menjadi kompetisi tertua di dunia. Pertandingan sepak bola internasional pertama kali dimainkan oleh Skotlandia dan Inggris di Glasgow Skotlandia dengan hasil seri 0-0.

2. Sepak Bola Wanita

Sepak bola wanita meningkat pesat pada saat Perang Dunia I. Pertandingan sepak bola wanita pertama dicatat oleh Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, dimana pada tahun 1892 dimainkan di Glasgow dan pada tahun 1895 dimainkan di Inggris.

3. IFAB (International Football Association Board), Mengatur Undang-undang dan Peraturan Sepak Bola

International Football Association Board (IFAB) yang bertugas untuk mengatur Undang-Undang permainan sepak bola dunia, sedangkan FIFA bertugas untuk mengatur kompetisi dan sebagian peraturan yang berhubungan dengan kompetisi internasional serta mempublikasikan peraturan yang dibuat oleh IFAB.

4. 36 Kartu Merah Dalam Pertandingan

Hal ini terjadi pada pertandingan Claypole vs Victoriano Arenas pada 2011 lalu. Wasit memberikan 36 kartu merah kepada pemain, dan menyebabkan keluarnya semua pemain dari lapangan pertandingan. Peristiwa ini dilatar belakangi dengan adanya perkelahian antar pemain.

5. Bola Terbuat dari Kulit Asli

Awal muncul permainan ini, bola yang digunakan terbuat dari kulit asli. Namun, seiring perkembangannya, sekarang bola untuk olahraga ini terbuat dari kulit Sintetis.

6. Istilah Football (Sepak Bola) Digunakan Seluruh Dunia, kecuali Amerika Serikat dan Kanada

Amerika Serikat dan Kanada menggunakan kata Soccer. Penggunaan kata soccer sebagai cara untuk membedakan antara permainan sepak bola dan rugby.

7. Sepak Bola Memiliki Suporter yang Fanatik

Setiap klub bola pasti memiliki Suporter dan karakteristik suporter bola yaitu: totalitas, kreatif dan kompak.

Manfaat Sepak Bola bagi Tubuh

Tahukah kalian apa saja manfaat bermain Sepak Bola bagi tuh ? Berikut, beberapa manfaatnya bagi tubuh:

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan.

Pelepasan endorfin secara teratur juga membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Berolahraga dapat merangsang dopamin dan serotonin yang berperan penting dalam mengatur suasana hati.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Olahraga ini memerlukan konsentrasi dan fokus pemain saat pertandingan. Perhatian mereka hanya akan tertuju pada bola dan situasi yang terjadi saat itu. Jika konsentrasi mereka terganggu, hal itu akan mempengaruhi cara bermain dan mereka akan kehilangan kesempatan untuk mencetak gol.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Bermain sepak bola membuat tubuh akan terus bergerak. Aktivitas fisik ini menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan membuat kamu bernapas lebih sering. Olahraga jenis ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengirim oksigen ke semua sel tubuh, sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung dan menurunkan risiko gangguan jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Pemain sepak bola rata-rata berlari 1 sampai 2 km dalam permainan penuh. Berjalan dan berlari secara konsisten dapat membantu menjaga detak jantung sehingga akan memberikan latihan kardiovaskular yang sangat baik. Gerakan konsisten ini dapat membantu memperkuat jantung, melawan penumpukan plak di arteri koroner, mengurangi tekanan darah, dan membakar kelebihan kalori.

5. Meningkatkan Kapasitas dan Daya Tahan Tubuh

Sepak bola adalah olahraga yang tepat untuk mengembangkan kebugaran fisik karena mengharuskan untuk berlari di lapangan. Sepak bola juga dapat membantu membangun kekuatan dan daya tahan tubuh untuk meningkatkan kesehatan.

Itulah sejarah, fakta dan manfaat tentang sepak bola yang bisa kamu dapatkan dalam artikel kali ini. Jangan sampai kamu sakit ya karena terlalu semangat bermain sepak bola. Apabila kamu sakit bisa dikonsultasikan ke dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Fakta Unik Seputar Sepak Bola dan Manfaat Sehat untukmu!

Gramedia. Akses pada 2023. Sejarah Sepak Bola
Kompas. Akses pada 2023. Sejarah Sepak Bola
Detik. Akses pada 2023. Sejarah Sepak Bola Evolusi dan Perkembangan
VOI. Akses pada 2023. Sejarah Sepak Bola Modern dan Lengkap dengan Aturan Terbitan Klub Sepak Bola Tertua di Inggris
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses pada 2023. Mengenal Jenis Aktivitas Fisik.
Better Health Channel. Akses pada 2023. Soccer – Health Benefits.
Coach Up. Akses pada 2023. Top 10 Health Benefits of Soccer.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn