Faringitis Akut dan Cara Mengatasinya

Faringitis Akut dan Cara Mengatasinya

ReliDoc – Jakarta. Faringitis atau yang dinamakan radang tenggorokan merupakan penyakit yang membuat hari kamu terganggu. Ingin tahu cara mengatasi radang yang membandel? Simak selengkapnya mengenai faringitis akut dan cara mengatasinya di sini!

Faringitis Akut yang Mengganggu

Faringitis akut adalah kondisi peradangan pada faring (tenggorokan) yang biasanya timbul karena infeksi virus atau bakteri. Umumnya, gejala utama penyakit ini adalah sakit tenggorokan saat menelan atau berbicara. Selain itu, dapat disertai dengan gejala lain seperti demam, sakit kepala, dan sakit tubuh. kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, dan demam. Namun, berbagai gejala tersebut biasanya akan hilang dalam waktu 7-10 hari.

Penyebab Faringitis Akut

Berikut ini penyebab terjadinya radang tenggorokan  akut:

1. Infeksi Virus

Faktanya, virus adalah penyebab paling umum dari faringitis akut, terutama virus yang menyebabkan pilek dan flu, seperti virus influenza, adenovirus, rhinovirus, hingga Covid-19.

Pendek kata, penyakit ini dapat tertular melalui semburan air liur saat penderita batuk atau bersin dan juga menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

2. Infeksi Bakteri

Selain itu, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan penyakit tersebut. Bakteri yang paling umum adalah Streptococcus pyogenes, yang juga dikenal sebagai bakteri streptokokus A dan bakteri Corynebacterium diphtheriae juga merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan faringitis akut.

Faktanya, bakteri ini dapat tertular melalui percikan air liur, benda yang terkontaminasi atau interaksi langsung dengan orang yang memiliki bakteri tersebut.

3. Alergi

Berikut beberapa alergi, seperti alergi debu dan alergi terhadap bahan kimia, serbuk sari, tungau debu, hewan peliharaan dan jamur. Cepat atau lambat, reaksi alergi memicu peradangan di saluran udara, termasuk tenggorokan, menyebabkan rasa sakit dan gatal.

4. Kebiasaan Buruk

Pada kenyataannya, merokok, minum alkohol, dan konsumsi makanan pedas atau asam dapat merusak lapisan lendir tenggorokan dan memicu faringitis akut.

5. Tonsillitis atau Amandel

Demikian pula, kondisi ini terjadi ketika amandel yang merupakan dua jaringan lunak di tenggorokan mengalami peradangan akibat infeksi bakteri atau virus. Radang amandel menyebabkan amandel menjadi bengkak dan sakit saat menelan.

6. GERD

Umumnya, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) dapat menyebabkan faringitis. GERD adalah kondisi di mana asam lambung dan isi lambung kembali naik ke kerongkongan dan mencapai faring, yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada tenggorokan dan faring. Hal ini dapat menyebabkan faringitis kronis atau berulang.

Gejala yang mungkin terkait dengan faringitis akibat GERD meliputi sakit tenggorokan, suara serak, batuk kering, dan rasa terbakar di tenggorokan.

7. Napas dari Mulut

Setidaknya, faringitis akut juga bisa terjadi akibat pernapasan mulut, misalnya saat tidur dengan hidung tersumbat. Pernapasan mulut yang konstan dapat mengeringkan tenggorokanmu, yang dapat menyebabkan rasa sakit.

8. Polusi Udara

Kapanpun, polusi udara, seperti asap kendaraan bermotor dan polutan industri, dapat merusak lapisan lendir tenggorokan dan menyebabkan faringitis akut.

9. Berbicara atau Berteriak

Berbicara atau berteriak terlalu keras dapat menyebabkan pita suara tegang dan menyebabkan radang tenggorokan, atau radang laring. Radang pita suara biasanya disertai dengan iritasi pada tenggorokan karena letaknya yang berdekatan.

Cara Meredakan Faringitis Akut

Ringkasnya, untuk mengobati penyakit ini, langkah pengobatannya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Biasanya, penyakit akibat infeksi virus ini akan hilang dengan sendirinya, sehingga dokter hanya memberikan obat-obatan untuk meredakan gejala.

Namun, jika penyakit ini timbul oleh kondisi lain, obat berikut dapat digunakan untuk meredakannya bisa dilakukan dengan beberapa hal ini:

  1. Obat-obatan
    Obat-obatan seperti:
    a. Antibiotik digunakan untuk meredakan faringitis akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri.
    b. Antihistamin untuk meredakan gejala alergi
    c. Antasida untuk meredakan refluks asam.
    d. Parasetamol, meredakan nyeri.
    e. Permen pelega tenggorokan.
    f. Tablet nyeri analgesik dan antipiretik seperti parasetamol dan ibuprofen dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan demam yang terkait dengan faringitis akut.
  2. Berkumur dengan Larutan Garam
    Memang, berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri di tenggorokan.
  3. Minum Air Hangat
    Tentu saja, minum air hangat atau teh herbal dapat membantu melembapkan tenggorokan dan mengurangi rasa sakit.
  4. Istirahat yang Cukup
    Terutama, istirahat yang cukup sangat penting untuk mempercepat pemulihan dari faringitis akut.
  5. Hindari Kebiasaan Buruk
    Sebaiknya, hindari merokok, minum alkohol, dan konsumsi makanan pedas atau asam dapat membantu mencegah faringitis akut.
  6. Konsumsi Makanan Bergizi
    Selain itu, konsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan dari faringitis akut.
  7. Gunakan Humidifier
    Humidifier dapat digunakan untuk membantu melembapkan tenggorokan yang dapat meredakan gejala faringitis

Penutup

Kesimpulannya, faringitis akut adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, dan kebiasaan buruk. Pengobatan radang tenggorokan akut biasanya melibatkan penggunaan obat-obatan untuk mengurangi gejala dan menjaga kondisi tetap terjaga. Jaga kesehatanmu dan jangan sampai sakit terkena penyakit ini, apabila terkena, kamu bisa menghubungi atau konsultasi dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Faringitis Akut dan Cara Mengatasinya

Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Sore Throat (Pharyngitis).
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Tonsillitis.
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Prefer Piping-Hot Tea? Here’s Why You Might Want to Let It Cool Down First.
Johns Hopkins Medicine. Akses pada 2023. Pharyngitis.
Healthline. Akses pada 2023. Pharyngitis.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn