Formula 20/20/20 Pukul 5 Pagi untuk Kebiasaan yang Sehat

Formula 20/20/20 Pukul 5 Pagi untuk Kebiasaan yang Sehat

ReliDoc – Jakarta. Bangun di pagi hari, tapi bingung mau ngapain? Mending bikin kebiasaan yang sehat dengan formula 20/20/20 yuk. Penasaran apaan sih itu? Nah yuk, simak formula 20/20/20 pukul 5 pagi untuk kebiasaan yang sehat di bawah ini.

Apa sih Formula 20/20/20 pukul 5 pagi?

Formula 20/20/20 pukul 5 pagi adalah cara sederhana dan efektif untuk memulai hari kamu dengan langkah yang tepat. Rumusnya melibatkan mendedikasikan 60 menit pertama di pukul 5 pagi kamu untuk tiga kebiasaan utama yang dapat mengatur nada untuk sisa hari kamu. Berikut tampilan rumus 20/20/20 pukul 5 pagi ketika kamu bangun di pagi hari:

● 20 Menit Pertama (5.00–5.20)

Habiskan 20 menit pertama hari kamu untuk berolahraga: Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan tingkat energi, mengurangi stres, dan memperbaiki suasana hati. Mendedikasikan hanya 20 menit untuk berolahraga di pagi hari dapat mengatur nada untuk sisa hari kamu dan membantu kamu merasa lebih berenergi dan produktif.

● 20 Menit Kedua (5.20-5.40)

Habiskan 20 menit berikutnya untuk berlatih refleksi diri: Berfokus pada hal-hal yang kamu dapat membantu mengubah pola pikir dan menempatkan kamu pada kerangka berpikir yang lebih positif. Luangkan waktu 20 menit untuk menuliskan tiga hal yang kamu peroleh, atau luangkan waktu untuk merenungkan hal-hal baik dalam hidup kamu.

● 20 Menit Terakhir (5.40-6.00)

Habiskan 20 menit terakhir untuk pengembangan pribadi: Gunakan 20 menit terakhir di pagi hari kamu untuk fokus pada pertumbuhan pribadi. Ini bisa melibatkan membaca buku atau mendengarkan podcast, mengerjakan hobi, atau menetapkan tujuan untuk hari itu.

Manfaat dari Formula 20/20/20 Pukul 5 Pagi

Berikut adalah beberapa manfaat dari formula 20/20/20 pukul 5 pagi:

1. Meningkatkan Tingkat Energi

Faktanya, olahraga adalah penguat energi alami, dan dengan mendedikasikan hanya 20 menit di pagi hari dapat membantu kamu merasa lebih berenergi dan waspada sepanjang hari.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Selanjutnya, olahraga dan rasa introspeksi atau refleksi diri telah terbukti meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Dengan memasukkan kebiasaan ini ke dalam rutinitas pagi kamu, kamu dapat memulai hari dengan perasaan lebih bahagia dan lebih positif.

3. Meningkatkan Produktivitas

Pendek kata, dengan memulai hari kamu dengan olahraga, rasa instrokpesi, dan pengembangan pribadi, kamu dapat mengatur nada untuk hari yang produktif. Kebiasaan ini dapat membantu kamu merasa fokus dan termotivasi, yang dapat meningkatkan produktivitas.

4. Mempromosikan Pertumbuhan Pribadi

Sementara, 20 menit terakhir dari formula 20/20/20 didedikasikan untuk pengembangan pribadi. Sebagai contoh, ini bisa melibatkan membaca, mempelajari keterampilan baru, atau menetapkan tujuan untuk hari itu. Jadi, dengan berfokus pada pertumbuhan pribadi, kamu dapat terus meningkatkan dan mengembangkan keterampilan baru.

Secara keseluruhan, formula 20/20/20 adalah cara sederhana namun ampuh untuk memulai hari kamu dengan langkah yang tepat. Intinya, dengan mendedikasikan hanya tiap 20 menit untuk olahraga, rasa syukur, dan pengembangan pribadi, kamu dapat mengatur nada untuk hari yang produktif dan memuaskan. Nah itu dia cara menerapkan formula 20/20/20, tapi kalau kamu sakit di pagi hari, langsung aja konsultasi dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Formula 20/20/20 Pukul 5 Pagi untuk Kebiasaan yang Sehat

Healthline. Diakses pada 2022. 10 Reasons to Get Up Early – Because Early Rising Isn’t Just for Birds.
Psychology Today. Diakses pada 2022. What Is Self-Reflection and Why It Matters for Wellness.
Robin Sharma. Diakses pada 2022. The Methods for Superhuman Productivity.
Verywell Mind. Diakses pada 2022. What Is Learning?

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn