Gigi Berlubang Picu Kematian! Jangan Sepelekan!

Gigi Berlubang Picu Kematian! Jangan Sepelekan!

ReliDoc – Jakarta. Belum lama ini, viral seorang pria meninggal karena gigi berlubang yang sudah parah dan mengalami komplikasi karena ia takut ke dokter gigi dan menyepelekannya. Bagaimana gigi berlubang bisa picu kematian? Jangan sepelekan! Yuk simak pula cara mencegahnya di sini!

Gigi Berlubang Bisa Picu Kematian?

Setelah menerima pemeriksaan dan perawatan dokter, pasien pria ini terdiagnosa terkena Descending Necrotizing Mediastinitis (DNM). DNM sendiri yakni komplikasi infeksi orofaringeal yang timbul karena adanya jenis jamur candida berasal dari mulut. Penyakit itu sebenarnya jarang mengenai orang, namun jika terkena akan parah dan dapat mengancam nyawa.

Apa itu DNM?

Definisi Descending Necrotizing Mediastinitis (DNM) sebagai infeksi mediastinum sekunder akibat penyebaran infeksi parah dari jaringan buccopharyngeal, dengan perluasan ke bawah melalui lapisan fasia serviks. DNM yang terjadi sebagai komplikasi infeksi orofaring. Hal ini lebih jarang ada laporan terjadi setelah pencabutan gigi tanpa gejala. Kondisi yang mengancam jiwa ini sering kali salah diagnosis pada tahap awal karena jarang terjadi dan gejalanya tidak spesifik. Sebagai infeksi odontogenik awal setelah pencabutan gigi, prosesnya dapat berkembang dengan cepat dari ruang submandibular ke dalam rongga dada sepanjang ruang parafaringeal dan retrofaringeal, dan juga sepanjang selubung karotis.

Ketika mengenai infeksi mulut yang rumit dan massa inflamasi pada daerah maksilofasial, terapi antibiotik berfokus pada penisilin dan antibiotik spektrum luas tingkat lanjut lainnya. Sayangnya, sehubungan dengan DNM, munculnya era antibiotik hanya sedikit menurunkan angka kematian, dari lebih dari 50% menjadi lebih dari 40%, mungkin karena keterlambatan diagnosis.

Kontrol segera pada saluran napas bagian atas dengan trakeotomi, debridemen bedah agresif pada ruang serviks dalam dan mediastinum, dan terapi antibiotik spektrum luas intravena merupakan hal yang wajib. Karena proses ini sering muncul sebagai infeksi serviks yang dalam dan mediastinitis dalam beberapa hari, evolusi radiografi dari entitas ini melalui ruang serviks biasanya tidak terlihat. Makalah ini menyajikan dua kasus baru infeksi serviks dalam dan DNM setelah pencabutan gigi, dan berfokus pada pola radiologi langkah demi langkah dan pertimbangan perawatan bedah.

Tips Mencegah Gigi Berlubang

Berikut beberapa tips untuk mencegah gigi berlubang sehingga gigi membusuk:

  • Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sebaiknya, sikat gigi setiap selesai makan dan terutama sebelum tidur.
  • Bersihkan sela-sela gigi Anda setiap hari dengan benang gigi atau pembersih interdental.
  • Bilas setiap hari dengan obat kumur yang mengandung fluoride. Beberapa obat kumur juga mengandung bahan antiseptik untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak.
  • Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang serta batasi camilan. Hindari karbohidrat seperti permen, pretzel, dan keripik karena dapat tertinggal pada permukaan gigi. Jika makanan lengket termakan, segera gosok gigi setelahnya.
  • Tanyakan kepada dokter gigi Anda tentang penggunaan suplemen fluorida, yang memperkuat gigi Anda.
  • Tanyakan kepada dokter gigi Anda tentang dental sealant (lapisan pelindung plastik) yang diaplikasikan pada permukaan kunyah gigi belakang (geraham) Anda untuk melindunginya dari pembusukan.
  • Minumlah air berfluoride. Setidaknya satu liter air berfluoride setiap hari diperlukan untuk melindungi anak-anak dari kerusakan gigi.
  • Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur untuk pembersihan profesional dan pemeriksaan mulut.

Tentunya, jangan sepelekan sakit gigi karena gigi berlubang. Jangan takut ya pada dokter gigi, karena rasa takut yang berlebihan itu kerap membuat orang yang mengalami masalah gigi lebih memilih tetap merasakan sakitnya daripada pergi ke dokter gigi. Padahal, kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga dapat menjadi faktor risiko terjadinya masalah kesehatan lain, bahkan kematian!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Gigi Berlubang Picu Kematian! Jangan Sepelekan!

WebMD. Akses pada 2023. Tooth Decay Prevention: 8 Daily Dental Care Tips
Science Direct. Akses pada 2023. Descending necrotizing mediastinitis following dental extraction. Radiological features and surgical treatment considerations
BMJ. Akses pada 2023. Fatal descending necrotising mediastinitis
National Institutes of Health. Akses pada 2023. Descending necrotizing mediastinitis as a complication of odontogenic infection
Detik Health. Akses pada 2023. Kata PDGI soal DNM, Disebut Picu Kematian di Kasus Viral Gigi Bolong

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn