Ingin Sehat? Lakukan Jalan Kaki

ingin sehat lakukan jalan kaki relidoc

ReliDoc – Jakarta. Kamu ingin tetap sehat? Tetapi tidak punya banyak waktu luang karena pekerjaan? Kamu bisa kok, lakukan jalan kaki saja tiap hari. Iya, jalan kaki mempunyai banyak manfaat loh. Ingin tahu apa saja? Yuk simak artikelnya di sini.

Ingin Sehat? Jalan Kaki Aja!

Umumnya, aktivitas fisik tidak harus rumit. Sesuatu yang sederhana seperti jalan setiap hari dapat membantu Anda menjalani hidup yang lebih sehat.

Semakin cepat, semakin jauh, dan semakin sering Anda pergi, semakin besar manfaatnya. Misalnya, Anda dapat memulai sebagai pejalan kaki biasa, berjalan lebih cepat daripada pejalan kaki rata-rata. Diantaranya, jalan pagi selama 30 menit dapat meningkatkan suasana hati, menenangkan saraf, menghirup udara pagi yang segar, meningkatkan sirkulasi, dan membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari. Jadi, yang Anda butuhkan hanyalah sepatu berjalan pagi Anda.

Mengukur seberapa jauh langkah yang sudah diambil dan waktu yang sudah terpakai akan dapat membantu Anda melihat dari mana Anda memulai dan menjadi sumber inspirasi bagi diri sendiri dan orang lain. Bayangkan betapa bahagianya Anda mengetahui berapa kilometer yang telah Anda tempuh setiap minggu, bulan atau tahun.

Manfaat Jalan Kaki

Berikut, beberapa manfaat jalan kaki adalah:

1. Meningkatkan Energi Anda

Pertama-tama, mulai hari Anda dengan berjalan kaki akan memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari. Jalan-jalan pagi itu menyegarkan dan memberi energi. Sementara, studi menunjukkan bahwa olahraga teratur seperti berjalan dapat meningkatkan tingkat energi Anda. Setidaknya, ini membantu mengurangi kelelahan, dan membuat Anda merasa berenergi sepanjang hari. Sehingga, lain kali Anda membutuhkan dorongan energi di pagi hari atau bangun di pagi hari dan merasa lelah, cobalah berjalan-jalan karena ini mungkin merupakan penambah energi yang lebih efektif daripada minum secangkir kopi.

2. Membuat Mood Anda Naik.

Manakala, dengan berjalan keluar, dapat memberi Anda kesempatan untuk menikmati udara segar dan alam. Berjalan, sama seperti segala bentuk olahraga lainnya, dapat mengurangi stres dan kecemasan, sehingga Anda akan memulai hari dengan sikap positif dan lebih mampu mengelola tantangan di siang hari.

Berjalan membantu meningkatkan suasana hati Anda karena meningkatkan aliran darah dan sirkulasi darah ke otak dan tubuh. Ini memiliki pengaruh positif pada sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), yang merupakan sistem respons saraf pusat Anda. Jadi seringlah berjalan untuk membantu mood anda.

3. Bagus untuk Jantung

Saat ini, berlari tidak dianjurkan jika Anda memiliki masalah jantung. Tetapi, Anda bisa berjalan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Faktanya, studi menunjukkan bahwa jalan pagi 30 menit dapat menurunkan tekanan darah. Dengan menjadikan jalan pagi sebagai bagian dari rutinitas Anda, Anda dapat memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah Anda.

Dengan setiap langkah, berjalan dapat memberikan berbagai manfaat sehingga merupakan salah satu bentuk latihan terbaik untuk kesehatan jantung. Ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Selain itu juga, berjalan dapat melawan penambahan berat badan yang tentunya berperan untuk mencegah kekentalan darah juga sehingga akan memelihara sirkulasi darah tubuh yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Obesitas adalah penyebab utama penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, mulailah berjalan.

Berjalan mudah untuk pikiran dan Anda dapat berolahraga tanpa merasa lelah. Tidak ada yang lebih baik daripada jalan 30-40 menit. Membantu meningkatkan detak jantung dan membakar kalori, yang penting untuk menurunkan berat badan.

5. Tidurmu Menjadi Lebih Nyenyak

Menjadi aktif meningkatkan efek melatonin (hormon tidur alami), membuatnya lebih mudah untuk tertidur. Jalan pagi bukan hanya cara yang bagus untuk menyaksikan matahari terbit dan berkumpul dengan teman-teman, tetapi matahari pagi yang cerah mengatur ritme sirkadian jantung alami Anda, meningkatkan siklus tidur Anda, dan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Tidur malam yang nyenyak akan membantu Anda merasa waspada dan berenergi sepanjang hari. Olahraga berjalan juga dikaitkan dengan pengurangan stres dan kesejahteraan fisik, yang keduanya bisa menjadi jalur untuk tidur lebih nyenyak.

6. Pencegahan Radang Sendi dan Osteoporosis

Gaya hidup yang kurang gerak memiliki banyak efek negatif pada tubuh, termasuk persendian yang kaku. Sendi kaku selanjutnya dapat menyebabkan perkembangan gejala radang sendi.

Studi terbaru menunjukkan bahwa aktivitas fisik sedang dan kuat seperti berjalan kaki selama lima hari atau lebih dalam seminggu, dapat membantu meredakan nyeri dan kekakuan artritis serta memberikan energi.

Anda juga bisa mencegah pengeroposan tulang dengan olahraga teratur, seperti berjalan kaki ini. Jika Anda menderita osteoporosis atau tulang rapuh, jalan cepat secara teratur dapat membantu menjaga tulang tetap kuat dan mengurangi risiko patah tulang di masa depan.

7. Mengurangi Kelelahan

Jalan pagi yang menyegarkan akan menyegarkan suasana hati Anda dan mengurangi rasa kelelahan, meningkatkan tingkat energi dan membuat Anda merasa berenergi sepanjang hari. Sebenarnya, olahraga teratur akan membuat Anda merasa kurang lelah dalam jangka panjang, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas harian anda. Bahkan berjalan kaki selama 15 menit saja dapat memberi Anda dorongan energi, dan manfaatnya meningkat dengan aktivitas fisik yang lebih sering.

8. Keseimbangan yang Lebih Baik

Jalan pagi tidak hanya akan membantu Anda merasa berenergi untuk hari itu, tetapi juga akan membantu memperkuat tubuh bagian bawah Anda, komponen penting dari keseimbangan. Kombinasi berjalan, latihan kekuatan, dan latihan peregangan dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mencegah jatuh.

Nah sekarang kamu tahu kan manfaat dan kelebihan dari jalan kaki. Tidak perlu yang berat, hal kecil seperti jalan kaki bisa kamu jadikan bahan olahraga yang tidak kalah penting dengan yang lainnya loh. Makanya, yuk bisa diterapkan hidup sehat sejak saat ini dan memulai hal seperti berjalan kaki.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ingin Sehat? Lakukan Jalan Kaki

HealthLine. Diakses pada 2022. The Benefits of Starting Your Day with a Walk
IRT. Diakses pada 2022.9 health benefits of a morning walk
MayoClinic. Diakses pada 2022. Walking: Trim your waistline, improve your health
StyleCraze. Diakses pada 2022. 22 Health Benefits Of Morning Walk

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn