Ini Dia Cara Deteksi Dini Kanker Tulang

Ini Dia Cara Deteksi Dini Kanker Tulang

ReliDoc – Jakarta. Selamat Hari Kanker Tulang Nasional 11 April! Salah satu kanker yang langka merupakan kanker tulang, namun kanker tetaplah ancaman bagi kita semua. Kita akan membahas cara deteksi dini kanker tulang agar kamu bisa mendapatkan cara penanganan yang sesuai. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan jenis kanker yang cukup langka namun tetap menjadi ancaman bagi kesehatan seseorang. Faktanya, kanker tulang dapat terjadi pada berbagai usia, tetapi paling sering terjadi pada anak remaja atau dewasa muda. Meskipun kanker tulang dapat terjadi di tulang bagian mana saja, namun lebih sering terjadi pada tulang panjang seperti lengan atau kaki.

Gejala Kanker Tulang

Terkadang, gejala kanker tulang tidak muncul hingga tumor mencapai ukuran yang lebih besar atau telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan secara berkala dan mengetahui tanda-tanda kanker tulang. Berikut beberapa gejala kanker tulang merupakan:

1. Rasa Nyeri pada Tulang

Rasa Nyeri pada tulang adalah gejala yang paling umum pada kanker tulang. Nyeri biasanya timbul secara bertahap dan menjadi lebih parah seiring waktu. Sepertinya nyeri ini mungkin terasa lebih buruk pada malam hari dan dapat mereda ketika kamu beristirahat. Nyeri pada tulang dapat terjadi di mana saja pada tubuh.

2. Pembengkakan atau Benjolan pada Tulang

Kanker tulang dapat menyebabkan pembengkakan atau benjolan pada tulang yang terkena. Pembengkakan ini mungkin tidak terlihat pada tahap awal, tetapi ketika tumor tumbuh, pembengkakan dapat terlihat dan teraba di luar kulit.

3. Patah Tulang Tanpa Penyebab Jelas

Tulang yang terkena kanker mungkin menjadi lebih rapuh dan lebih mudah patah. Patah tulang sering terjadi tanpa sebab yang jelas atau karena cedera ringan.

4. Kesulitan Bergerak

Kanker tulang pada sendi dapat menyebabkan kekakuan atau kesulitan dalam gerakan. Kekakuan sendi dapat terjadi karena tumor yang tumbuh di dalam atau di sekitar sendi.

5. Kelelahan

Tentu saja, kelelahan adalah gejala umum dari berbagai kondisi medis, termasuk kanker tulang. Kelelahan dapat disebabkan oleh anemia, yaitu kurangnya sel darah merah dalam tubuh.

Gejala kanker tulang mungkin mirip dengan gejala penyakit lain, sehingga sulit untuk didiagnosis hanya dengan gejala saja.

Cara Deteksi Dini Kanker Tulang

Berikut adalah beberapa cara deteksi dini kanker tulang yang dapat dilakukan:

1. Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik

Anamnesis dan pemeriksaan fisik adalah langkah awal dalam pengecekan kanker tulang. Dokter akan menanyakan keluhan yang dirasakan, riwayat kesehatan pasien, termasuk keluarga yang memiliki riwayat kanker. Dokter juga akan memeriksa tulang dan sendi untuk mengetahui apakah terdapat benjolan atau perubahan pada bentuk tulang.

2. Pemeriksaan Rontgen Tulang

Rontgen tulang adalah salah satu metode paling umum yang digunakan untuk mendeteksi kanker tulang. Ringkasnya, rontgen tulang memanfaatkan sinar-X untuk menghasilkan gambar tulang, sehingga dapat membantu dokter menemukan adanya kerusakan atau perubahan pada tulang.

Namun, penting untuk diingat bahwa rontgen tulang mungkin tidak selalu dapat mendeteksi kanker tulang pada tahap awal, karena tumor mungkin belum cukup besar atau menyebar ke tulang lain.

3. CT Scan

CT Scan (Computed Tomography Scan) adalah sebuah prosedur diagnostik yang menggunakan sinar-X dan teknologi komputer untuk membuat gambar tiga dimensi dari organ atau jaringan dalam tubuh.

Penggunaan CT scan sering untuk memeriksa kanker tulang karena dapat memberikan gambar yang lebih jelas dari tulang dan jaringan di sekitarnya dibandingkan dengan rontgen tulang.

4. Biopsi

Biopsi adalah prosedur yang dilakukan untuk mengambil sampel jaringan dari tulang untuk diperiksa di bawah mikroskop. Ini adalah langkah yang penting untuk mengetahui jenis kanker tulang dan seberapa jauh kanker telah menyebar.

5. Tes Darah

Tes darah dapat membantu dokter mengetahui kondisi pasien secara umum. Dalam beberapa kasus, tes darah juga dapat membantu mendeteksi kanker tulang.

6. Pemeriksaan Tulang Lainnya

Jika diduga bahwa kanker tulang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan tulang lainnya seperti PET scan atau scintigraphy.

Pencegahan adalah hal terbaik dalam menghadapi kanker tulang. Penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan aktifitas fisik yang cukup. Juga hindari konsumsi rokok dan minuman keras. Jika kamu memiliki keluarga dengan riwayat kanker tulang, konsultasikan dengan dokter kamu untuk mengetahui apakah kamu perlu melakukan pemeriksaan secara berkala.

Terakhir, jika kamu mengalami gejala seperti sakit pada tulang atau sendi, pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, dan kesulitan bergerak, segeralah periksakan diri kamu ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Semakin cepat kanker tulang dideteksi, semakin baik kesempatan untuk mengobatinya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ini Dia Cara Deteksi Dini Kanker Tulang

Healthline. Akses pada 2023. Bone Cancer
National Health Service UK. Akses pada 2023. Bone Cancer
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Bone Cancer
American Cancer Society. Akses pada 2023. What Is Bone Cancer?

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn