Ini Dia Penyebab Merinding dalam Dunia Medis

Ini Dia Penyebab Merinding dalam Dunia Medis

ReliDoc – Jakarta. Mengapa tiba-tiba bulu kuduk berdiri atau merinding? Apalagi, setelah menonton film horor, kamu pastinya akan merinding dan menggetarkan badan karena ketakutan ataupun kengerian. Dalam dunia medis, tentu ada alasan mengapa kita merinding. Yuk, simak! Ini dia penyebab merinding dalam dunia medis pada artikel di bawah ini.

Apa itu Merinding?

Merinding adalah hasil dari otot-otot kecil yang tertekuk di kulit, membuat folikel rambut sedikit terangkat. Ini menyebabkan bulu berdiri. Merinding adalah reaksi yang tidak disengaja oleh saraf dari sistem saraf simpatik, saraf yang mengontrol respon fight or flight, respon melawan atau melarikan diri, mengontrol otot-otot kulit ini.

Di kerajaan hewan, hewan yang terancam memiliki reaksi serupa, menyebabkan bulunya sedikit mengembang. Ini membuat hewan itu tampak lebih besar dan lebih berbahaya. Mungkin contoh yang paling dramatis adalah landak, yang menggembungkan durinya saat merasakan bahaya. Ini bisa membuat musuh yang mengancam berpikir dua kali sebelum menyerang. Itu mungkin menjelaskan mengapa sistem saraf simpatik mengontrol merinding – refleks terkait dengan respons melawan atau melarikan diri.

Penyebab Merinding dalam Dunia Medis

Alasan merinding muncul berkaitan dengan otot kecil yang mengelilingi akar setiap rambut di tubuh Anda. Saat otot mengencang, benjolan kecil muncul di kulit Anda. Berikut beberapa faktornya:

1. Kedinginan

Jika Anda terlalu dingin, otak Anda memberitahu tubuh Anda bahwa ia harus melakukan langkah-langkah untuk pemanasan. Merinding adalah salah satu sinyal itu. Mereka juga merupakan upaya untuk menjebak udara hangat di dekat kulit Anda dan membiarkan Anda mempertahankan panas tubuh Anda.

Jika Anda merinding karena kedinginan, tanda-tanda lain dapat meliputi:

  • Demam.
  • Keinginan untuk memeluk diri sendiri.
  • Kulit pucat.

Setelah Anda melakukan pemanasan, rasa merinding Anda tentu akan hilang. Segera hubungi bantuan medis jika Anda mulai merasa mengantuk, sulit berbicara atau bergerak, atau merasa bingung. Anda bisa mengalami hipotermia, suatu kondisi di mana suhu tubuh Anda turun sangat rendah sehingga Anda memerlukan perawatan.

2. Perasaan yang Kuat

Ketika Anda memiliki perasaan yang kuat seperti ketakutan, kekaguman, atau hasrat seksual, tubuh Anda melepaskan hormon yang membuat otot-otot kecil di bawah kulit Anda mengencang dan rambut Anda berdiri tegak. Hewan berbulu juga memiliki refleks ini. Itu membuat mereka terlihat lebih besar dan lebih menakutkan ketika mereka dalam bahaya.

Karena manusia tidak memiliki banyak bulu tubuh, Anda hanya akan melihat kulit Anda merinding. Ini kemungkinan besar terjadi pada lengan bawah Anda. Jika emosi yang kuat adalah alasan Anda merinding, Anda mungkin juga mengalami:

  • Panas dingin.
  • Detak jantung lebih cepat.
  • Pernapasan lebih cepat.
  • Mengeluarkan air mata.

3. Tersumbatnya Folikel Rambut

Kulit Anda mengandung zat keras yang disebut keratin yang membantu melindunginya dari infeksi. Jika Anda membuat terlalu banyak keratin, Anda mengalami kondisi yang disebut keratosis pilaris. Ini dapat menyumbat folikel rambut Anda, yaitu kantong kecil di kulit tempat rambut Anda tumbuh, dan meninggalkan benjolan kecil.

Anda bisa terkena keratosis pilaris pada usia berapa pun, tetapi paling sering terjadi pada anak kecil. Jika keratosis pilaris adalah penyebab merinding Anda, gejala lain dapat meliputi:

  • Benjolan seperti amplas di pipi, lengan atas, paha, atau bokong.
  • Tambalan kasar yang kering.
  • Lebih banyak gundukan saat cuaca semakin dingin dan kering.

Keratosis pilaris tidak berbahaya. Meskipun tidak ada obatnya, sering hilang dengan sendirinya. Krim yang mengandung urea, asam laktat, asam salisilat, atau asam alfa-hidroksi dapat membantu menghaluskan bercak kasar dan mencegah lebih banyak benjolan.

4. Kejang

Meski jarang, Anda bisa merinding saat kejang. Ini kemungkinan besar terjadi jika Anda menderita epilepsi lobus temporal, di mana kejang dimulai di bagian otak yang mengontrol emosi Anda.

Jika kejang adalah penyebab merinding, Anda juga dapat:

  • Merasa bingung.
  • Menatap ke luar angkasa.
  • Telan, kunyah, atau kecup bibir Anda.
  • Buat gerakan dengan jari-jari Anda.

Kejang jenis ini bisa bertahan hingga 2 menit. Temui dokter Anda jika Anda merasa mengalami kejang. Ada banyak perawatan berbeda dapat mencegah yang lain. Ini termasuk obat harian, pembedahan, atau alat khusus yang menghentikan saraf di otak Anda agar tidak salah sasaran.

Pastinya, kita paling sering mendapatkan terjadinya merinding saat kedinginan. Jadi jangan lagi dikaitkan dengan hal-hal mistis, karena ada berbagai alasan dalam dunia medis mengenai merinding.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ini Dia Penyebab Merinding dalam Dunia Medis

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Medical News Today. Akses pada 2023. Goosebumps on the skin: Causes and symptoms.
WebMD. Akses pada 2023. What Causes Goosebumps?
Harvard Health. Akses pada 2023. Wondering about goosebumps? Of course you are
Pfizer. Akses pada 2023. Bodily Functions Explained: Goosebumps.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn