Jenis Terapi untuk Kesehatan Mental

Jenis Terapi untuk Kesehatan Mental

ReliDoc – Jakarta. Sedang merasa stres dan merasa kondisi mental kamu sedang terganggu. Berikut beberapa jenis terapi yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental kamu. Yuk, simak selengkapnya jenis terapi untuk kesehatan mental di sini!

Apa itu Kesehatan Mental?

Kesehatan mental merupakan kondisi yang mengarah pada keadaan jiwa, emosional dan sosial seseorang. Hal ini menyangkut bagaimana seseorang dalam berperilaku atau berinteraksi baik secara berpikir maupun merasakan setiap hal yang dijalani dalam keseharian. Kesehatan mental yang baik berarti memiliki kemampuan untuk mengatasi stres, berfungsi secara produktif, menjaga hubungan yang baik, dan beradaptasi dengan perubahan dan tantangan dalam kehidupan dan hal sebaliknya akan terjadi jika kondisi kesehatan mental seseorang sedang terganggu.

Saat sekarang ini, banyak yang mengeluh persoalan kesehatan mental, dengan berbagai cerita dan penyebab dari kesehatan mental yang terganggu. Tentunya kesehatan mental yang terganggu memiliki penyebab. Berikut penyebab dari terganggunya kesehatan mental seseorang.

Penyebab

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu, seperti:

● Faktor Genetik

Madu lebah alami adalah salah satu cara paling efektif untuk mengobati batuk basah. dilansir dari The National Center for Biotechnology Information (NCBI)  menemukan bahwa makan 1,5 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk dan mendorong tidur nyenyak pada anak-anak. Sehingga seharusnya bekerja dengan baik juga untuk orang dewasa.

● Perubahan Kimia pada Otak

Ketidakseimbangan atau perubahan dalam zat kimia otak seperti neurotransmiter (misalnya serotonin, dopamin) dapat berperan dalam munculnya gangguan mental. Misalnya, depresi dikaitkan dengan rendahnya kadar serotonin dalam otak.

● Adanya Traumatis

Umumnya, trauma seperti kekerasan fisik, pelecehan seksual, kecelakaan yang traumatis, atau kehilangan yang signifikan dapat berkontribusi pada perkembangan gangguan mental. Faktanya, pengalaman traumatis yang tidak diolah dengan baik dapat menyebabkan gejala-gejala seperti gangguan stres pasca-trauma (PTSD), depresi, atau kecemasan.

● Stres Lingkungan

Stres karena tekanan kerja yang berlebihan, konflik interpersonal, atau masalah keuangan dapat memberi tekanan yang berat pada kesehatan mental seseorang. Lingkungan yang tidak sehat atau beracun juga dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental.

● Gangguan Perkembangan

Beberapa gangguan perkembangan seperti autisme atau gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Gangguan perkembangan ini sering kali muncul pada masa kanak-kanak dan dapat berlanjut hingga dewasa.

● Penggunaan Zat Adiktif

Penyalahgunaan alkohol, obat-obatan terlarang, atau zat adiktif lainnya dapat menyebabkan atau memperburuk gangguan mental. Penggunaan zat yang berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan kimia otak dan menyebabkan masalah kesehatan mental.

Jenis Terapi untuk Kesehatan Mental

Ada banyak jenis terapi yang ahli gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Berikut adalah beberapa jenis terapi yang umum dilakukan:

1. Terapi Interpersonal

Terapi ini fokus pada perbaikan hubungan interpersonal dan keterampilan sosial. Manfaatnya meliputi meningkatkan kualitas hubungan, mengatasi masalah komunikasi, dan mengurangi gejala depresi.

2. Terapi Seni (Art Therapy)

Berikutnya, jenis terapi ini menggunakan seni sebagai alat ekspresi untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Manfaatnya antara lain membantu mengatasi trauma, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kreativitas dan pemahaman diri.

3. Terapi Keluarga

Biasanya, terapi ini melibatkan anggota keluarga dalam proses penyembuhan, dengan tujuan memperbaiki dinamika keluarga dan komunikasi yang tidak sehat. Tentu saja, manfaatnya termasuk meningkatkan kualitas hubungan keluarga, mengatasi konflik, dan membantu mengatasi masalah anak remaja.

4. CBT atau Cognitive Behavioral Therapy

Sedangkan, terapi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengubah pola pikir dan perilaku yang tidak sehat. Manfaatnya antara lain mengurangi gejala depresi dan kecemasan, meningkatkan pemecahan masalah, dan membantu mengatasi gangguan makan.

5. Terapi EMDR (Eye Movement Desensitization and Reprocessing)

Lebih lanjut, terapi EMDR adalah terapi yang digunakan untuk mengatasi trauma dan gangguan stres pasca-trauma. Manfaatnya meliputi mengurangi gejala trauma, memproses pengalaman traumatis, dan meningkatkan ketahanan mental.

6. Terapi Psikodinamik

Jenis ini berfokus pada pemahaman terhadap pola pikir dan perilaku yang berasal dari pengalaman masa lalu. Manfaatnya meliputi meningkatkan pemahaman diri, mengurangi gejala depresi dan kecemasan, serta meningkatkan hubungan interpersonal.

7. Terapi Olahraga (Exercise Therapy)

Terapi ini melibatkan aktivitas fisik sebagai bagian dari proses penyembuhan mental. Manfaatnya termasuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan, meningkatkan suasana hati, serta meningkatkan kualitas tidur.

Setiap jenis terapi memiliki manfaat yang berbeda-beda, dan pilihan terapi yang tepat tergantung pada kebutuhan dan kondisi individu. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk menentukan terapi yang paling sesuai dalam situasi Anda.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Jenis Terapi untuk Kesehatan Mental

Mayo Clinic. Akses pada 2023. Mental Illness.
Cdc.gov. Akses pada 2023. About Mental Health.
WHO.Int, Akses pada 2023. Mental Health.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn