Kenali Baby Blues pada Ibu Baru

Kenali Baby Blues pada Ibu Baru

ReliDoc – Jakarta. Merasa sedih atau depresi setelah beberapa hari melahirkan? Kejadian ini dinamakan Baby Blues Syndrome yang memang umum terjadi ya. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk kenali Baby Blues pada ibu baru di bawah ini.

Apa itu Baby Blues?

Baby blues adalah rasa sedih yang dialami banyak wanita di beberapa hari pertama setelah melahirkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada hari kedua atau ketiga setelah melahirkan.

Umumnya baby blues berlangsung selama beberapa hari, hingga 2 minggu. Baby blues dialami oleh 4 dari 5 orang tua baru atau sekitar 80%. Kondisi tersebut dapat dialami oleh orang tua baru tanpa memandang usia, pendapatan, budaya, atau tingkat pendidikan, terlepas dari jumlah kelahiran.

Baby blues sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan, intervensi, atau pengobatan khusus. Namun, jika gejala tidak mereda atau memburuk setelah beberapa minggu, Anda mungkin mengalami depresi pasca persalinan (postpartum depression).

Setelah melahirkan, kadar hormon menurun, memengaruhi suasana hati. Bayi baru lahir juga sering terbangun, sehingga ibu tidak cukup tidur. Tak perlu dikatakan, kebanyakan ibu merasa cemas merawat bayi mereka, dan mereka mengalami stres yang belum pernah mereka tangani sebelumnya.

Penyebab Baby Blues

Hingga saat ini, penyebab baby blues masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kondisi ini, yaitu:

1. Perubahan Hormon

Setelah melahirkan, tubuh akan mengalami perubahan kadar hormon yang cukup drastis yang dimana, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh akan menurun. Ini membuat terjadinya perubahan suasana hati atau mood swing serta perasaan lelah dan tertekan.

2. Kesulitan Beradaptasi

Adaptasi dengan perubahan yang ada atau tanggung jawab baru sebagai seorang ibu dapat menjadi penyebab baby blues. Banyak ibu baru yang kewalahan menangani segala sesuatunya sendiri, termasuk kebutuhan bayinya.

3. Riwayat gangguan mental

Wanita dengan riwayat gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan juga berisiko lebih tinggi mengalami baby blues dan depresi pasca persalinan.

4. Kurangnya Tidur

Siklus tidur bayi baru lahir yang tidak teratur menyebabkan ibu sering terbangun di tengah malam dan banyak mengonsumsi waktu tidur. Kurang tidur yang terus-menerus ini membuat lelah dan tidak nyaman. Ini juga dapat menyebabkan gejala baby blues seperti sedih dan mudah tersinggung.

Ciri-Ciri Baby Blues Syndrome

Ciri utama sindrom baby blues adalah perubahan suasana hati yang cepat dari senang menjadi sedih. Misalnya, wanita bisa bahagia dan bangga dengan pekerjaan sebagai ibu baru. Kemudian wanita merasa sulit dan menangis karena tidak dapat memenuhi tugas sebagai ibu baru.

Selain itu, gejala sindrom baby blues mungkin termasuk:

  • Kelelahan yang membuat tidak mampu mengurus diri sendiri.
  • Merasa sedih
  • Menangis
  • Kehilangan selera makan.
  • Sulit dan kurang tidur.
  • Kesulitan berkonsentrasi atau membuat keputusan.

Namun, apabila wanita merasa gejalanya tidak kunjung membaik atau malah semakin parah, sebaiknya meminta bantuan lebih lanjut karena bisa jadi ibu mengalami postpartum depression.

Pada awalnya, postpartum depression dapat terlihat seperti baby blues karena memiliki banyak gejala yang sama. Tapi bisa lebih parah seperti merasa putus asa, tidak ada ikatan dengan bayi, hingga pemikiran ekstrim seperti bunuh diri.

Cara Mengatasi Baby Blues

Beberapa cara dalam mengatasi Baby Blues merupakan :

  • Mempersiapkan fisik, mental dan material untuk melahirkan. Jika ibu siap menerima kehadiran bayi, rasa takut akan kelahiran bayi tidak akan membuatnya tertekan, tetapi akan membuatnya bahagia.
  • Jalan-jalan keluar rumah. Salah satu cara untuk mengatasi baby blues adalah dengan meninggalkan kebiasaan mengganti popok atau aktivitas lain yang berhubungan dengan anak untuk sementara waktu, bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi baby blues. Coba untuk keluar rumah dan minta suami atau keluarga menjaga bayi sejenak.
  • Berbagi beban dengan pasangan adalah cara terbaik untuk menghindari baby blues. Membicarakan masalah pengasuhan anak dan berbagi tanggung jawab dengan pasangan dapat meringankan beban fisik dan psikologis para ibu.
  • Menjadi ibu baru bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk memulihkan fisik dan mental setelah melahirkan untuk mengatasi baby blues. Berikan waktu untuk beradaptasi sebagai ibu baru.
  • Jaga pola makan dan cukupi tidurnya. Perhatikan apa yang ibu makan, istirahat yang cukup, dan jaga kondisi fisik tubuh ibu.

Apakah Bisa di Terjadi Sebelum Kelahiran?

Baby Blues Syndrome adalah gangguan mood yang menyerang wanita setelah melahirkan. Tapi, tidak semua wanita merasakannya secara bersamaan. Beberapa ibu merasakan gejala baby blues pada bayinya lebih awal, yaitu sebelum kelahiran. Kondisi ini umumnya dikenal sebagai pre-baby blues atau depresi antepartum (antepartum depression).

Jika terjadi sebelum kelahiran, sindrom ini kemungkinan besar terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil. Kehamilan pertama ini dapat menimbulkan kecemasan yang berlebihan terhadap proses kelahiran selanjutnya.

Nah, itu dia beberapa penjelasan tentang Baby Blues yang penting bagi ibu hamil ketahui sebelum lahiran ya, Reli Friends. Untuk ibu hamil yang membutuhkan pengecekan USG 2D/3D/4D bisa dengan layanan Reli Monic secara gratis. Reli Monic adalah fasilitas mobile clinic pertama di industri asuransi Indonesia, dilengkapi dengan mesin USG 2D/3D/4D serta didukung tenaga medis profesional berpengalaman. Cara mendapatkan layanan USG dan konsultasi kehamilan gratis:

  • Kunjungan Reli Monic ke PT
  • Datang ke Lokasi Reli Monic, bagi peserta dengan mendaftar layanan Reli Monic melalui aplikasi ReliCare.
  • Reli Monic Special Moment, seperti acara Bakti Sosial bersama Asuransi Reliance dan RS EMC Cikarang, tanggal 22 Desember 2023 di Living Plaza Jababeka, bagi masyarakat umum.
  • ReliDoc Telemedicine to Reli Monic

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Baby Blues pada Ibu Baru

American Pregnancy. Akses pada 2022. Baby Blues
NCBI. Akses pada 2022. Postpartum Blue is Common in Socially and Economically Insecure Mothers.
NHS UK. Akses pada 2022. Feeling depressed after childbirth.
Web MD. Akses pada 2022. Which Antidepressants Treat Postpartum Depression?

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn