Kenali Ciri-Ciri Kehamilan Kamu

Kenali Ciri-Ciri Kehamilan Kamu

ReliDoc – Jakarta. Kehamilan adalah hal yang dinanti-nanti oleh semua pasangan suami istri. Namun kehamilan di usia awal/muda terkadang tidak disadari, dan hal ini dapat membahayakan janin. Yuk, kenali ciri-ciri kehamilan kamu di sini!

Kehamilan

Awal kehamilan biasanya tidak langsung kita ketahui karena kehamilan di awal minggu bisa saja tidak terjadi, mengapa ? Kehamilan terhitung 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir. Siklus ovulasi yang biasanya terjadi pada hari ke-13 hingga hari ke-20 setelah hari pertama haid terakhir akan menentukan tanggal pembuahan. Siklus menstruasi pada perempuan tentunya berbeda-beda, tapi secara umum siklusnya terjadi selama 28 hari.

Kondisi kehamilan di awal minggu sering kali tidak kita sadari, karena ciri-cirinya hampir serupa dengan menstruasi (PMS). Perlu juga kita ketahui tanda kehamilan bagi setiap perempuan itu bisa saja berbeda, contohnya ada yang merasakan mual yang hebat tapi ada juga yang tidak, ada yang merasakan perubahan di bagian payudara ada juga yang tidak.

Sebagian besar ibu hamil akan merasakan hal berikut :

  • Telat Haid.
  • Mudah lelah.
  • Emosional tidak stabil.
  • Perubahan selera makan.
  • Sensitif terhadap bau.
  • Sering nyeri dan kram perut.
  • Muncul bercak darah pada vagina.

Ciri-Ciri Kehamilan

Berikut ciri-ciri kehamilan yang harus kamu ketahui:

1. Perubahan Payudara

Adanya perubahan hormon saat hamil akan mempengaruhi payudara menjadi lebih sensitif (sakit), terasa kencang, puting akan menonjol dan berwarna gelap di sekitar areola dan pembuluh darah lebih terlihat jelas.

2. Perut Kembung (Seperti Masuk Angin)

Perut kembung karena perubahan hormon yang membuat pencernaan lebih lambat. Biasanya perut kembung disertai dengan rasa mual dan muntah. Perut kembung umumnya muncul pada minggu ke-4 sampai minggu ke-6 kehamilan.

3. Sakit Pinggang

Biasanya, sakit pinggang tergantung pada usia kehamilan. Sakit yang terasa berpusat pada bagian bawah punggung. Hal ini menyebabkan posisi tidur ibu yang miring ke kiri atau ke kanan.

4. Sembelit

Karena kenaikan hormon progesteron pada tubuh ibu hamil, sehingga menyebabkan pergerakan usus jadi lebih lambat dan menyebabkan sembelit.

5. Pusing

Pendek kata, ibu hamil mengalami pusing karena adanya peningkatan hormon secara tiba-tiba di aliran darah.

6. Sering Buang Air Kecil

Ibu hamil juga akan sering buang air kecil, hal ini timbul karena perubahan hormon dan bertambahnya cairan dalam tubuh.

7. Rambut Rontok

Hal ini terjadi saat adanya perubahan kadar hormon progesteron sehingga membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah saat hamil.

8. Kram dan Pendarahan

Kram yang dirasakan hampir sama dengan rasa kram saat menstruasi ini sebabnya banyak yang tak menyadari kehamilannya. Pendarahan yang terjadi merupakan pendarahan implantasi atau berupa bercak-bercak darah saja.

Jika kamu mengalami ciri-ciri seperti di atas, segeralah lakukan pengecekan, bisa menggunakan alat bantu testpack atau langsung konsultasikan dengan dokter kandungan, agar tidak adanya dugaan-dugaan tak tentu.

Untuk ibu hamil yang membutuhkan pengecekan USG 2D/3D/4D bisa dengan layanan Reli Monic secara gratis. Reli Monic adalah fasilitas mobile clinic pertama di industri asuransi Indonesia, dilengkapi dengan mesin USG 2D/3D/4D serta didukung tenaga medis profesional berpengalaman. Cara mendapatkan layanan USG dan konsultasi kehamilan gratis:

  • Kunjungan Reli Monic ke PT
  • Datang ke Lokasi Reli Monic, bagi peserta dengan mendaftar layanan Reli Monic melalui aplikasi ReliDoc.
  • Reli Monic Special Moment, seperti acara Bakti Sosial bersama Asuransi Reliance dan RS EMC Cikarang, tanggal 26 Juni 2023 di Living Plaza Jababeka, bagi masyarakat umum.
  • Chat Dokter to Reli Monic

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Ciri-Ciri Kehamilan Kamu

Healthline. Akses pada 2023. Early Pregnancy Symptoms.
Healthline. Akses pada 2023. 1 Week Pregnant: What Are the Signs?
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Pregnancy Constipation.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn