Kenali Ciri Gangguan Bipolar

Kenali Ciri Gangguan Bipolar

ReliDoc – Jakarta. Gangguan bipolar ditandai dengan naik turunnya suasana hati. Namun, kondisinya bisa sulit didiagnosis, karena gejalanya bervariasi, dan seringkali bisa timbul oleh kondisi lain. Yuk kenali ciri gangguan bipolar agar dapat segera diatasi di bawah ini!

Apa itu Gangguan Bipolar?

Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang melibatkan suasana hati tinggi dan rendah secara signifikan. Suasana hati yang tinggi adalah periode mania atau hipomania, sedangkan suasana hati yang rendah adalah periode depresi. Perubahan suasana hati juga bisa tercampur, sehingga Anda mungkin merasa gembira dan tertekan pada saat yang bersamaan.
Faktanya, Institut Kesehatan Mental di Amerika Serikat memperkirakan sekitar 4,4% orang dewasa mengalami gangguan bipolar pada suatu waktu. Gejala biasanya muncul antara usia 18 hingga 29 tahun, namun bisa terjadi pada semua usia, termasuk masa kanak-kanak dan remaja.
Gangguan bipolar mungkin sulit terdiagnosis, tetapi ada tanda atau gejala yang dapat Anda cari.

Penyebab Gangguan Bipolar

Sampai saat ini, penyebab pasti gangguan bipolar belum diketahui, tetapi beberapa faktor mungkin terlibat, seperti:

• Perbedaan Biologis

Orang dengan gangguan bipolar tampaknya mengalami perubahan fisik di otak mereka. Signifikansi dari perubahan ini masih belum pasti tetapi pada akhirnya dapat membantu menentukan penyebabnya.

• Genetika

Gangguan bipolar lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kerabat tingkat pertama, seperti saudara kandung atau orang tua, dengan kondisi tersebut. Para peneliti sedang mencoba menemukan gen yang mungkin terlibat dalam penyebab gangguan bipolar.

Gejala

Ada beberapa jenis gangguan bipolar dan gangguan terkait lainnya, termasuk mania atau hipomania dan depresi. Gejala dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan perilaku yang tidak dapat diprediksi, mengakibatkan tekanan dan kesulitan yang signifikan dalam hidup.

1. Gangguan Bipolar I

Penderita pernah mengalami setidaknya satu episode manik yang mungkin didahului atau diikuti oleh episode hipomanik atau depresi berat. Dalam beberapa kasus, mania dapat memicu istirahat dari kenyataan (psikosis).

2. Gangguan Bipolar II

Penderita pernah mengalami setidaknya satu episode depresi berat dan setidaknya satu episode hipomanik, tetapi Anda tidak pernah mengalami episode manik.

3. Gangguan Siklotimik

Penderita dewasa telah mengalami setidaknya dua tahun ( atau satu tahun pada anak-anak dan remaja) dari banyak periode gejala hipomania dan periode gejala depresi (walaupun tidak separah depresi berat).

4. Tipe Gangguan Lainnya

Ini termasuk, misalnya, bipolar dan gangguan terkait yang disebabkan oleh obat-obatan atau alkohol tertentu atau karena kondisi medis, seperti penyakit Cushing, multiple sclerosis atau stroke.

Gangguan Bipolar II bukanlah bentuk Gangguan Bipolar I yang lebih ringan, melainkan diagnosis terpisah. Sementara episode manik dari Gangguan Bipolar I bisa parah dan berbahaya, individu dengan Gangguan Bipolar II dapat mengalami depresi untuk waktu yang lebih lama, yang dapat menyebabkan gangguan yang signifikan.

Meskipun gangguan bipolar dapat terjadi pada usia berapa pun, biasanya didiagnosis pada usia remaja atau awal 20-an. Gejala dapat bervariasi dari orang ke orang, dan gejala dapat bervariasi dari waktu ke waktu.

Ciri Umum Gangguan Bipolar

Ciri-ciri dari gangguan bipolar umumnya dapat terbagi menjadi mania dan depresi.

10 Ciri Mania dari Gangguan Bipolar

Berikut adalah 10 ciri mania dari gangguan bipolar:

  • merasa terlalu bahagia atau “tinggi” untuk jangka waktu yang lama.
  • merasa gelisah atau “kabel”.
  • memiliki kebutuhan tidur yang berkurang.
  • berbicara sangat cepat, seringkali dengan pemikiran yang berpacu dan topik yang berubah dengan cepat.
  • merasa sangat gelisah atau impulsif.
  • menjadi mudah terganggu.
  • perasaan kemegahan, yaitu saat penderita merasa sangat penting atau memiliki koneksi penting.
  • merasa seolah-olah penderita bisa melakukan apa saja.
  • terlibat dalam perilaku berisiko, seperti melakukan hubungan seks impulsif, berjudi dengan tabungan hidup, atau menghabiskan banyak uang.
  • memiliki nafsu makan yang rendah.

10 Ciri Depresi dari Gangguan Bipolar

Seperti mania, depresi juga dapat menyebabkan gejala lain, tetapi berikut adalah 10 tanda utama depresi dari gangguan bipolar:

  • merasa sedih atau putus asa untuk jangka waktu yang lama.
  • menarik diri dari teman dan keluarga.
  • kehilangan minat pada aktivitas yang pernah Anda nikmati.
  • mengalami perubahan nafsu makan yang signifikan.
  • merasa sangat lelah atau kekurangan energi.
  • merasa melambat dan tidak mampu melakukan tugas-tugas sederhana.
  • berbicara perlahan.
  • tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • memiliki masalah dengan ingatan, konsentrasi, dan pengambilan keputusan.
  • berpikir tentang kematian atau bunuh diri atau mencoba bunuh diri.

Pencegahan

Tidak ada cara pasti untuk mencegah gangguan bipolar. Namun, mendapatkan pengobatan pada tanda awal gangguan kesehatan mental dapat membantu mencegah gangguan bipolar atau kondisi kesehatan mental lainnya memburuk.

Jika Anda telah didiagnosis dengan gangguan bipolar, beberapa strategi dapat membantu mencegah gejala minor menjadi episode mania atau depresi yang parah:

  • Perhatikan tanda-tanda peringatan. Mengatasi gejala sejak dini dapat mencegah episode menjadi lebih buruk. Anda mungkin telah mengidentifikasi pola episode bipolar Anda dan apa yang memicunya. Hubungi dokter Anda jika Anda merasa mengalami episode depresi atau mania. Libatkan anggota keluarga atau teman untuk mengamati tanda-tanda peringatan.
  • Hindari narkoba dan alkohol. Menggunakan alkohol atau narkoba dapat memperburuk gejala Anda dan membuatnya lebih mungkin untuk kembali.
  • Minumlah obat persis seperti yang diarahkan. Anda mungkin tergoda untuk menghentikan pengobatan – tetapi jangan. Menghentikan pengobatan Anda atau mengurangi dosis Anda sendiri dapat menyebabkan efek penarikan atau gejala Anda dapat memburuk atau kembali.

Hal-hal tersebut merupakan ciri dari gangguan bipolar. Apabila kamu mengalami gangguan bipolar, baik mania ataupun depresi. Kami sarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Ciri Gangguan Bipolar

MayoClinic. Akses pada 2023. Bipolar disorder – Symptoms and causes.
NIH. Akses pada 2023. Bipolar Disorder.
NHS. Akses pada 2023. Overview – Bipolar disorder.
Healthline. Akses pada 2023. Symptoms and Warning Signs of Bipolar Disorder.
WebMD. Akses pada 2023. Bipolar Disorder: Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn