Kenali Diet Clean Eating, Ini Cara Penerapannya!

Kenali Diet Clean Eating, Ini Cara Penerapannya

ReliDoc – Jakarta. Masih mencari pola diet yang pas untuk tubuh kamu? Kamu bisa coba diet clean eating, dengan mengonsumsi makanan yang alami tanpa proses secara berlebihan. Bagaimana penerapannya? Yuk kenali diet clean eating dan cara penerapannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Clean Eating?

Clean eating atau “makan dengan bersih” adalah pendekatan nutrisi yang mengedepankan konsumsi makanan yang minim proses, alami, dan tidak mengandung bahan tambahan kimia atau zat aditif. Konsep clean eating lebih menekankan pada kualitas makanan daripada kuantitasnya, dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

“Diet Clean Eating” adalah mengonsumsi makanan yang alami, tidak diproses secara berlebihan, dan minim bahan tambahan. Tujuan dari diet ini adalah untuk memilih makanan yang lebih sehat dan mendukung kesejahteraan tubuh dengan menghindari makanan olahan dan produk dengan kandungan bahan kimia yang tinggi.

Meskipun tidak ada definisi standar yang baku. Berikut ini konsep utama dari Clean Eating meliputi:

1. Makan Makanan Segar dan Alami

Pilih makanan yang minim diproses dan lebih dekat dengan bentuk alami mereka, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, protein nabati dan hewani yang lebih murni, dan produk susu dalam bentuk yang lebih alami (seperti yogurt plain).

2. Hindari Makanan Olahan

Batasi atau hindari makanan olahan yang mengandung tambahan bahan kimia, pemanis buatan, pewarna buatan, dan pengawet. Ini termasuk makanan cepat saji, camilan kemasan, minuman bersoda, dan produk makanan instan.

3. Pilihan Karbohidrat yang Sehat

Pilih karbohidrat yang lebih sehat seperti biji-bijian utuh (seperti beras merah atau quinoa), kentang, dan umbi-umbian, daripada karbohidrat olahan yang mengandung banyak gula tambahan.

4. Protein Berkualitas

Konsumsi protein berkualitas tinggi, baik dari sumber hewani (seperti daging tanpa lemak, telur, ikan) maupun nabati (kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe).

5. Lemak Sehat

Pilih lemak sehat seperti lemak tak jenuh, termasuk minyak zaitun, minyak kelapa, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak.

6. Batasi Gula dan Garam Tambahannya

Batasi konsumsi gula tambahan dan garam yang berlebihan, dan pilih makanan yang lebih alami dan rendah gula atau garam tambahannya.

7. Fokus pada Sayuran dan Buah-buahan

Buat sayuran dan buah-buahan menjadi bagian penting dari makanan sehari-hari Anda, karena mereka kaya serat, vitamin, dan mineral.

Penerapan Diet Clean Eating

Penerapan diet Clean Eating melibatkan mengadopsi pola makan yang lebih alami, minim diproses, dan lebih sehat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menerapkan diet Clean Eating:

1. Pilih Makanan Segar dan Utuh

Pertama-tama prioritaskan makanan segar seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan protein berkualitas seperti daging tanpa lemak, ikan, dan telur.

2. Baca Label Makanan

Ketika membeli makanan yang dikemas, baca label dengan seksama. Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung daftar bahan yang panjang dan sulit diucapkan, serta makanan yang mengandung pemanis buatan, pewarna buatan, dan bahan kimia tambahan lainnya.

3. Batasi Gula Tambahan dan Garam

Selain itu, kurangi konsumsi gula tambahan dan garam berlebihan. Hindari minuman bersoda dan jus buah yang tinggi gula, serta makanan yang terlalu asin.

4. Masak Sendiri di Rumah

Memasak sendiri di rumah memungkinkan Anda mengontrol bahan-bahan yang digunakan dalam makanan Anda. Tentu saja, ini juga memberi Anda kesempatan untuk menghindari bahan tambahan yang tidak diinginkan.

5. Hindari Makanan Cepat Saji

Umumnya, makanan cepat saji cenderung mengandung banyak lemak jenuh, gula tambahan, dan garam berlebihan. Jadi, cobalah untuk mengurangi atau menghindari makanan ini.

6. Prioritaskan Sayuran dan Buah-buahan

Lebih dari pada itu, buat sayuran dan buah-buahan sebagai komponen utama setiap hidangan. Karena mereka itu kaya serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan.

7. Pilih Sumber Protein Berkualitas

Konsumsi protein dari sumber berkualitas seperti daging tanpa lemak, ikan, ayam tanpa kulit, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

8. Konsumsi Karbohidrat Sehat

Pilih karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh (misalnya beras merah, quinoa, gandum utuh) daripada karbohidrat olahan yang tinggi gula.

9. Minyak Sehat

Gunakan minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak kacang-kacangan dalam masakan Anda.

10. Perencanaan Makanan

Selanjutnya, rencanakan makanan Anda dengan baik. Menyiapkan makanan di awal minggu atau memiliki menu harian yang terencana dapat membantu Anda menghindari pilihan makanan yang tidak sehat.

11. Hindari Pemanis Buatan

Batasi atau hindari penggunaan pemanis buatan seperti aspartam, sukralosa, dan acesulfame potassium. Setidaknya, gunakan pemanis alami seperti madu, stevia, atau gula kelapa dengan bijak.

12. Minum Air Putih Secukupnya

Faktanya, air putih adalah pilihan minuman terbaik. Maka, hindari minuman manis dan bersoda.

Itu dia penjelasan mengenai Diet Clean Eating dan Cara Penerapannya. Clean Eating tidak berarti Anda harus sempurna dan menghindari semua makanan olahan sepenuhnya. Penting untuk memastikan bahwa pola makan Anda tetap seimbang dan cukup mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Konsultasikan juga dengan ahli gizi atau profesional kesehatan sebelum mengubah pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Diet Clean Eating, Ini Cara Penerapannya!

Eatingwell. Akses pada 2024. Clean-Eating Meal Plan for Beginners.
Memorial Hermann Health System. Akses pada 2024. Getting Started on Clean Eating | Heart and Vascular.
Organize Yourself Skinny. Akses pada 2024. How to Eat Clean for Beginners?

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn