Kenali Gejala dan Penyebab HIV AIDS

Kenali Gejala dan Penyebab HIV AIDS

ReliDoc – Jakarta. Hari ini 1 Desember, kita memperingati Hari AIDS Sedunia untuk meningkatkan kesadaran tentang HIV/AIDS dan menunjukkan solidaritas internasional dalam menghadapinya. AIDS adalah penyakit yang dapat berkembang pada orang yang mengidap virus HIV. Mari kenali gejala dan penyebab HIV AIDS pada artikel ini!

Apa itu HIV dan AIDS?

Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) adalah suatu kondisi kronis yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). Dengan merusak sistem kekebalan Anda, HIV mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi dan penyakit.

HIV adalah penyakit infeksi menular seksual (IMS). Penyakit ini juga dapat ditularkan melalui kontak dengan darah yang terinfeksi dan dari penggunaan obat-obatan terlarang atau penggunaan jarum suntik secara bergantian. Penyakit ini juga dapat ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan atau menyusui. Tanpa pengobatan, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun sebelum HIV melemahkan sistem kekebalan Anda hingga Anda mengidap AIDS.

Hingga kini, tidak ada obat untuk HIV/AIDS, namun obat-obatan dapat mengendalikan infeksi dan mencegah perkembangan penyakit. Pengobatan antiviral untuk HIV telah mengurangi kematian akibat AIDS di seluruh dunia, dan organisasi-organisasi internasional berupaya untuk meningkatkan ketersediaan tindakan pencegahan dan pengobatan di negara-negara miskin sumber daya.

Gejala HIV AIDS

Umumnya, gejala HIV dan AIDS berbeda-beda, tergantung fase infeksinya. Berikut ini gejalanya berdasarkan fase:

1. HIV Akut atau Infeksi Primer

Beberapa orang yang terinfeksi HIV mengembangkan penyakit mirip flu dalam waktu 2 sampai 4 minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Penyakit ini, yang dikenal sebagai infeksi HIV primer (akut), dapat berlangsung selama beberapa minggu.

Tanda dan gejala yang mungkin terjadi meliputi:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot dan nyeri sendi
  • Ruam
  • Sakit tenggorokan dan sariawan yang menyakitkan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening, terutama di leher
  • Diare
  • Penurunan berat badan
  • Batuk
  • Berkeringat di malam hari

Gejala-gejala ini bisa sangat ringan sehingga Anda mungkin tidak menyadarinya. Namun, jumlah virus dalam aliran darah Anda (viral load) cukup tinggi saat ini. Akibatnya, infeksi menyebar lebih mudah pada infeksi primer dibandingkan pada tahap berikutnya.

2. HIV Kronis atau Infeksi Laten Klinis

Pada tahap infeksi ini, HIV masih ada di dalam tubuh dan sel darah putih. Namun, banyak orang mungkin tidak mengalami gejala atau infeksi apa pun selama masa ini. Tahap ini dapat berlangsung bertahun-tahun jika Anda menerima terapi antiretroviral (ART). Beberapa orang mengembangkan penyakit yang lebih parah lebih cepat.

3. Infeksi HIV Simptomatik

Ketika virus terus berkembang biak dan menghancurkan sel-sel kekebalan Anda – sel-sel dalam tubuh Anda yang membantu melawan kuman – Anda mungkin mengalami infeksi ringan atau tanda dan gejala kronis seperti:

  • Demam
  • Kelelahan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening seringkali merupakan salah satu tanda pertama infeksi HIV
  • Diare
  • Penurunan berat badan
  • Infeksi jamur mulut (sariawan)
  • Herpes zoster (herpes zoster)
  • Radang paru-paru

4. Perkembangan Menjadi AIDS

Akses terhadap pengobatan antiviral yang lebih baik telah secara dramatis menurunkan angka kematian akibat AIDS di seluruh dunia, bahkan di negara-negara miskin sumber daya. Berkat pengobatan yang menyelamatkan nyawa ini, sebagian besar orang dengan HIV di AS saat ini tidak mengembangkan AIDS. Jika tidak diobati, HIV biasanya berubah menjadi AIDS dalam waktu sekitar 8 hingga 10 tahun.

Ketika AIDS terjadi, sistem kekebalan tubuh Anda telah rusak parah. Anda akan lebih mungkin terserang penyakit yang biasanya tidak menyebabkan penyakit pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini disebut infeksi oportunistik atau kanker oportunistik.

Berikut ini tanda dan gejala dari beberapa infeksi ini mungkin termasuk:

  • Berkeringat
  • Panas dingin
  • Demam berulang
  • Diare kronis
  • Kelenjar getah bening membengkak
  • Bintik putih yang menetap atau lesi yang tidak biasa di lidah atau mulut Anda
  • Kelelahan yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan
  • Kelemahan
  • Penurunan berat badan
  • Ruam atau benjolan kulit

Penyebab HIV AIDS

Human Immunodeficiency Virus (HIV) dapat menyerang siapa saja, tidak peduli usia, ras, etnis, atau orientasi seksual Anda. Namun ada hal-hal tertentu yang membuat risiko Anda meningkat. Anda bisa tertular HIV jika darah, air mani, cairan miss v atau dubur, atau air susu ibu pengidap HIV masuk ke dalam tubuh Anda. Anda menempatkan diri Anda pada risiko tertinggi ketika Anda:

1. Seks Tanpa Pengaman

Perilaku seksual berisiko adalah salah satu cara penularan HIV yang paling umum dari orang ke orang. Saat berhubungan seks, Anda bertukar cairan tubuh dengan pasangan. Anda berisiko lebih tinggi terkena HIV jika Anda memiliki pasangan yang berisiko tinggi atau sudah mengidap HIV.

1. Seks Tanpa Pengaman

Perilaku seksual berisiko adalah salah satu cara penularan HIV yang paling umum dari orang ke orang. Saat berhubungan seks, Anda bertukar cairan tubuh dengan pasangan. Anda berisiko lebih tinggi terkena HIV jika Anda memiliki pasangan yang berisiko tinggi atau sudah mengidap HIV.

2. Berbagi Jarum Suntik

Ini adalah perilaku paling berisiko kedua dalam kaitannya dengan HIV. Anda membuat diri Anda terkena infeksi dari darah atau cairan yang tertinggal di dalam jarum suntik. Jika jarum suntik yang Anda gunakan adalah untuk penggunaan obat-obatan terlarang, Anda juga menempatkan diri Anda dalam risiko karena mengganggu penilaian Anda. Hal ini membuat Anda lebih cenderung melakukan hal-hal berisiko lainnya, seperti melakukan hubungan seks tanpa kondom saat berada di bawah pengaruh obat-obatan. Anda tidak boleh menggunakan jarum yang telah digunakan orang lain terlebih dahulu.

3. Infeksi Penyakit Menular Seksual

Jika Anda mengidap infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, herpes genital, kutil kelamin, atau sifilis, Anda berisiko lebih tinggi terkena infeksi HIV. Perilaku yang buruk dapat memicu dan meningkatkan risiko tertular HIV.

Penutup

Itulah gejala atau tanda serta penyebab dari HIV AIDS. Tentunya dengan meningkatkan kesadaran akan penyakit HIV dan AIDS dapat mengurangi penyebarannya, bahkan menghilangkannya. Jika Anda merasa terinfeksi HIV atau berisiko tertular virus, sesegera mungkin untuk temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Gejala dan Penyebab HIV AIDS

Mayo Clinic. Akses pada 2023. HIV/AIDS – Symptoms and causes
Healthline. Akses pada 2023. HIV and AIDS: Symptoms, Causes, Treatments, and More
WebMD. Akses pada 2023. HIV/AIDS Symptoms, Stages, and Early Warning Signs

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn