Kenali Herd Immunity, Cara untuk Menekan Pandemi

Kenali Herd Immunity, Cara untuk Menekan Pandemi

ReliDoc – Jakarta. Di masa pandemi Covid-19, istilah herd immunity sering disebut-sebut. Banyak yang bilang bahwa herd immunity merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus ini. Tapi, seberapa efektif cara ini dalam mencegah penyebaran virus? Yuk simak di bawah ini.

Apa itu Herd Immunity?

Herd Immunity adalah fenomena yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap suatu penyakit, sehingga penyebarannya tidak mungkin terjadi. Ini dapat terjadi melalui vaksinasi atau melalui infeksi alami dan pemulihan dari suatu penyakit.

Ketika sebagian besar populasi kebal terhadap suatu penyakit, penyakit itu sulit menyebar karena semakin sedikit orang yang terinfeksi. Bahkan mereka yang tidak kebal atau di vaksin kemungkinan kecil untuk bersentuhan dengan penyakit dan terinfeksi.

Keuntungan

Berikut beberapa keuntungan Herd Immunity merupakan:

  • Memberikan perlindungan bagi individu yang tidak dapat divaksinasi, seperti bayi muda atau individu dengan sistem kekebalan yang lemah.
  • Ini juga dapat membantu melindungi mereka yang belum mengembangkan kekebalan terhadap suatu penyakit, seperti mereka yang baru saja divaksinasi.
  • Ketika sebagian besar populasi kebal terhadap suatu penyakit, penyakit itu sulit menyebar, yang dapat membantu mengendalikan atau bahkan menghilangkan penyakit tersebut.
  • Hal ini dapat menghasilkan hasil kesehatan masyarakat yang lebih baik dan biaya perawatan kesehatan yang lebih rendah terkait dengan pengobatan penyakit.
  • Keadaan ini juga dapat memberikan perlindungan bagi komunitas dan populasi yang mungkin berisiko lebih tinggi terhadap wabah penyakit, seperti mereka yang tinggal dalam jarak dekat dengan kota atau mereka yang memiliki akses perawatan kesehatan yang lebih rendah.

Vaksin dan Herd Immunity

Faktanya, Herd Immunity dapat memberikan perlindungan bagi individu yang tidak dapat divaksinasi, seperti bayi muda atau individu dengan sistem kekebalan yang lemah.

Sementara itu, salah satu cara paling efektif untuk mencapai kekebalan populasi adalah melalui vaksinasi. Vaksin bekerja dengan memaparkan tubuh pada sejumlah kecil penyakit yang tidak berbahaya, yang memicu sistem kekebalan untuk memproduksi antibodi. Antibodi ini memberikan perlindungan terhadap penyakit jika orang tersebut terpapar di masa depan.

Meskipun kekebalan ini dapat memberikan perlindungan bagi individu dan komunitas, hal itu tidak selalu mudah untuk dicapai. Ini karena persentase tertentu dari populasi harus kebal untuk memberikan perlindungan bagi yang lainnya. Untuk beberapa penyakit, persentase ini bisa sangat tinggi, sehingga sulit untuk mencapai imunitas ini melalui vaksinasi saja.

Apakah Herd Immunity Efektif?

Kesimpulannya, Herd Immunity adalah fenomena yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap suatu penyakit, sehingga penyebarannya tidak mungkin terjadi. Ini dapat dicapai melalui vaksinasi atau melalui infeksi alami dan pemulihan dari suatu penyakit, serta dapat memberikan perlindungan bagi individu yang tidak dapat divaksinasi. Namun, mencapai kekbalan populasi ini  dapat menjadi tantangan dan membutuhkan sebagian besar populasi untuk menjadi kebal.

Nah, tentunya apabila kamu terjangkit penyakit dari virus, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai ya, agar tidak tambah sakit. Kamu juga perlu melakukan vaksinasi loh ya, untuk menjaga diri kamu dari berbagai penyakit.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Herd Immunity, Cara untuk Menekan Pandemi

World Health Organization. Akses pada 2022. Advice for The Public.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses pada 2022. Kemenkes Terbitkan Surat Edaran Pelaksanaan Vaksinasi Booster di Semua Wilayah.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Akses pada 2022. Bentuk Kekebalan Komunal, Kominfo Gelar Vaksinasi Akbar.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses pada 2022. Mengenal Herd Immunity Dalam Imunisasi.
Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Akses pada 2022. Teori ‘Herd Immunity dan Dampak Kematian Massal.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn