Kenali Mata Panda, Bukan Hanya Gejala Ngantuk Berat!

Kenali Mata Panda, Bukan Hanya Gejala Ngantuk Berat!

ReliDoc – Jakarta. Mata kamu mirip kaya mata panda? Sekeliling mata dengan kondisi kulit yang hitam? Banyak yang bilang penyebabnya adalah kurang tidur, tapi bukan itu saja loh. Yuk kenali mata panda, bukan hanya gejala ngantuk berat di bawah ini!

Apa itu Mata Panda?

Pada umumnya, mata panda adalah istilah yang sering kita gunakan untuk menggambarkan kondisi kulit di sekitar mata yang terlihat seperti lingkaran hitam atau bintik-bintik kecoklatan. Sehingga, kondisi ini dapat membuat seseorang terlihat lelah, kurang tidur, dan kurang sehat.

Namun, mata panda seringkali menjadi masalah kosmetik yang umum di kalangan orang dewasa, tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak. Faktanya, mata panda bisa timbul oleh berbagai faktor. Jika seseorang memiliki mata panda yang sangat parah atau persisten, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk mencari penanganan yang tepat.

Ini dia 8 Penyebab Mata Panda

Berikut adalah 8 penyebab yang dapat menyebabkan mata panda:

1. Keturunan

Pertama-tama, keturunan dapat memengaruhi penampilan seseorang, termasuk mata panda. Jika orang tua atau keluarga dekat memiliki mata panda, kemungkinan besar seseorang juga akan memiliki mata panda.

2. Kurang Tidur

Selanjutnya, kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak dapat membuat kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap. Ini disebabkan oleh peningkatan kadar kortisol, hormon stres dalam tubuh, yang dapat memicu produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.

3. Faktor Usia

Selain itu, seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata dapat menjadi lebih tipis dan kering. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah yang terletak di bawah kulit menjadi lebih terlihat, menyebabkan lingkaran gelap di sekitar mata.

4. Paparan Sinar Matahari

Ringkasnya, paparan sinar matahari secara berlebihan dapat merusak kulit dan menyebabkan produksi melanin yang berlebihan. Ini dapat menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap dari biasanya.

5. Asap

Rupanya, asap rokok atau bahkan asap dari lingkungan sekitar kamu sendiri, dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan. Ini dapat membuat kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap dan kusam.

6. Dehidrasi

Biasanya, kurang minum air dapat membuat kulit kering dan kusam, termasuk di sekitar mata. Ini dapat menyebabkan pembuluh darah yang terletak di bawah kulit menjadi lebih terlihat, menyebabkan lingkaran gelap di sekitar mata.

7. Alergi

Alergi dapat menyebabkan peradangan di sekitar mata, yang dapat membuat kulit menjadi lebih gelap. Beberapa alergi yang dapat menyebabkan mata panda antara lain alergi debu, alergi bulu binatang, dan alergi makanan.

8. Kekurangan Nutrisi

Pastinya, kekurangan nutrisi, terutama vitamin K, dapat menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap. Memang vitamin K diperlukan untuk membantu proses pembekuan darah dan juga membantu mengurangi lingkaran gelap di sekitar mata.

Cara Menangani Mata Panda

Ada beberapa cara untuk menangani mata panda, tergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata panda meliputi:

1. Tidur yang Cukup

Tentunya tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari penumpukan cairan di area mata. Dianjurkan untuk tidur 7-9 jam setiap malam.

2. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Sementara paparan sinar matahari dapat mempercepat proses penuaan kulit dan memperburuk kondisi mata panda. Jadi sangat dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam dan sunscreen ketika berada di luar ruangan pada siang hari.

3. Menghindari Stres

Stres dapat memperburuk kondisi mata panda. Oleh karena itu, disarankan untuk mengelola stres dengan cara seperti bermeditasi, melakukan yoga, atau aktivitas relaksasi lainnya.

4. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Tentu saja, konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi kondisi mata panda.

5. Menghindari Kebiasaan Merokok

Merokok dapat merusak kesehatan kulit dan mempercepat proses penuaan. Menghindari kebiasaan merokok dapat membantu mengatasi mata panda.

6. Menggunakan Krim Mata

Menggunakan krim mata yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, dan asam hialuronat dapat membantu mengurangi kondisi mata panda dan memberikan kelembapan pada kulit di sekitar mata.

7. Mengompres Mata

Mengompres mata dengan menggunakan kantung teh hijau atau kapas yang dibasahi dengan air dingin dapat membantu mengurangi bengkak dan kondisi mata panda.

8. Menjaga Hidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan menghindari kondisi mata panda.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi mata panda yang kerap terjadi pada kamu yang kurang tidur ataupun dari masalah lingkungan lainnya. Jadi jaga mata kamu agar tidak seperti panda ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Mata Panda, Bukan Hanya Gejala Ngantuk Berat!

All About Vision. Akses pada 2023. How To Get Rid Of Bags Under Your Eyes.
Healthline. Akses pada 2023. 10 Ways to Get Rid of Puffy Eyes.
Healthline. Akses pada 2023. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?
WebMD. Akses pada 2023. How Much Sleep Do I Need?
WebMD. Akses pada 2023. Slideshow: Banish the Bags Under Your Eyes.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn