Ketahui Mainan untuk Perkembangan Motorik Anak

Ketahui Mainan untuk Perkembangan Motorik Anak

ReliDoc – Jakarta. Bermain mempunyai banyak manfaat loh, salah satunya adalah motorik skill yang harus dikembangkan sejak dini. Seberapa penting dan mainan apa saja sih? Yuk simak mainan untuk perkembangan motorik anak di bawah ini!

Pentingnya Mengembangkan Motorik Anak Sejak Dini

Bayi membutuhkan berbagai perangkat untuk merangsang tumbuh kembangnya. Selain itu, mainan bayi juga dapat melatih motorik halus dan kasar.

Keterampilan motorik kasar mengacu pada gerakan yang membutuhkan partisipasi otot-otot besar, yaitu kaki, lengan, dan seluruh tubuh. Otot-otot ini digunakan untuk berjalan, melompat, dan berlari.

Keterampilan motorik halus adalah gerakan yang melibatkan otot-otot kecil seperti pergelangan tangan dan jari. Otot ini memainkan peran tambahan dalam aktivitas seperti menulis atau memegang benda.

Keterampilan motorik halus mendukung keterampilan perkembangan lainnya. Di antaranya, pertumbuhan sosial, kognitif dan emosional. Oleh karena itu, keterampilan motorik harus didorong sejak usia dini.

Berikut Mainan untuk Perkembangan Motorik Anak

Ada banyak mainan yang bisa membantu meningkatkan kemampuan motorik anak. Keterampilan ini, yang mencakup koordinasi, keseimbangan, serta keterampilan motorik halus dan kasar, penting untuk perkembangan anak secara keseluruhan dan dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan tugas sehari-hari. Berikut beberapa mainan untuk perkembangan motorik anak:

1. Bola

Salah satu jenis mainan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik adalah bola. Bola tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat digunakan untuk bermain misal untuk menangkap, melempar, atau bahkan berguling menangkap bola. Bermain dengan bola dapat membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, karena anak harus mengoordinasikan gerakannya untuk menangkap atau melempar bola.

Apabila masih anak masih kecil, kamu bisa menggunakan bola yang lunak, yang berisi busa atau kain, adalah pilihan yang baik untuk bayi. Mereka ringan dan mudah bagi bayi untuk menggenggamnya, dan bahan lembutnya aman.

Sedangkan untuk anak yang sudah mulai besar, bisa menggunakan bola yang lebih keras dan bermain permainan seperti sepak bola, basket, dan lainnya.

2. Puzzle

Mainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan motorik adalah puzzle. Puzzle, terutama yang potongannya lebih besar, dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus saat anak-anak menggunakan jari mereka untuk memanipulasi potongan. Selain itu, memecahkan teka-teki juga dapat membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kesadaran spasial.

3. Mainan Bangunan

Menggunakan mainan bangunan dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata anak-anak saat mereka mencoba menyelaraskan potongan bangunan dengan benar. Ini juga dapat membantu meningkatkan ketangkasan mereka saat mereka menggunakan jari mereka untuk menggenggam dan memanipulasi potongan-potongan bangunan kecil.

Mainan bangunan juga dapat anak-anak gunakan untuk meningkatkan kesadaran spasial dan penalaran spasial. Anak-anak harus memvisualisasikan struktur tiga dimensi yang mereka ciptakan dalam pikiran mereka dan kemudian memanipulasi potongan-potongan itu agar sesuai dengan visi itu.

4. Playdough

Menggunakan playdough dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak saat mereka memanipulasi plastisin dengan jari mereka. Ini juga dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata mereka saat mereka mencoba membuat bentuk atau objek tertentu.

Selain meningkatkan kemampuan motorik, playdough juga dapat memberikan stimulasi sensorik bagi anak. Tekstur adonan dapat menenangkan beberapa anak dan dapat membantu meningkatkan indra peraba mereka.

Plastisin juga dapat digunakan sebagai alat untuk bermain imajinatif. Anak-anak dapat menggunakan kreativitas mereka untuk membuat objek dan pemandangan yang berbeda dengan adonan, membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis mereka.

5. Kerincingan

Mainan kerincingan adalah bola dengan benda kecil di dalamnya yang mengeluarkan suara saat bola diguncang. Bayi dapat menggunakan bola-bola ini untuk melatih keterampilan menggenggam dan meraih, dan kebisingan dapat membantu merangsang indera pendengarannya.

6. Cloth Book

Cloth book atau buku kain terbuat dari bahan yang lembut, tahan lama, dan seringkali memiliki tekstur, pola, dan fitur yang berbeda untuk dijelajahi oleh bayi dan anak kecil. Mereka bisa menjadi cara yang baik untuk mengenalkan bayi pada sensasi yang berbeda dan dapat membantu merangsang indra peraba mereka.

Bermain dengan buku kain juga dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus bayi saat mereka menggunakan jari mereka untuk memanipulasi halaman dan menjelajahi berbagai fitur buku.

Namun, buku kain mungkin tidak seefektif meningkatkan keterampilan motorik seperti jenis mainan lainnya, seperti bola atau mainan bangunan, yang membutuhkan lebih banyak koordinasi dan manipulasi untuk digunakan.

Itulah, cara untuk meningkatkan motorik anak sejak dini menggunakan permainan-permainan yang kita berikan. Yuk, kembangkan skill motorik anak sejak dini agar dapat membantu anak dalam perkembangannya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ketahui Mainan untuk Perkembangan Motorik Anak

Baby Centre. Akses pada 2023. Toys That Boost Physical Development
Centers for Disease Control and Prevention. Akses pada 2023. Milestone Moments
Harvard Medical School. Akses pada 2023. The 3 Kinds of Toys That Really Help Your Child

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn