Ketahui Penyebab Bisul

Ketahui Penyebab Bisul

ReliDoc – Jakarta. Apakah kamu pernah bisulan? Tentunya hal ini sangat mengganggu dan sakit. Tapi tahukah kamu penyebab dari munculnya bisul itu sendiri? Apakah hanya karena tubuh yang kotor atau ada penyebab lainnya? Yuk, ketahui penyebab bisul selengkapnya di sini!

Apa itu Bisul?

Furunkel atau yang biasa kita kenal dengan bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang lama kelamaan akan membesar dan berisi nanah dan tentunya menimbulkan rasa sakit, gatal dan nyeri. Bisul muncul akibat infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut. Bagian tubuh yang sering menjadi tempat bisul muncul adalah ketiak, bokong, leher, bahkan pada selangkangan. Hal ini terjadi karena area tersebut sering mengalami gesekan dan keringat. Namun bukan hanya pada area tersebut, bisul juga bisa muncul pada kelopak mata yang lebih kita kenal dengan sebutan bintitan.

Bisul adalah hal yang dapat diatasi. Bisul kecil biasanya akan hilang dengan lama 2 minggu, dengan melakukan penanganan yang tepat, namun jika kondisi bisul semakin parah, hal ini harus mendapatkan penanganan dengan baik dan sebaiknya konsultasi dengan ahlinya. Kondisi ini cukup sering untuk kita temukan dan penyakit ini tergolong dalam penyakit yang dapat kita tangani di rumah.

Faktor Penyebab Bisul

Seperti penjelasan di atas bisul terjadi karena adanya infeksi bakteri. Bakteri penyebab bisul adalah Staphylococcus aureus. Perlu kita ketahui bahwa bisul adalah penyakit yang dapat menular. Penularannya melalui kontak langsung antar kulit.  Berikut faktor lain yang menyebabkan bisul, antara lain:

  • Tidak menjaga kebersihan diri dan kulit.
  • Memiliki daya tahan tubuh yang lemah karena sedang menjalani kemoterapi.
  • Karena adanya penyakit tertentu, seperti HIV, diabetes dan obesitas.
  • Bertukar barang pribadi dengan orang yang terkena bisul.
  • Terkena paparan bahan kimia atau kosmetik.
  • Infeksi rambut yang tumbuh ke dalam.
  • Adanya masalah kulit, seperti, kulit berjerawat, eksim atau scabies.
  • Kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik.

Gejala

Berikut gejala yang penderita bisul rasakan:

  1. Adanya benjolan merah kecil yang lama kelamaan membesar dan berisi nanah.
  2. Timbulnya rasa sakit, nyeri bahkan gatal pada area bisul.
  3. Kulit di sekitar bisul akan tampak merah dan terasa hangat jika tersentuh.
  4. Pada bisul akan ada titik putih dan kuning pada bagian tengah atau puncak (pustula) yang akan pecah dan mengeluarkan nanah.
  5. Bisul yang terinfeksi dapat menimbulkan demam, bahkan demam tinggi jika terjadi kasus sepsis.

Cara Penanganan

Cara penanganan untuk bisul sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan obat dan juga perawatan di rumah. Untuk pengobatan, kamu dapat menggunakan obat-obatan seperti Benzocaine, Mupirocin, Gentamicin, Erythromycin atau Clindamycin. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk perawatan di rumah:

  1. Mengompres area bisul dengan air hangat sebanyak 4 – 5 kali sehari selama 10-15 menit, hal ini dapat membantu dalam mengurangi reaksi peradangan pada bisul dan sekalian membersihkan area bisul.
  2. Kurangi aktivitas fisik hingga bisul mereda.
  3. Hindari memencet bisul atau memecahkan bisul, karena hal ini dapat menyebab infeksi menyebar dan memperparah keadaan.
  4. Rajin mandi, mengganti pakaian dan sprei,
  5. Jika bisul sudah pecah, segeralah untuk membersihkannya dengan kain kasa steril dan sabun anti bakteri, kemudian menutup bisul dengan kain kasa yang steril.
  6. Rutin mengganti perban, 2-3 kali sehari.

Pencegahan

Untuk pencegahan bisul sendiri kamu dapat melakukannya dengan menjaga pola hidup yang sehat dan bersih, menjaga nutrisi dalam tubuh agar tetap seimbang dan hindari saling tukar barang pribadi dengan orang lain apalagi dengan orang yang terkena bisul.

Nah itu tadi penjelasan untuk menangani bisul atau furunkel. Jika kondisi yang kamu alami semakin parah atau infeksinya semakin menyebar, segeralah konsultasi dengan dokter agar segera ditangani.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ketahui Penyebab Bisul

Mayo Clinic. Akses pada 2023. Diseases & Conditions. Boils and Carbuncles.
National Health Service UK. Akses pada 2023. Health A to Z. Boils.
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Disease & Conditions. Boils & Carbuncles.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn