Konsumsi Buah Semangka untuk Cegah Dehidrasi karena Diare

Konsumsi Buah Semangka untuk Cegah Dehidrasi karena Diare

ReliDoc – Jakarta. Pernahkah kamu merasa dehidrasi saat terkena Diare? hal itu terjadi karna tubuh kita kehilangan banyak cairan. Namun, tahukah kamu jika makan buah semangka dapat membantu kamu terhindar dari dehidrasi? Yuk, baca selengkapnya konsumsi buah semangka untuk cegah dehidrasi karena diare di bawah ini!

Dehidrasi karena Diare

Dehidrasi adalah keadaan ketika tubuh kehilangan terlalu banyak air, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu penyebab utama dehidrasi adalah diare, yang biasanya timbul oleh infeksi virus atau bakteri dalam sistem pencernaan.

Dehidrasi akibat diare terjadi ketika tubuh kehilangan terlalu banyak air dan elektrolit melalui tinja yang sering dan cair akibat penyakit ini. Ketika tubuh kehilangan terlalu banyak cairan, maka kadar air dalam tubuh akan menurun, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan mempengaruhi fungsi organ tubuh.

Diare biasanya timbul oleh infeksi virus atau bakteri dalam sistem pencernaan, dan dapat menyebabkan peningkatan frekuensi buang air besar dan tinja yang cair. Karena tinja yang cair, tubuh kehilangan lebih banyak air dan elektrolit dari biasanya, sehingga menyebabkan dehidrasi. Selain itu, gejala diare seperti mual dan muntah juga dapat memperburuk dehidrasi karena membuat seseorang sulit untuk mengonsumsi dan menahan cairan dalam tubuh.

Yuk Konsumsi Buah Semangka untuk Cegah Dehidrasi

Semangka adalah buah yang kaya akan kandungan air. Buah ini mengandung sekitar 92% air, sehingga sangat efektif dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, semangka juga mengandung elektrolit penting seperti kalium, magnesium, dan kalsium, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Keseimbangan elektrolit yang tepat adalah penting untuk menjaga kesehatan jantung dan otot.

Buah semangka juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, dan likopen. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang timbul oleh radikal bebas. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh, sementara likopen dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Mengonsumsi semangka saat mengalami diare dapat membantu mengatasi dehidrasi dan mempercepat pemulihan. Selain itu, semangka juga dapat membantu meredakan gejalanya seperti kram perut dan sakit kepala. Namun, pastikan untuk memilih semangka yang matang dan segar, dan mencucinya dengan baik sebelum kita konsumsi. Jangan lupa untuk menjaga asupan cairan lainnya, seperti air putih dan minuman elektrolit.

Penutup

Meskipun buah semangka dapat membantu mencegah dehidrasi akibat diare, sangat penting untuk segera mencari perawatan medis jika gejala diare berlanjut atau disertai demam, muntah, atau darah dalam tinja. Dehidrasi yang parah dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, dan memerlukan penanganan medis yang tepat. Namun, tetaplah berhati-hati dan mencari perawatan medis jika gejala penyakit ini berlanjut atau disertai dengan gejala yang lebih serius.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Konsumsi Buah Semangka untuk Cegah Dehidrasi karena Diare

Healthline. Akses pada 2023. Top 20 Foods High in Soluble Fiber.
MSD Manual. Akses pada 2023. Diarrhea.
Verywell Health. Akses pada 2023. What to Eat and Drink When You Have Diarrhea.
Verywell Health. Akses pada 2023. Is the BRAT Diet Necessary for Your Child’s Diarrhea?

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn