Kutu Busuk atau Kutu Kasur? Begini Cara Membasminya!

Kutu Busuk atau Kutu Kasur Begini Cara Membasminya

ReliDoc – Jakarta. Kutu busuk atau banyak yang menyebutnya sebagai kutu kasur, yang buat warga Prancis dan Inggris resah, kini populasinya meningkat ke negara tetangga kita, Singapura. Waspada terhadap kutu busuk atau kutu kasur! Bagaimana cara membasminya? Simak pada artikel ini!

Apa itu Kutu Busuk?

Kutu busuk (cimex lectularius) adalah serangga kecil, pipih, berwarna coklat kemerahan yang memakan darah manusia dan hewan. Mereka juga terkenal dengan nama kutu kasur, karena mereka sering tinggal di dalam dan sekitar area tempat tidur, memakan darah orang yang tidak menaruh curiga saat mereka tidur di malam hari.

Kutu busuk aktif di malam hari dan dapat bersembunyi di celah-celah kecil pada siang hari, sehingga sulit dideteksi. Mereka tidak menularkan penyakit, namun gigitannya dapat meninggalkan bekas merah, gatal, dan bengkak di sekujur tubuh Anda.

Umumnya, kutu busuk adalah serangga kecil tak bersayap yang panjangnya mencapai sekitar 1/5 inci. Saat dewasa, tubuh mereka yang berbentuk oval memiliki warna yang bervariasi dari oranye-merah hingga coklat-merah, tetapi nimfa mungkin lebih berwarna emas. Anda mungkin tidak akan melihat serangga itu secara langsung, karena mereka biasanya bersembunyi di celah-celah gelap kecuali saat makan atau berkembang biak, namun Anda mungkin akan melihat semakin banyak tanda-tanda keberadaan mereka.

Cara Membasmi Kutu Busuk

Kita dapat membasmi kutu busuk sendiri. Namun harus bersabar, karena menghilangkan kutu busuk seringkali membutuhkan waktu dan usaha. Anda mungkin harus mencoba beberapa pendekatan kimia dan non-kimia yang berbeda, terutama jika jumlah keberadaan kutu busuk banyak.

Faktor-faktor tertentu dapat membuat kutu busuk lebih sulit dihilangkan. Anda mungkin akan kesulitan membersihkan rumah dari kutu busuk jika Anda memiliki banyak barang berantakan atau Anda sering bepergian dan membawa pulang kutu busuk baru di rumah.

Namun, jika Anda tidak dapat membasminya sendiri, Anda mungkin harus memanggil pembasmi hama profesional. Berikut ini langkah-langkah untuk membasmi kutu busuk:

1. Identifikasi Area Keberadaan Kutu

Sebaiknya menemukannya lebih awal sebelum mereka mulai berkembang biak. Tubuh kutu busuk yang kecil dan pipih memungkinkan mereka masuk ke titik-titik kecil, seperti lapisan kasur atau sofa dan lipatan tirai.

Gunakan senter dan kaca pembesar untuk memeriksa semua area yang mungkin. Anda dapat mengenali tanda-tanda kutu busuk dengan cara berikut:

  • kutu busuk hidup, yang berwarna kemerahan dan panjang sekitar 1/5 inci.
  • bintik hitam adalah kotoran kutu busuk.
  • noda kemerahan pada kasur anda akibat serangga yang terhimpit.

telur kecil berwarna kuning pucat, cangkang telur, dan kulit kekuningan yang ditumpahkan kutu busuk muda.

2. Gunakan Penyedot Debu

Setelah Anda mengetahui lokasi keberadaan kutu busuk, Anda dapat menjebak kutu busuk adalah dengan penyedot debu. Gunakan penyedot debu ke semua tempat persembunyian yang memungkinkan, seperti:

  • tempat tidur
  • meja rias
  • karpet
  • elektronik, seperti TV

3. Menghilangkan Kutu Busuk

Anda dapat mencoba menghilangkan kutu busuk terlebih dahulu tanpa bahan kimia. Serangga ini cukup mudah dibunuh dengan suhu tinggi pada suhu 46,11°C atau suhu sangat dingin pada suhu 0°C.

Cuci sprei dan pakaian dengan air panas selama 30 menit. Kemudian masukkan ke dalam pengering dengan pengaturan panas tertinggi selama 30 menit untuk membasmi kutu busuk pada sprei dan pakaian. Insektisida juga dapat membantu menghilangkan kutu busuk di rumah Anda. Carilah produk yang terdaftar dan diberi tanda khusus untuk digunakan pada kutu busuk.

4. Periksa Kembali Area Kutu Busuk

Kutu busuk membutuhkan waktu untuk dihilangkan. Sebelum Anda dapat memastikan bahwa pengobatan Anda berhasil, Anda memerlukan bukti bahwa bug telah hilang. Periksa area yang terinfestasi setiap 7 hari sekali untuk melihat tanda-tanda aktivitas.

Kutu busuk adalah makhluk yang kuat. Saat Anda merasa telah memusnahkannya, Anda mungkin akan melihatnya lagi. Anda mungkin harus mencoba beberapa metode pengobatan berbeda untuk mengendalikannya. Dan jika kutu busuk tersebut masih tidak hilang, Anda sebaiknya memanggil pembasmi hama profesional.

5. Cegah Kutu Busuk Balik Lagi

Setelah kutu busuk hilang, Anda sebaiknya memastikan kutu busuk tetap hilang selamanya:

  • Bersihkan semua barang-barang. Jangan tinggalkan kertas, majalah, pakaian, atau barang lainnya di lantai.
  • Tutupi kasur dengan penutup anti kutu busuk.
  • Sedot debu dan cuci sprei, furniture, gorden, dan karpet sesering mungkin.
  • Tutup celah di sekitar soket lampu, alas tiang, dan stop kontak agar kutu busuk tidak dapat menyelinap masuk.
  • Saat Anda bepergian, pastikan agar tidak membawa kutu busuk pulang.

Penutup

Itulah cara membasmi kutu busuk di rumah Anda. Ringkasnya, liburan ataupun bepergian adalah sumber umum kutu busuk. Jadi berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda. Jika Anda atau keluarga  terkena gigitan dari kutu busuk, dapat konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kutu Busuk atau Kutu Kasur? Begini Cara Membasminya!

Healthline. Akses pada 2023. How to Get Rid of Bedbugs: A Step-by-Step Guide
Planet Natural. Akses pada 2023. How to Get Rid of Bed Bugs: A Complete 7-Step Guide
Forbes. Akses pada 2023. How Do You Get Rid Of Bedbugs

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn