Malam Tahun Baru, Jaga Diri Kamu dan Keluarga saat di Kerumunan!

Malam Tahun Baru, Jaga Diri Kamu dan Keluarga saat di Kerumunan!

ReliDoc – Jakarta. Acara Tahun Baru menjadi acara yang dinanti-nantikan di semua kalangan, tentunya ada masalah dan bahaya lainnya ketika kita berada di kerumunan. Agar kamu biar lebih nyaman dan aman dalam menonton acara-acara Tahun Baru, yuk simak tips jaga diri kamu dan keluarga saat di kerumunan di bawah ini!

Malam Tahun Baru, Malam yang Spesial Untuk Kamu dan Keluarga

Malam Tahun Baru adalah waktu untuk perayaan, tetapi penting juga untuk menjaga diri sendiri maupun keluargamu di tengah semua kegembiraan. Entah kamu sedang menghadiri pesta, menonton kembang api, atau sekadar berkumpul dengan teman dan keluarga, ada langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk memastikan malam kamu aman dan menyenangkan.

Tips Jaga Diri Kamu dan Keluarga di Kerumunan pada Tahun Baru

Ini dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan pada saat sedang menghadiri acara di Tahun Baru ya:

1. Tetap Terhidrasi

Sangat mudah untuk lupa minum air saat bersenang-senang, tetapi penting untuk tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Hidrasi yang tepat diperlukan untuk mengatur suhu tubuh, mendukung kinerja fisik, menjaga kesehatan kulit, membuang racun, membantu pencernaan, dan menjaga tekanan darah yang sehat. Penting untuk minum cukup air sepanjang hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk haus, kelelahan, pusing, dan mulut kering, dan dapat menimbulkan konsekuensi serius jika dibiarkan.

Maka, yuk jangan dilupakan minum airnya, lalu jangan terlalu banyak minum-minuman bersoda dan beralkohol ya ReliFriends.

2. Makan Dulu sebelum Pergi

Jika kamu berencana untuk menghadiri pesta atau pergi keluar kota, sebaiknya makan makanan sehat sebelum berangkat. Ini akan membantu menyerap sebagian alkohol dan mengurangi risiko mabuk terlalu cepat.

Makan sebelum pergi ke suatu acara dapat membantu mencegah makan berlebihan, memberikan energi, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Ini merupakan ide bagus untuk merencanakan ke depan dan makan sehat sebelum kamu pergi untuk memastikan bahwa kamu cukup gizi dan siap untuk acara tersebut.

Tentunya kamu tidak mau kelelahan duluan kan ketika menonton acara kembang api, tapi tidak membawa makanan sama sekali. Jadi, coba makan dulu sebelum berangkat ke acara Tahun Baru ya.

3. Berpakaian dengan Tepat

Jika kamu berencana berada di luar untuk menyaksikan kembang api atau perayaan lainnya, pastikan untuk berpakaian sesuai cuaca. Kenakan pakaian berlapis agar tetap hangat, dan bawalah mantel atau payung jika perlu.

Berpakaian dengan tepat untuk cuaca dapat membantu tetap nyaman, melindungi kesehatan, memungkinkan kamu untuk aktif, dan tentunya menjaga penampilan kamu loh. Dengan memilih pakaian yang tepat untuk cuaca, kamu dapat meningkatkan kesenangan dan keamanan saat berpartisipasi dalam aktivitas dan acara di luar ruangan. Pas banget buat acara Tahun Baru seperti masak-masak jagung bakar atau menyaksikan kembang api.

4. Jangan Sampai Terpisah dari Grup

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk tetap bersama teman saat kamu bepergian, terutama pada Malam Tahun Baru. Jika kamu terpisah dari grup kamu, pastikan kamu memiliki rencana untuk berhubungan satu sama lain.

Hindari berjalan sendirian, terutama jika kamu berada di area asing, dan waspadai lingkungan kamu. Jika kamu melihat sesuatu yang terasa tidak benar, percayalah pada insting kamu dan singkirkan diri kamu dari situasi tersebut.

Untuk Handphone, jangan lupa di cek baterainya ya, tapi kalau semisal tidak bisa, kamu bisa ke meeting point yang kalian setujui.

5. Kenakan Kacamata Pelindung

Kembang api bisa sangat terang, dan melihat langsung ke arahnya dapat merusak mata kamu. Untuk melindungi penglihatan kamu, pertimbangkan untuk memakai kacamata pelindung, seperti kacamata hitam atau kacamata khusus yang dirancang untuk melihat kembang api.

6. Kenakan Penyumbat Telinga atau Headphone

Menggunakan penyumbat telinga atau headphone saat menonton kembang api dapat membantu melindungi pendengaran kamu dan mencegah gangguan pendengaran akibat kebisingan. Kembang api bisa sangat keras, dan terlalu lama mendengar suara keras dapat merusak pendengaran kamu.

Ini bisa menjadi sangat penting jika kamu memiliki pendengaran yang sensitif atau jika kamu menghadiri pertunjukan kembang api besar di mana tingkat kebisingan mungkin sangat tinggi. Dengan menggunakan penyumbat telinga atau headphone, kamu dapat menikmati pertunjukan kembang api sekaligus melindungi pendengaran kamu.

7. Jaga Jarak

Meskipun mungkin tergoda untuk melihat lebih dekat dan pribadi dengan kembang api,  atau acara lain, tapi penting untuk menjaga jarak yang aman. Ikuti setiap pedoman atau petunjuk yang diberikan oleh penyelenggara, dan hormati setiap pembatas atau zona aman yang telah ditetapkan.

8. Awasi Anak-Anak

Jika kamu menghadiri pesta kembang api bersama anak-anak, pastikan untuk selalu mengawasi mereka. Anak-anak mungkin penasaran dan mencoba terlalu dekat dengan kembang api, jadi penting untuk menjaga mereka di bawah pengawasan ketat.

Secara keseluruhan, Malam Tahun Baru adalah waktu untuk bersenang-senang dan merayakan awal Tahun Baru, tetapi penting juga untuk menjaga diri sendiri dan tetap aman. Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat menikmati malam yang menyenangkan dan menyenangkan sambil menjaga kesehatan kamu sendiri.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Malam Tahun Baru, Jaga Diri Kamu dan Keluarga saat di Kerumunan!

WebMD. Diakses pada 2022. How to Avoid Viruses That Move in a Crowd

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn