Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Kamu!

Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Kamu!

ReliDoc – Jakarta. Sebagai manusia, air sangat diperlukan untuk tubuh kita. Karena ada banyak loh manfaat air untuk kesehatan, terutama air mineral bagi tubuh kita. Yuk simak di bawah ini, manfaat air mineral untuk kesehatan kamu!

Air Mineral dan Kesehatan

Air mineral dan air biasa (air putih) tidaklah sama, walaupun sama-sama menyehatkan jika diminum. Faktanya, air minum mineral memiliki beberapa keunggulan dibandingkan air biasa. Tidak heran ada anggapan, jika air mineral lebih menyehatkan daripada air biasa.

Umumnya, air mineral berasal dari mata air alami di permukaan dan di bawah tanah. Selanjutnya, mata air ini biasanya kaya akan mineral dan merupakan minuman kesehatan yang mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium dan sodium. Oleh karena itu, air mineral memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Manfaat air mineral antara lain menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan tulang, dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan

Karena kandungan berkarbon dan banyak mineralnya, air mineral dikenal menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Asupan kalsium yang cukup penting untuk kesehatan tulang di semua kehidupan. Air mineral telah terbukti menjadi sumber kalsium yang sangat baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh dapat menyerap kalsium dari air mineral serta dari produk susu.

Selain kadar kalsium, magnesium dan bikarbonat dalam air mineral juga berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang, membuat tulang lebih kuat dan kecil kemungkinannya untuk tertusuk atau patah.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi magnesium dan kalsium dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Kedua unsur ini terkandung di air mineral, karenanya timbul anggapan dengan minum air mineral, efektif dalam menurunkan tekanan darah.

3. Membantu Mengatasi Dispepsia

Bagi penderita gangguan pencernaan (dispepsia) dan sembelit, air mineral dapat meredakan sembelit. Selain itu, secara signifikan memperbaiki gejala dispepsia di perut. Hal ini didukung oleh magnesium, yang dapat menarik air ke dalam rongga usus, membuat buang air besar lebih ringan. Sebagai manfaat tambahan, air kemasan juga dapat meningkatkan fungsi kandung empedu.

4. Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa minum air mineral menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Jelas bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kondisi lainnya.

Di sisi lain, air minum kemasan dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Magnesium adalah mineral yang dikenal yang memainkan peran penting dalam pengaturan detak jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium dalam air mineral mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Air mineral menjadi sumber partikel silika yang ramah kulit. Partikel silika merangsang produksi kolagen di kulit, yang baik untuk kesehatan kulit.

Air mineral juga mengurangi kerutan, bintik hitam dan kusam. Seperti yang bisa kamu bayangkan, asupan air mineral yang terlalu sedikit menyebabkan kurangnya silika dan penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu, air mineral dapat menjadi sumber yang baik untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Seberapa Banyak Air Mineral yang Kamu Butuhkan?

Setiap hari, kita kehilangan air melalui pernapasan, keringat, buang air kecil, dan buang air besar. Agar tubuh kamu berfungsi dengan baik, kamu perlu mengonsumsi minuman dan makanan berbasis air untuk mengisi kembali suplai cairan tubuh kamu.

Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Asupan cairan yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah delapan gelas 230ml per hari dengan total 2 liter. Selain minuman, makanan juga dapat menambah air bagi tubuh, yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama berasal dari buah-buahan dan sayuran seperti bayam dan semangka, mengandung 90% air.

Nah, itulah manfaat air mineral untuk kesehatan tubuh kamu. Tentu saja, apabila kamu ingin mendapatkan semua manfaat ini, mulailah minum air mineral setiap hari. Akan tetapi apabila kamu merasa sakit, langsung hubungi dan konsultasikan masalah kesehatan kamu ke dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Kamu!

HealthLine. Akses pada 2022. How Much Water Should You Drink Per Day?
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses pada 2022. Berapa takaran normal air agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh ?
Mayo Clinic. Akses pada 2022. Water: How much should you drink every day?
WebMD. Akses pada 2022. Health Benefits of Mineral Water

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn