Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

ReliDoc – Jakarta. Tahukah kamu, alpukat bisa menjadi perawatan yang alami untuk kulit? Apa saja manfaatnya untuk kecantikan?  Yuk simak manfaat alpukat untuk kecantikan di bawah ini!

Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah berwarna hijau dengan tekstur yang lembut, sehingga dikenal sebagai buah yang serba guna. Dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat dalam jumlah tinggi, alpukat dapat memberi nilai tambah pada berbagai hidangan. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin, antioksidan, mineral dan potasium.

Terlepas dari kegunaannya sebagai makanan, buah alpukat juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit Anda. Mereka juga dapat membantu memperkuat dan menebalkan kuku dan rambut. Mengonsumsi alpukat setiap hari dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda dengan memberikan nutrisi, hidrasi, dan pencerah alami. Buah ini mengandung biotin yang sangat bermanfaat untuk kulit, mencegah kulit kering dan ruam.

Lebih dari pada itu, Anda bisa menggunakan alpukat dalam bentuk masker buatan sendiri yang bebas bahan kimia untuk membantu memperbaiki kekasaran, kekeringan, dan bintik hitam pada kulit Anda.

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

Berikut adalah beberapa manfaat alpukat untuk kecantikan:

1. Menghidrasi Kulit

Faktanya, alpukat mengandung lemak sehat yang tinggi, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan omega-9, yang membantu menjaga kelembapan kulit. Maka, mengonsumsi alpukat atau menggunakan masker alpukat dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.

2. Menutrisi Kulit

Selanjutnya, alpukat kaya akan vitamin, terutama vitamin E dan vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga membantu memperbaiki jaringan kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

3. Mengurangi Peradangan

Alpukat mengandung senyawa anti-inflamasi, seperti beta-sitosterol dan karotenoid, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Ini bisa bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit yang sensitif atau terkena masalah jerawat.

4. Mengandung Kolagen Alami

Selain itu, alpukat memiliki kandungan yang tinggi akan asam lemak dan amino yang membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein penting untuk elastisitas kulit, membantu menjaga kulit tetap kencang dan bercahaya.

5. Memperbaiki Tekstur Kulit

Masker alpukat dapat membantu memberikan kelembapan tambahan dan nutrisi pada kulit, sehingga membantu memperbaiki tekstur kulit yang kering dan kasar.

6. Anti-Penuaan

Karena kaya akan antioksidan dan lemak sehat, alpukat dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan keriput. Antioksidan membantu melawan kerusakan dari sinar matahari dan polusi lingkungan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

7. Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Terakhir, alpukat mengandung vitamin K, yang bisa membantu mengurangi lingkaran hitam dan kantung di bawah mata.

Itu dia penjelasan mengenai Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan. Penting untuk kita merawat kesehatan kulit, dan menggunakan bahan alami sudah terbukti lebih aman dibandingkan dengan bahan kimia yang belum tentu cocok dengan jenis kulit kita, terutama yang memiliki kulit sensitif. Jika kamu memiliki masalah kulit  yang serius, segera konsultasi dengan dokter agar segera diberi penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

EmediHealth. Akses pada 2023. 10 Beauty Benefits of Avocado : face, skin and more.
Wikihow.life. Akses pada 2023. 3 Ways to Use an Avocado for Beauty Care.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn